BeritaProdukSumber informasi

Ini Ban Mobil Termahal di Dunia

Ferrari 250 GTO, Mobil Termahal di Dunia (Foto: Motor1)

Milan – Mobil-mobil langka, terutama keluaran lawas biasanya cukup sulit dalam mencari suku cadangnya. Hanya beberapa perusahaan yang mau memproduksi komponen kendaraan klasik.

Salah satunya adalah Pirelli, perusahaan ban asal Italia berusaha menjadi penyedia part spesialis mobil termahal di dunia. Merek Pirelli sudah begitu terkenal di dunia otomotif, bahkan perusahaan ini menjadi pemasok tunggal ban di Formula 1. Kali ini, Pirelli secara istimewa menyiapkan Stelvio Corsa, ban yang digunakan khusus untuk Ferrari 250 GTO.

Dikutip dari Motor1, 250 GTO saat ini merupakan mobil klasik, dan termahal. Mobil berusia 65 tahunan ini harganya ditaksir mencapai USD 38 juta atau sekitar Rp 521,778 miliar, wow!

Pirelli merancang Stelvio Corsa dengan desain groove ban bergaya jadul, persis yang digunakan seperti saat Ferrari 250 GTO keluar dari pabrik. Soal performa jangan diragukan lagi, karena pabrikan yang bermarkas di Milan memakai teknologi terkini dengan bahan terbaik.

Pirelli Spesialis Ban Mobil Termahal di Dunia

Pirelli Stelvio Corsa untuk Ferrari 250 GTO (Foto: Motor1)

Stevio Corsa diklaim memakai kompon yang mencengkram di permukaan basah dengan daya tahan yang tinggi. Selain model ini, Pirelli juga memproduksi Cinturato CN72 untuk Maserati, kemudian P7 dan CN36 untuk mobil klasik Porsche.

Nama Stelvio awalnya merupakan jenis ban performa tinggi yang digunakan Alberto Ascari menjuarai Formula 1 tahun 1952 dan 1953 dengan mengemudikan Ferrari 500. Di tahun berikutnya, Maurice Trintignant dan Froilan Gonzalez memenangkan Le Mans 24 Jam mengendarai Ferrari 375 Plus dengan ban Stelvio Corsa.

Pirelli mempersiapkan jajaran model ban Pirelli Collezione untuk mobil-mobil yang dibuat antara 1950 dan 1980. Desain tapak dan dinding ban yang identik akan mempertahankan orisinalitas mobil.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts