Home » Mobil » Ini Alasan Wuling Confero S, Makin Bikin Gerah Mobil Sejuta Umat

Ini Alasan Wuling Confero S, Makin Bikin Gerah Mobil Sejuta Umat

Jakarta – Berusaha mendobrak dominasi mobil pabrikan Jepang, Wuling yang berasal dari Negeri Tiongkok menghadirkan Confero S dengan tagline “The Real Spacious Family MPV”. Confero S didaulat sebagai penantang serius segmen Low MPV dengan berbagai keunggulannya. Sebut saja kenyamanan kabin yang lebih luas ditambah harga yang menggiurkan membuat kompetitor sempat geleng-geleng kepala.

Wuling Confero S diperkenalkan oleh Wuling Motors sebagai hasil produksi pabrikannya di Tanah Air. Wuling Confero S muncul pertama kali di Jakarta Fair 2017 dan meluncur resmi di ajang GIIAS 2017 lalu.

Produk Confero S ini disebutkan sebagai hasil riset Wuling Motors selama ini sebelum benar-benar turun di pasar otomotif Indonesia. Hasil riset mengatakan bahwa mobil jenis MPV adalah mobil yang paling banyak peminatnya.

Nama Confero S diambil dari bahasa Latin yang berarti “Bring Together”. Sedangkan penambahan huruf “S” di belakangnya merupakan singkatan dari “Sporty”.

Eksterior Confero S

Wuling
Wuling Confero, jenis LMPV yang sudah di jual di Indonesia. Foto/Carmudi.

Pada sektor eksterior, sesuai dengan namanya, Confero dan Confero S memiliki perbedaan desain. Varian Confero 1.5 memiliki desain yang lebih sederhana. Lebih spesifiknya, pada Confero 1.5 belum ada penambahan panel side mouldin dan skid plate pada bumper depan.

Sementara itu, Confero S dengan karakter yang lebih sporty, memiliki desain yang seakan-akan memiliki aura sebuah crossover pada mobil MPV. Aksen hitam di bumper depan dan belakang serta hadirnya skid plate di bagian bawah bumper semakin menguatkan karakter desain yang tak hanya sporty, tapi juga elegan.

Di bagian samping MPV bongsor ini bisa dilihat bahwa kaca spion Confero S juga telah dilengkapi teknologi Electric Door Mirror. Spion ini pun sudah terintegrasi dengan lampu sein yang bisa diatur tanpa harus membuka jendela.

Bicara jendela, kesan modern juga muncul berkat list krom yang membingkainya. Untuk memperkuat desain dinamisnya, bodi samping bagian atas juga dilengkapi Roof Rail berwarna krom.

Urusan penerangan, Wuling Confero S telah mengadopsi berbagai fitur teranyar. Di bagian lampu utama atau headlamp telah menggunakan projector dan daytime running light. Tak lupa, pada wilayah facia maupun buritan ditambahkan foglamp juga.

Interior Confero S

Beralih ke dalam kabin, Wuling Confero S lagi-lagi memberikan kejutan. Pasalnya, penggunaan captain seat di baris kedua cukup menjual jika dibandingkan MPV sejenis lainnya. Bukan cuma itu, material yang membalut kursinya pun dirasa sangat berkualitas.

Masuk ke dalam kabin Wuling Confero S sangat terasa kelegaannya baik pada sisi headroom maupun legroom. Berkat kabin yang lega, aspek terpenting dari kenyamanan tentu saja tercapai. Fleksibilitas konfigurasi tempat duduk pun terasa lantaran kursi baris ke dua juga bisa diatur maju mundur. Sekali lagi, ini sulit ditemukan di produk pesaingnya pada segmen yang sama.

Konfigurasi tempat duduk untuk 7 penumpang serta ruang bagasi dengan kapasitas 250 liter tanpa harus melipat bangku baris ketiga menjadi pertimbangan menarik untuk mereka yang mencari MPV lega dengan harga sangat terjangkau.

Performa Confero S

Wuling Motors membekali Confero S dengan mesin empat silinder segaris, DOHC, D-VVT (Variable Valve Timing). Dengan spesifikasi mesin tersebut, Wuling Confero S mampu menghasilkan keluaran tenaga sebesar 107 HP pada 5.800 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 3.800 – 4.400 rpm.

Meski performanya cukup baik di atas kertas, namun hasil test drive mengatakan tarikannya kurang maksimal. Tenaga MPV bongsor ini seperti dibatasi atau dirasa tidak wajar untuk mobil berkapasitas mesin 1.5 liter.

Kualitas kemudinya cukup ringan sehingga mempermudah manuver ketika menembus jalanan padat, namun tidak diimbangi dengan kulitas tuas persenelingnya. Hal ini tentu sangat disayangkan karena untuk ukuran produsen mobil berkualitas, urusan tersebut seharusnya bisa dikembangkan lagi. Torsi Wuling Confero S di putaran bawah cukup besar, tetapi tidak terasa menyentak di posisi gigi rendah meskipun rasio antara gigi pertama dan kedua cukup dekat.

Disinyalir sangat ingin menjungkalkan angka penjualan Toyota Avanza, Wuling Confero S pun mengadopsi sistem penggerak roda belakang alias RWD. Dengan sistem ini dapat dipastikan bahwa Confero S mampu melibas tanjakan dengan mudah ketika mobil terisi penuh oleh penumpang.

Suspensi Confero S pun terasa lebih lembut saat kondisi penuh penumpang. Meski akan terasa keras ketika hanya diisi dua penumpang saja di depan. Namun kembali lagi ke soal kenyamanan, kelebihan Confero S lainnya adalah kabin yang senyap. Deru mesin dan gesekan ban dengan aspal tidak terdengar.

Jenis/tipeP-TEC 1.5L
Jumlah silinder4
Jumlah katup16
Isi silinder1.485 cc
TransmisiManual
Sistem penggerakRWD
Daya maksimum107 HP/5.800 rpm
Torsi maksimum142 Nm/3.800-4.400 rpm
Distribusi bahan bakarFuel injection

Fitur Confero S

Spesifikasi Confero S
Layar MID menampilkan TPMS untuk mengecek kondisi angin pada ban. Foto/Carmudi Indonesia/Zie

Selain fitur captain seat yang menjadi salah satu nilai jual utama Wuling Confero S pada baris kedua yang tidak dimiliki oleh competitor, Wuling Confero S juga mendapat head unit layar sentuh berukuran cukup masif, 8 inci. Bahkan ukuran head unit-nya ini terbesar di kelasnya.

Fitur gres lain yang ada di Confero S adalah Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang berfungsi untuk memantau tekanan angin ban dari layar MID yang tampilannya juga atraktif.

Sektor keamanan, Wuling Confero S juga dibekali 4 titik sensor parkir di belakang dan 2 titik di depan yang pastinya akan membantu saat melakukan parkir. Lebih lanjut, sensor juga diletakkan pada system power window mobil untuk menghindari potensi tangan terjepit.

Model pertama Wuling yang dikenal dengan nama Hongguang di negeri asalnya ini juga memiliki sistem keamanan dan keselamatan yang lengkap. Fiturnya mulai dari ABS dengan EBD, dual SRS Airbag dan ISOFIX.

Paling penting di mobil masa kini, untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pengemudi dan penumpang Wuling Confero S memiliki slot charger yang tersedia dari depan sampai bangku baris ketiga.

Fitur
LED spoiler lamp
Electric door mirro dengan side turning signal
Adjustable projector headlight with follow me home
15” alloy wheel
LED DRL dan rear fog lamp
Frameless wiper
Body side moulding
DimensiPanjang 4.530 mm
Lebar 1.691 mm
Tinggi 1.730 mm (dengan roof rail)
Wheelbase 2.720 mm

Alasan Confero S Dibanderol Murah

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Wuling Motors membuat kejutan dengan membanderol Wuling Confero jauh di bawah para kompetitornya. Pabrikan otomotif asal Negeri Tirai Bambu ini tentu memiliki alasan mengenai harga Confero yang dipatok untuk pasar nasional.

Tidak tanggung-tanggung, Wuling Confero dibanderol mulai dari Rp 134,8 juta on the road Jakarta. Dengan harga tersebut, Confero bisa dibilang bersaing juga dengan model low cost green car (LCGC).

Rendahnya harga Confero disebut lantaran beberapa hal. Pertama dari sisi desain. Pihak Wuling Motors mengatakan desain Confero adalah model lama dan menggunakan desain yang sama dengan yang beredar di Cina yakni Wuling Hongguang S1. Hal tersebut mampu memangkas biaya produksi Confero di Indonesia karena tidak perlu lagi membuat cetakan desain baru atau pengembangan lainnya yang berupa riset.

Perlu disampaikan, Wuling Hongguang S1 menjadi model penyumbang terbanyak bagi pabrikan. Alasan MPV ini laku keras di pasaran adalah salah satunya dikatakan karena desainnya tersebut.

Kedua, Wuling Motors dikenal cukup rajin menggandeng perusahaan lokal untuk menyediakan suku cadang. Dengan ini tentu saja harga bisa ditekan sangat besar.

Ketiga, tentu saja manfacturing. Wuling Motors tidak hanya sekedar mendatangkan produk lalu menjualnya. Perusahaan otomotif bentukan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC), General Motors China dan Guangxi Automobil Group ini juga membuka pabrik di Indonesia.

Demi membangun dan membuka pabrik sendiri di Tanah Air, mereka rela menggelontorkan investasi senilai 700 juta Dolar AS. Pabrik tersebut yang dibangun di atas lahan seluas 60 hektar di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

 

Harga Wuling Confero Baru (OTR)
Wuling Confero S 1.5Rp131.800.000
Wuling Confero S 1.5 CRp150.900.000
Wuling Confero S 1.5 LRp162.900.000

Confero S Jadi Armada Taksi

Taxi Express Confero
Puluhan unit Wuling Confero sudah siap dijadikan armada taxi Express

Beredar fakta menarik tentang Wuling Confero S mengenai fungsinya yang kini sudah merambah menjadi armada taksi. Sempat menjadi perhatian publik, para pemilik Confero S berwarna putih bisa saja ‘misuh’ lantaran mobilnya disamakan dengan armada taksi. Pihak Wuling Motors pun tidak menampik hal tersebut beberapa waktu yang lalu.

Confero varian standard dipilih oleh beberapa perusahaan taksi untuk armadanya karena mampu menampung penumpang lebih banyak daripada sedan. Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors mengatakan justru ini adalah hal yang positif bagi pihaknya.

“Kami justru melihatnya positif. Artinya beberapa perusahaan sudah mempercayai produk Wuling dari sisi durabilitas dan after sales,” katanya.

Bagi Dian, yang terpenting adalah perusahaan taksi sudah memilih Wuling Confero sebagai kendaraan operasional karena lebih menimbang ke soal cost ownership. Ini yang menjadi dasar utama pertimbangan perusahaan transportasi dalam menentukan armada operasional. Selain itu, pertimbangan ini juga diharapkan bisa terpikirkan bagi para calon konsumen Confero dalam memutuskan sebelum membeli.

Confero S Laku Keras di Jawa Timur

Keunggulan Wuling Confero S telah tersebar hingga wilayah timur pulau Jawa. Edwin Adams, Operational Manager Wuling Arista Surabaya mengatakan Confero S kurang laku di Surabaya tapi di kota-kota lain justru Confero S mendominasi di mana-mana. Laris manisnya Confero S dikabarkan karena harganya yang sangat terjangkau bagi masyarakat kota-kota kecil di Jawa Timur.

“Paling banyak Confero, komposisinya 70:30. Untuk Wuling yang paling laku Confero dan Cortez di Surabaya. Untuk mid MPV di surabaya, low MPV di daerah2, di jalan-jalan banyak Confero,” ujar Edwin beberapa waktu lalu.

Jadi, memang sangat pantas bila para kompetitor kegerahan dengan eksistensi Wuling Confero. Perlu diketahui, para pesaing di segmen yang sama seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga terus berbenah agar penjualannya tidak digrogoti sang penantang dari Cina tersebut.

Ditambah lagi, stigma akan sebuah merek asal Cina masih melekat keras di mayoritas masyarakat dewasa ini. Masyarakat masih gamang dengan layanan after sales atau purna jualnya lantaran Wuling hanyalah merek baru. Tapi jika hal tersebut bisa dihapuskan, maka bukan tidak mungkin Wuling Confero justru akan mampu menyabet predikat sebagai “mobil sejuta umat”.

Untuk melihat lebih jelas spesifikasi klik di Wuling Confero.

Kemudian untuk lihat harga mobil baru Wuling Confero klik di sini.(dol)

HappyOne.id
Previous post
HappyOne.id dari Asuransi Astra, Satu Asuransi Untuk Bermacam Perlindungan
Next post
Enam Kesalahan Mengemudikan Mobil dan Solusinya