BeritaSepeda motor

Ini Alasan Motor Kawasaki Ninja Paling Kencang Tidak Masuk Indonesia

Kawasaki-Ninja-H2-SX-2018

Kawasaki Ninja H2 SX 2018 diklaim sebagai motor Ninja terkencang. (Foto: Asphalt and Rubber).

Jakarta – Kawasaki Ninja H2 SX pertama kali diperkenalkan di ajang EICMA, Italia pada November lalu. Motor ini kemudian diklaim sebagai motor paling kencang di antara deretan produk Ninja lainnya.

Kawasaki Ninja H2 SX sejatinya merupakan pengembangan dari Ninja H2 yang dibuat Kawasaki Heavy Industries. Dibangun menjadi motor sport touring, Kawasaki Ninja H2 SX memang dibuat untuk menempuh perjalanan jauh.

Namun berbekal spesifikasi mentereng tidak menjamin keberadaan Ninja H2 SX di Indonesia. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) nyatanya tidak berminat untuk menjualnya.

Menurut keterangan pihak KMI beberapa waktu lalu, Ninja H2 SX dinilai tidak masuk pilihan motor yang digemari oleh masyarakat alias nanggung.

“Kawasaki Ninja H2 SX tidak masuk karena motor sport di Indonesia itu kalau tidak sport, matik atau adventure. Kalau (kelas) di tengah pasarnya tidak menjanjikan,” ujar Deputy Head Sales & Promotion Division KMI, Michael Chandra Tanadhi. “Kalau soal harga sih itu bukan masalah,” lanjutnya.

Kawasaki Ninja H2 SX Dibekali Spesifikasi Mentereng

Seperti yang dilansir MCN.com, Kawasaki Ninja H2 SX ini sangat mengagumkan. Dengan rangking 4 dari 5 bintang yang diberikan situs berita otomotif asal Inggris ini, Ninja H2 SX sangat kuat dan nyaman berkat mesin supercharged yang dibawanya.

Rangka Kawasaki-Ninja-H2-SX 2018

Kawasaki Ninja H2 SX dibuat dengan basis yang sama dengan pendahulunya. (Foto: Asphalt and Rubber).

Ninja H2 SX mengusung mesin berkapasitas 998cc empat silinder segaris supercharged berpendingin udara. Namun, kabarnya tenaga yang dihasilkan Ninja H2 SX lebih kecil dibanding pendahulunya yaitu 209 PS. Kendati demikian Torsi Ninja H2 SX ini sedikit lebih besar, yakni 137 Nm.

Tidak hanya soal mesin, Ninja H2 SX ini juga telah mengadaptasi fitur-fitur canggih. Mulai dari Kawasaki Corner Management Function (KCMF) yang menjamin kestabilan motor saat menikung tajam di kecepatan tinggi.

Selain itu, ada fitur Traction Control (KTRC), Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS). Untuk fitur pengereman, Kawasaki juga telah melengkapinya dengan Engine Brake Control. Tak cukup sampai di situ, H2 SX juga telah mengadaptasi teknologi Launch Control Mode (KLCM), dimana di dalamnya terdapat dua mode; sport dan tourer.

Bicara soal harga, Ninja H2 SX tentu lebih mahal dibanding Ninja H2 yang dijual di Indonesia. Harga Kawasaki Ninja H2 SX dibanderol US$19.000 atau setara Rp272 jutaan.(dol)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts