HomeBeritaIni Mobil Baru Produk Jepang, Korea dan Cina GIIAS 2017

Ini Mobil Baru Produk Jepang, Korea dan Cina GIIAS 2017

Jakarta – Kurang terangsang dengan daftar mobil baru untuk GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 dari kubu Eropa dan Amerika? Memang, setiap merek yang kami sebutkan pada artikel sebelumnya jelas kurang familiar dengan mayoritas masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan mobil-mobil Jepang.

Karena itu, kami yakin artikel yang satu ini jelas akan membuat Anda sangat penasaran.  Ini dia, daftar calon model baru dari kubu Asia yang siap didatangkan ke Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan, pada 10-20 Agustus 2017 mendatang.

Berbagai macam merek, termasuk Toyota, Honda dan pemain terbaru, Wuling, siap memberi Anda alasan yang kuat untuk mampir ke ajang GIIAS 2017. Jangan lupa, salah satu yang paling diantisipasi, Mitsubishi Xpander, juga akan hadir loh.

Jadi, apa saja yang baru dari Jepang, Korea Selatan dan Cina?

DAIHATSU

Baru saja meluncurkan Ayla major change pada awal tahun ini, PT Daihatsu Astra Motor tidak berencana untuk sekadar memajang LCGC andalannya. Alih-alih, Daihatsu akan memanfaatkan momentum 110 tahun eksistensinya untuk memperkenalkan model-model limited edition.

Model limited edition yang dimaksud akan berlaku pada hampir setiap line-up Daihatsu di Indonesia, termasuk Ayla, Sigra, Sirion, Xenia dan Terios, dengan total jumlah 110 unit. Angka 110 juga digunakan menjadi tambahan logo sebagai penanda edisi spesial,  serta ditambahkan pembeda di segi eksterior dan interior.

DATSUN

Sempat memajang mobil konsep Datsun GO-Cross di GIIAS 2016 tahun lalu, apakah versi produksinya akan mampir pada pameran kali ini? Keep wishing, bro

Tetap berkomitmen dengan keputusan sebelumnya bahwa Nissan-Datsun tidak akan membawa produk baru apapun tahun ini ke dalam negeri dan akan fokus ke pengembangan aftersales. Termasuk di GIIAS yang akan dibuka beberapa hari mendatang, tak ada mobil baru yang siap dijual di booth keduanya.

Meski begitu, dua mobil konsep Nissan akan dipajang yang akan kami jelaskan lebih detail pada bagian Nissan nanti. Siapa yang masih menunggu versi final GO-Cross dan Datsun GO versi otomatis?

 HONDA

Bisa dibilang, raksasa pabrikan negara matahari terbit yang satu ini sudah go all out pada kedua pameran otomotif nasional tahun lalu. Selain menyegarkan Accord, Brio, Mobilio dan Odyssey pun baru menerima facelift di awal tahun ini.

Begitu juga CR-V dengan model turbo barunya, tak lupa Jazz yang baru saja meluncur. Lalu, masih adakah kejutan?

Seakan ingin membuat kami dan para penggemarnya menebak, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan akan membawa satu model baru ke GIIAS 2017.  Namun pihak Honda masih merahasiakan, bila harus menebak, Anda mengatakan akan jatuh ke mobil apa?

Honda Freed generasi kedua masih jadi tebakan favorit kami. Meski tidak menutup kemungkinan juga, Honda WR-V, yang merupakan Jazz versi crossover. mengingat banyaknya desas-desus soal model dari Brazil ini akan datang ke Tanah Air dari tahun lalu.

 HYUNDAI

Belum lama ini, PT Hyundai Mobil Indonesia baru saja memperkenalkan Hyundai Grand i10 dan Grand i10X facelift. Ubahan terbesar menyangkut tampilan eksterior, juga interior yang kini memiliki ventilasi AC kabin belakang yang jadi satu-satunya di kelasnya.

Keduanya masih diimpor dari India, namun Grand i10X yang memiliki banyak sentuhan lokal menerima transformasi lebih banyak dan kini lebih pantas dikatakan sebagai mini crossover.Harganya akan disebutkan di GIIAS nanti.

Namun rupanya jagoan negara ginseng ini masih menyembunyikan satu trik lagi di balik lengan bajunya. Satu-satunya model yang hingga kini masih dirakit lokal CKD (Completely Knocked Down), Hyundai H-1, akan menerima ubahan minor di GIIAS mendatang.

ISUZU

Lama tak terdengar, akhirnya Isuzu siap membawa produk baru di GIIAS 2017 mendatang. PT Isuzu Astra Motor Indonesia baru saja meluncurkan SUV ladder-frame andalannya, MU-X. Menerima sedikit penyegaran dan varian baru berpenggerak empat roda.

