Berita Sepeda motor

Ini Alasan Honda Vario Tidak Butuh Rem ABS

All New Honda Vario 125 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan perubahan besar terhadap All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125. Perubahan yang dilakukan sudah dipikirkan secara matang, disesuaikan dengan keinginan dari masyarakat Indonesia terutama yang memiliki jiwa muda.

(Baca juga: Ini Perbedaan All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125)

Meski sudah mengalami banyak perubahan  mulai dari sisi desain, kaki-kaki hingga kinerja mesin. Satu yang cukup disayangkan adalah tidak terdapatnya fitur keselamatan aktif seperti sistem pengereman anti lock braking system (ABS) pada Vario terbaru.

Padahal dengan adanya sistem tersebut dapat membantu pengendara dalam mengendalikan. Ketika melakukan pengereman mendadak dalam kecepatan tinggi baik dalam kondisi jalan kering maupun basah.

AHM tentunya punya alasan utama mengapa fitur rem ABS tidak dipasangkan. Menurut Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya di segmen skutik dengan rentang harga Rp19 sampai Rp22 juta belum membutuhkan fitur tersebut. Beda halnya, tambah dia bila Vario bermain ke kelas skutik berbadan bongsor.

Rem Depan All New Vario Sudah Cakram (Foto: Santo/Carmudi)

“Kalau Vario ini kan masih daily use (untuk pemakaian sehari-hari) dengan kepraktisan tentunya disesuaikan dengan performanya segala macam. Dan kita melihat dengan model ini sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan konsumen di segmen 150 cc ini. Bukan seperti pada big skuter yang membutuhkan fitur yang lebih advance lagi seperti ABS,” ungkap Thomas.

Ditambahkannya untuk saat ini skutik di segmen middle belum banyak yang mengaplikasikan fitur keselamatan tersebut.

Sementara itu Shigeto Kimura, Direktur Marketing di AHM mengatakan, tidak adanya sistem pengereman ABS di Vario terbaru sebagai upaya menekan harga jual.

Kemungkinan bila Vario terbaru terdapat ABS dapat dipastikan harganya akan jauh lebih mahal. Sehingga saat ini pihakknya masih mengandalkan rem cakram untuk menghentikan laju kendaraan.

“Kami juga memikirkan dari harga, jadi setelah kami melakukan suatu survey mendalam kami mengetahui dari hasil survey tersebut bahwa dalam kebutuhan pemakaian masyarakat untuk varian ini mereka belum membutuhkan ABS,” terang dia.

Rem Belakang Masih Tromol

Sama seperti model Vario 150 dan Vario 125 terdahulu, Honda masih mengandalkan rem cakran pada roda depan dan tromol di bagian belakang. Sama seperti penggunaan ABS, saat ini skutik di segmen tersebut belum membutuhkan rem cakram di roda depan dan belakang.

(Baca juga: Banyak Berubah, Begini Tampilan Baru All New Honda Vario 150 dan 125)

“Tapi untuk Honda PCX sudah kami siapkan, jadi kalau ada yang menginginkan itu (cakram belakang) mereka bisa memilih ke sana (PCX). Jadi karena di produk kami ingin masing-masing model punya peran masing-masing,” pungkas Kimura.

Rem Belakang All New Vario Masih Tromol (Foto: Santo/Carmudi)

Untuk diketahui, All New Honda Vario 150 memiliki kuran bodi yang pas dengan ban yang besar. Ban depan 90/80 dan belakang 100/80 memberikan kemudahan.

Velg pun kini tampil baru dengan desain sporty. Sistem pengereman lebih nyaman dengan disematkan Wavy Disc Brake berukuran 190 mm.

Semakin optimal dengan kehadiran teknologi Combi Brake System (CBS). Ini membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal.

All New Honda Vario 125 dilengapi dengan Idling Stop System (ISS). Yang dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar teririt di kelasnya yaitu 51,7 km/liter dengan metode ECE R40.

All New Honda Vario 125 ditawarkan dengan harga yang kompetitif dengan pilihan warna Advance Black dan Advance White Blue untuk tipe varian CBS. Sedangkan untuk tipe CBS ISS hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Advance Black, Advance White Red dan Advance Red.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/