BeritaModifikasiProdukTips dan Trik

Ini Cara Memilih Peredam Mobil yang Bagus

Jakarta – Ternyata masih banyak orang yang belum paham cara memilih peredam mobil yang bagus. Memang, untuk memilih peredam mobil dibutuhkan beberapa cara. Sebelum Anda memasang peredam di mobil kesayangan, lebih baik Anda simak dulu cara memilih peredam mobil yang bagus.

Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia membeberkan sedikit rahasia mengenai hal tersebut. Ia menyarankan kepada konsumen untuk membeli peredam yang memiliki bobot cukup ringan. Ada alasan tersendiri mengapa ia menyarankan hal tersebut.

Peredam mobil

Peredam mobil. (Foto: Carmudi/Rizen Panji)

“Yang pertama itu bisa didengarkan. Peredam yang bagus itu pasti meredam suaranya tidak berisik. Yang kedua adalah bobot. Peredam yang bagus itu punya bobot yang ringan. Jadi konsumen sebisa mungkin tes ditempat pemasangan,” kata pria yang akrab disapa Andre beberapa waktu lalu.

Jumlah Minimal Peredam yang Disarankan

Dalam memasang peredam mobil yang bagus, ternyata ada jumlah minimal peredam yang disarankan. Andre mengatakan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, jumlah peredam yang digunakan juga disesuaikan dengan tempat pemasangan.

“Yang disarankan untuk memasang peredam itu sebenarnya tergantung dari bagian yang akan dipasang. Misalnya pintu, yang disarankan bisa lima lapis. Sedangkan lantai yang disarankan memakai dua lapis saja. Tapi sebenarnya di semua bagian dua lapis juga sudah cukup,” bebernya.

Lalu, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk memasang peredam di satu mobil? Lebih lanjut ia mengatakan jika kisaran biaya yang dikeluarkan untuk LMPV dengan SUV tidak jauh berbeda.

“Untuk mobil LMPV dan SUV itu tidak berbeda jauh. Kisaran biayanya Rp10-20 jutaan, ini kalau pakai merek yang bagus ya peredamnya. Kami dari Audio Plus juga memiliki peredam kualitas bagus yang terbuat dari bahan alumunium dan isolator (busa),” sambungnya.

Peredam Nitto

Peredam mobil Nitto. (Foto: Carmudi/Rizen Panji)

Dalam memasang peredam mobil yang bagus, tidak semua bagian wajib dipasang peredam. Konsumen hanya perlu menentukan bagian-bagian yang dianggap paling berisik pada mobil. “Tergantung dari merek mobilnya apa, terus berisiknya di bagian apa yang tidak nyaman. Peredam itu ada yang anti panas dan anti air. Jadi peredam untuk pintu dan plafon itu jelas berbeda,” katanya.

Memasang peredam yang bagus untuk mobil memang menambah kenyamanan. Mobil yang dipasang peredam akan menjadi lebih senyap dan lebih sejuk. Peredam yang ditawarkan di pasaran ada dua macam, yakni peredam suara dan peredam panas. Konsumen hanya perlu memilih peredam yang diinginkan. Tertarik memasang peredam yang bagus untuk mobil kesayangan Anda? (dms)

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts