Home » Mobil » Ingin Punya Motor atau Mobil Harga Miring, Ini Cara Mengikuti Lelang JBA

Ingin Punya Motor atau Mobil Harga Miring, Ini Cara Mengikuti Lelang JBA

Blue Bird gandeng Mitsubishi resmikan Balai Lelang Terbesar di Indonesia. Foto/Ilustrasi.

Jakarta – Salah satu cara untuk mendapatkan mobil dengan harga murah dengan cara mengikuti lelang. Ya, dengan mengikuti lelang kendaraan Anda bisa berkesempatan mendapatkan kendaraan dengan harga miring.

Salah satu lelang yang cukup populer di Indonesia adalah lelang JBA yang menyediakan berbagai macam kendaraan. Mulai dari sepeda motor, mobil, kendaraan alat berat dan juga bisa melakukan titip jual.

Lantas, bagaimana cara mengikuti lelang JBA ini? Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta lelang untuk mengikuti JBA ini? Kami akan memberikan sedikit informasi untuk kamu yang ingin mencoba mengikuti lelang JBA ini.

Cara Mengikuti Lelang JBA

Calon peserta lelang sebelumnya wajib mendaftarkan data diri secara lengkap melalui website JBA. Kemudian, peserta bisa melakukan pengecekan unit yang akan dilelang dalam masa open house.

Selama masa open house, sebisa mungkin lakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan dilelang dengan sangat detail. Langkah selanjutnya adalah menyerahkan uang jaminan sebesar Rp5 juta untuk mobil dan Rp1 juta untuk sepeda motor. Biaya tersebut merupakan biaya per lot.

Lelang KPK
Mobil yang akan dilelang KPK. Foto/Carmudi Indonesia.

Pada saat lelang, peserta tidak dapat melakukan pengecekan lagi terhadap unit yang sedang dilelang. Maka dari itu, pengecekan yang sangat detail dan mendalam jadi kunci utama.

Bila Anda kedapatan menjadi pemenang dalam lelang JBA ini, akan dikenakan biaya administrasi Rp1,7 juta per unit kendaraan yang dimenangkan. Sedangkan untuk mobil di atas Rp292 juta, dikenakan administrasi 0,6% dari harga terbentuk. Untuk sepeda motor, wajib membayar Rp300 ribu untuk setiap unit yang dimenangkan.

Pada Saat Mengikuti Lelang

Jika sudah mengetahui sedikit persyaratan lelang JBA yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa mengikuti lelang secara resmi. Sebelum mengikuti lelang, pastikan Anda sudah membayar jaminan ke nomor rekening yang sudah disiapkan.

Pastikan juga Anda sudah memiliki Nomor Induk Peserta Lelang (NIPL). Bagaimana cara mendapatkan NIPL? Untuk mendapatkan NIPL peserta wajib menyerahkan slip pembayaran dan foto copy KTP di counter registrasi PT JBA Indonesia.

Karena hanya peserta yang memiliki NIPL saja yang akan diperbolehkan mengikuti lelang dan bisa mengajukan penawaran. Penawaran lelang nantinya akan dilakukan secara lisan dengan system naik-naik oleh pejabat lelang. Lelang akan dimulai dengan kelipatan Rp500 ribu untuk mobil dan Rp100 ribu untuk sepeda motor yang dilelang. Peserta dengan penawaran tertinggi lah yang akan mendapatkan kendaraan lelang. Pemenang akan diketahui lewat ketukan palu oleh pemandu lelang.

Cara Pembayaran Jika Menang Lelang JBA

Jika menang, bagaimana cara membayarnya? Jika Anda terpilih menjadi pemenang lelang, maka wajib melunasi kendaraan dengan harga yang sudah dimenangkan. Pembayaran kendaraan ini wajib dilakukan maksimal 5 hari kerja terhitung sejak tanggal lelang berlangsung.

Peserta dapat menyerahkan bukti pembayaran dan serah terima dokumen asli di counter JBA. Jika menang lelang tetapi tidak membayar, maka peserta akan dikenakan wanprestasi atau kemenangannya batal dengan uang jaminan yang tidak akan dikembalikan.

Ilustrasi Mobil Bekas (Foto: Carmudi)

Bagi peserta yang kalah lelang, uang jaminan yang diberikan nantinya akan dikembalikan secara penuh tanpa adanya potongan sepeserpun.  Masih ingat dengan NIPL tadi? Sebisa mungkin NIPL jangan sampai hilang. Karena NIPL ini nantinya akan dikembalikan oleh peserta yang kalah lelang untuk mendapatkan uang jaminan. Jika tidak sengaja hilang, maka akan dikenakan denda Rp100 ribu untuk setiap NIPL yang hilang.

Karena pihak JBA tidak akan mengembalikan seluruh uang jaminan jika peserta tidak mengembalikan seluruh sisa NIPL yang dimiliki oleh peserta lelang JBA ini. Nantinya JBA akan mengembalikan uang jaminan dalam bentuk transfer dalam jangka waktu 2 hari kerja untuk bank BCA, dan 5 hari kerja untuk bank selain BCA.

Kendaraan Menang Lelang Tidak Diambil Bisa Kena Denda

Bagi para pemenang lelang yang tidak mengambil kendaraan, siap-siap membayar denda. Karena setiap kendaraan yang sudah dimenangkan tetapi tidak diambil dalam jangka waktu 2 hari setelah pelunasan akan dikenakan denda. Denda tersebut bervariasi, tergantung kendaraan yang dimenangkan. Jika mobil, akan dikenakan Rp150 ribu per hari dan sepeda motor Rp100 ribu per hari jika tidak diambil. Denda tersebut merupakan denda yang dikenakan sebagai biaya penitipan.

Lelang JBA, cara mendapatkan kendaraan idaman dengan harga terjangkau
Lelang JBA, cara mendapatkan kendaraan idaman dengan harga terjangkau. Foto/Istimewa.

Bagi pemenang lelang JBA, tidak diperkenankan untuk mewakilkan kendaraan yang sudah dimenangkan. Kecuali pemenang memberikan surat kuasa dengan materai dan KTP asli dari pemenang lelang dan kuasanya. Objek yang sudah dimenangkan di lelang JBA ini juga tidak bisa ditukar dengan objek lelang yang lain.

Lokasi Lelang JBA

Lelang JBA merupakan salah satu lelang resmi dengan lokasi lelang yang cukup banyak di Indonesia. Karena lokasi lelang JBA tersebar di beberapa kota yang ada di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. JBA sendiri merupakan sarana lelang milik PT Adi Sarana Lelang. Kendaraan yang dilelang setiap tahunnya bisa mencapai lebih dari puluhan ribu unit setiap tahunnya.

Bahkan di 2018, jumlah kendaraan yang dilelang mencapai 149.356 unit. Wow, cukup banyak bukan! Hal tersebut dikarenakan JBA memiliki harga jual yang cukup kompetitif bagi para pedagang kendaraan.

Selain itu, bisa melakukan live bidding, bersertifikasi ISO, dilindungi oleh badan hukum dan juga berskala nasional. Hal itulah yang membuat lelang JBA setiap tahunnya selalu diramaikan oleh para peminat.

Jadwal Lelang

Jadwal lelang JBA bisa dibilang berbeda-beda di setiap kotanya. Untuk melihat jadwal lelang yang akan berlangsung, bisa melakukan pengecekan di website resmi dari JBA.

Misalnya jadwal lelang selanjutnya akan berlangsung pada 18 Mei 2020. Maka peserta lelang bisa melakukan open house pada 16-17 Mei 2020 atau dua hari sebelum lelang berlangsung. Open house ini merupakan satu-satunya cara untuk melakukan pengecekan kendaraan secara mendalam.

Karena setelah lelang berlangsung, peserta tidak diperbolehkan untuk mengikuti pengecekan unit secara langsung. Kesempatan hanya diberikan pada saat open house saja. Jam lelang yang akan berlangsung juga berbeda-beda. Namun biasanya jam lelang akan berlangsung sejak pukul WIB 10 pagi hingga WIB 5 sore. Dengan mengikuti lelang ini, Anda berkesempatan mendapatkan kendaraan dengan harga di bawah harga pasar.

Salah satu motor skuter metik yang akan dilelang. Foto/Istimewa.

Hal ini tentunya menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan bagi pengusaha kendaraan bekas. Biasanya, para peserta lelang ini merupakan para pedagang kendaraan bekas yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Mereka berlomba-lomba mendapatkan unit dengan harga miring tentunya dengan kondisi kendaraan yang sudah mereka intai sebelumnya. Bagi kamu yang hendak meminang kendaraan idaman, rasanya lelang JBA ini bisa jadi salah satu alternatif untuk membeli mobil bekas.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Tips Berkendara Sehat Bagi Sopir Truk dan Bus Selama Pandemi Covid-19
peluncuran daihatsu grand new xenia 1.5
Next post
Lawan Covid-19, Mahasiswa UGM Bakal Modifikasi Daihatsu Xenia