BeritaModifikasiSumber informasiTips dan Trik

Ini Kisaran Biaya Modifikasi Audio Mobil untuk LMPV

Jakarta – Biaya modifikasi audio mobil biasanya kerap memiliki harga yang sangat mahal. Ternyata, hal tersebut tidak selalu benar, kok. Ingin membuat audio mobil Anda lebih baik? Simak dulu taksiran harga modifikasi audio mobil ini.

Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia membeberkan kisaran harga yang harus dikeluarkan. Ia mengatakan jika ingin membuat audio mobil Low MPV lebih baik, kisaran biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 15 jutaan.

“Kebutuhan audio itu terbagi dua, yakni di dalam dan diluar mobil. Kembali lagi kepada konsumen ingin memilih yang mana,” buka Andre kepada Carmudi, Rabu (23/1) di Jakarta.

Kisaran Biaya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, taksiran biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 15 juta. Biaya tersebut mencakup penggantian speaker, head unit, tweeter, dan penambahan subwoofer serta amplifier.

“Biaya Rp 15 jutaan itu sebenarnya sudah bagus untuk kelas LMPV seperti Xpander, Avanza, Xenia dan lainnya. Uang yang dikeluarkan ini nantinya akan membuat kualitas audio jauh lebih optimal dibanding audio bawaan mobilnya,” tambah pria yang akrab disapa Andre ini.

Kisaran biaya modifikasi audio untuk LMPV

Kisaran biaya modifikasi audio untuk LMPV

Bagaimana kisaran biaya modifikasi audio untuk mobil SUV, atau jenis lainnya? Andre mengatakan kurang lebih biaya yang harus dikeluarkan sama.

“Kalau untuk LMPV, SUV, atau mobil premium ibaratnya sebenarnya Rp 15 jutaan itu sudah bisa membuat audio optimal. Kecuali, brand Eropa. Itu berbeda sekali,” sambung Andre.

Mobil Eropa Punya Treatment Khusus

Ia mengatakan jika brand mobil Eropa harus memiliki treatment khusus jika ingin mengupgrade audio. Karena peletakan audio mobil Eropa sangat berbeda sekali dengan brand mobil Jepang yang cukup mudah melakukan penggantian.

“Mobil Eropa itu punya treatment khusus. Tak bisa asal mengganti audio atau head unit. Kalau asal mengganti nanti bisa merusak atau bahkan mematikan fungsi yang ada di head unit,” ujarnya.

Amplifier tambahan pada mobil

Amplifier tambahan pada mobil

Jika menuruti keinginan, Andre mengatakan modifikasi audio mobil tidak memiliki batasan. Bahkan ada yang melakukan modifikasi audio mobil saja hingga miliaran rupiah. “Maka dari itu harus ditentukan bajetnya, alirannya. Karena kalau tidak ditentukan nanti akan over bajet dan spek,” pungkasnya.

Jika ingin melakukan penggantian audio, disarankan untuk melakukan pemasangan peredam. Peredam ini akan membuat kualitas audio yang sudah dirubah menjadi sangat optimal. Nah, sudah lebih paham mengenai kisaran biaya yang harus dikeluarkan?(dol)

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts