Berita

Ini Alasan Hyundai Ioniq 5 versi AWD Belum Masuk ke Indonesia

Jakarta — Hyundai Ioniq 5 versi AWD belum masuk ke Indonesia lantaran alasan tertentu, sehingga yang eksis di pasaran adalah penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD).

Hyundai Ioniq 5 RWD

Hyundai Ioniq 5 di Indonesia mengandalkan sistem penggerak RWD. (Foto: Hyundai)

Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Bonar Pakpahan, buka suara mengenai hal ini.

“Sementara waktu, manajemen Hyundai belum memutuskan untuk hadirkan Ioniq 5 AWD di Indonesia. Alasannya, pertimbangan manajemen saja,” ujarnya saat ditemui Carmudi di Cikole, Bandung beberapa waktu lalu.

Berdasarkan penelusuran, Ioniq 5 AWD diketahui memiliki tenaga hingga 300,8 hp dan torsi puncak 605 Nm, sedangkan Ioniq 5 varian long range RWD di Indonesia mempunyai tenaga lebih kecil, yaitu 214 hp dengan torsi maksimum 350 Nm.

Tenaga Ioniq 5 varian standard range RWD di Tanah Air sendiri 167 hp.

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 diluncurkan di Indonesia pada akhir Maret 2022. Tapi, harga masing-masing varian mobil ini baru dirilis pada April 2022.

Berikut ini adalah daftar harga Hyundai Ioniq 5 (Update Juli 2022 OTR Jakarta):

  • Ioniq 5 Prime Standard Range Rp718 juta
  • Ioniq 5 Prime Long Range Rp759 juta
  • Ioniq 5 Signature Standard Range Rp779 juta
  • Ioniq 5 Signature Long Range Rp829 juta

Dilengkapi Fitur V2L

V2L Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 disematkan fitur canggih berupa V2L. (Foto: Hyundai)

Meski belum tersedia opsi AWD, Ioniq 5 di Indonesia telah dibekali fitur yang dinilai inovatif dan terbilang canggih, Vehicle to Load (V2L).

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna mobil ini bisa mengalirkan daya listrik dari Ioniq 5 sampai 3,6 kW ke berbagai perangkat elektronik yang dibutuhkan, seperti sistem audio, laptop, dan sebagainya.

Fitur V2L diklaim belum pernah ada sebelumnya. Fitur ini dapat terimplementasikan karena adanya platform khusus yang dikembberitangkan Hyundai Motor Group untuk kendaraan listrik berbasis baterai.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/