Isuzu MU X
Dua varian baru New Isuzu MU-X. Foto/Carmudi Indonesia.

Seperti negara asalnya, Thailand, MU-X menerima ubahan tampang depan dengan lampu baru dengan DRL. Lampu belakang baru dan interior dual tone beige + hitam. Sayang karena belum memenuhi spesifikasi bahan bakar, mesin diesel baru Blue Power berkapasitas 1.900 cc bertenaga 150 hp masih tidak didatangkan dan tetap menggunakan mesin 2.500 cc sebelumnya.

KIA

Pabrikan mobil dari Korea Selatan ini mengatakan hanya akan memajang setiap jagoan barunya  di booth-nya di ICE nanti. Yaitu All New Kia Grand Sedona, All New Kia Sportage dan All New Kia Rio.

Meski pihak PT Kia Motors Indonesia sempat mengatakan akan membawa varian lebih tinggi dari All New Kia Rio, namun kami ragu tipe flagship tersebut akan datang di GIIAS untuk mencegah kekecewaan para konsumen yang baru saja membeli Rio generasi keempat tersebut.

Mungkinkah Kia membawa Picanto generasi ketiganya yang masih sangat, sangat segar bahkan di pasar global sana? Just wait and see…

 LEXUS

Yang sudah pasti akan menjadi andalan Lexus adalah unit line up terbarunya, LC 500. Yang merupakan singkatan dari Luxury Coupe menggunakan mesin 5.000 cc V8 bertenaga 467 hp. Selain bentuk dengan Spindle Grille kontroversialnya, transmisi otomatis 10 percepatan baru juga jadi highlight LC yang dibanderol Rp 4,25 miliar ini.

Lexus LC500
Lexus LC500 tampil eksotis dibanderol sekitar Rp4 M. Foto/Carmudi Indonesia.

Namun selain LC, juga masih menyiapkan kejutan lain untuk GIIAS. Seperti tahun lalu, satu mobil konsep akan terpajang rapi di bagian depan booth-nya. Juga satu model baru lagi yang akan menemani LC500 menjadi mobil baru di pameran ini.

Kami tahu GS, ES, RX dan LX sudah diperkenalkan semua dari tahun lalu. Jadi, mungkinkah versi facelift dari SUV terkompaknya, NX200t? Ataukah justru model termewahnya, LS, yang baru saja diperkenalkan secara global beberapa bulan silam?

MAZDA

Setelah diakuisisi oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Mazda seperti mengeluarkan setiap tipe yang dimilikinya di pasar global. Model seperti Mazda6 station wagon, MPV Mazda 5, medium hatchback Mazda3, hingga roadster MX-5 sudah menyambut masyarakat Tanah Air di awal tahun 2017 ini.

Selain memajang setiap model barunya di GIIAS 2017, harga Mazda CX-5 generasi kedua yang baru saja diperkenalkan di bulan Juli silam juga akan diumumkan secara resmi. Masih menggunakan mesin Skyactiv-G 2.5, namun tenaganya didongkrak lagi ke 187 hp dan torsinya 250 Nm.

MITSUBISHI

Masih perlu kami sebutkan, apa yang disiapkan Mitsubishi di GIIAS kali ini? Bukan hanya berpotensi menjadi bintang di pameran nanti. MPV terbaru brand Tiga Berlian ini yang disebut Mitsubishi Xpander, juga sangat mungkin untuk terus jadi buah bibir hingga akhir tahun ini.

Prosesi unveiling telah dilakukan untuk memperlihatkan model asli dari versi produksi XM Concept ini beberapa minggu lalu. Namun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia masih menyiapkan kejutan dengan tetap menyembunyikan bentuk interior dan harga resmi dari Xpander-nya.

Small MPV Mitsubishi Expander
Small MPV Mitsubishi Xpander resmi diperkenalkan hari ini. Foto/Carmudi Indonesia.

Selain Xpander, Mitsubishi juga akan  memperlihatkan SUV andalannya, All New Pajero Sport yang telah dirakit lokal alias CKD. Kemudian, Outlander Sport Action yang menerima modifikasi minor juga akan memenuhi booth Mitsubishi nanti.

 NISSAN

PT Nissan Motor Indonesia akan membawa model baru untuk dijual di GIIAS nanti. Namun selain memajang setiap line up-nya yang sudah ada termasuk March, Grand Livina, Juke, Evalia, X-Trail dan Serena, dua mobil konsep juga disiapkan untuk menarik perhatian pengunjung.

Yang pertama adalah Nissan Note e-Power. Basically berupa Grand Livina JDM dengan motor listrik, sebenarnya produk yang satu ini bukan lagi di tahap konsep, melainkan sudah menjadi mass production di Jepang.

Nissan Grand Livina
Inikah sosok baru All New Nissan Grand Livina? (Istimewa)

Kemudian yang satu ini murni konsep, Nissan BladeGlider. Dengan tiga tempat duduk dalam satu dimensi sekompak mungkin. Ditenagai dua motor listrik masing-masing 175 hp. Mobil mungil ini dapat menempuh kecepatan maksimum hingga 190 km/jam dan mencapai 100 km/jam kurang dari 5 detik saja.

SUZUKI

Yang jelas, All New Baleno yang kini berbentuk hatchback akan resmi diperkenalkan. Kami sudah mengetahui apa fitur-fitur yang ditawarkan, seperti lampu proyektor dengan DRL, passive keyless entry dengan tombol Start/Stop Engine.

Serta MID berlayar TFT LCD hingga auto climate control yang siap ditawarkan dalam banderol Rp 190 jutaan untuk Baleno M/T dan Rp 200 jutaan untuk yang A/T.

Model lainnya yang akan dipajang dan dijual pada booth-nya di ICE nanti adalah Jimny baru, yang review lengkapnya bisa Anda saksikan di YouTube Channel Carmudi Indonesia.

Ada yang lainkah? Sebelumnya, kami sempat mendengar kabar burung mengenai pihak Suzuki Indonesia akan memasukkan crossover-nya, SX4 S-Cross, dalam versi facelift.

Jika benar, kemungkinan yang akan berubah hanyalah desain fascia depan dengan gril, lampu dan bumper baru. Sedangkan mesin 1.4 berturbo Boosterjet sangat kami ragukan akan masuk ke pasar lokal.

 TOYOTA

Jujur, minimnya desas-desus soal apa yang akan dibawa membuat kami sempat takut Toyota akan tampil mengecewakan lagi seperti di IIMS tahun ini. Untungnya, kabar-kabar terbaru siap membuktikan sebaliknya.

Crossover anyar Toyota, C-HR, yang versi konsepnya telah mengaspal di GIIAS 2016 tahun lalu, siap menyambut masyarakat Indonesia di GIIAS tahun ini. Toyota Indonesia sudah memberi petunjuk berupa Tweet yang menyiratkan C-HR akan hadir di GIIAS nanti.

Masih belum jelas, mesin apa yang akan digunakan oleh C-HR nantinya di Indonesia. Meski pikiran kami terus mengacu ke mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 107 hp yang sudah diproduksi lokal.

Toyota C-HR
Toyota C-HR yang akan tampil di GIIAS 2017

Namun mengaplikasikannya berarti C-HR tidak akan kompetitif dengan HR-V 1.8 ataupun Trax 1.4T karena tenaga yang tertinggal jauh. Mungkinkah mesin NR akan ditenagai turbo? Atau bagaimana dengan mesin 2ZR 1.800 cc bertenaga 149 hp yang digunakan Altis? Tunggu detailnya di GIIAS nanti ya…

Selain C-HR, PT Toyota Astra Motor juga menyiapkan satu model full baru, yaitu Voxy sang calon penggant medium van Nav1. Meski kemungkinan besar berganti nama, Voxy dan Nav1 sebenarnya adalah satu model yang sama. Hanya saja yang akan masuk adalah generasi ketiga facelift-nya sedangkan yang sebelumnya, adalah generasi kedua.

Tak berhenti di situ, Toyota akan membawa Avanza Limited Edition dengan ubahan minim seperti tambahan body kit. Jelas langkah agar tidak tertinggal dari Xpander, ya?

Kemudian ada juga Sienta yang didatangkan dengan bodykit Modellista. Begitu pula Fortuner dengan minor update seperti rem belakang cakram dan tambahan TRD. Full of surprises, eh?

WULING

Ups, hampir lupa disebutkan. Jadi pemain terbaru di dalam negeri dengan satu produk yang baru saja diperkenalkan. Wuling siap mengubah mindset anda tentang “mobil Cina” selama ini.

Wuling Confero S yang bisa didapatkan dalam varian 7-seater maupun 8-seater, siap bersaing sehat di pasar Low MPV. Menawarkan harga yang jauh  di bawah pesaingnya yaitu di kisaran Rp 130 jutaan hingga Rp 160 jutaan saja.

Padahal, banyak dari fiturnya yang kami temui, seperti sensor parkir dan kamera terintegrasi dan Tire Pressure Monitoring System. Ini belum pernah dijumpai di kompetitor lainnya.

Confero S hadir dengan mesin yang sempat dipakai Chevrolet Spin 1.5, kini dilabeli P-TEC 1.500 cc bertenaga 107 hp, yang hanya hadir dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan saja. (Penulis: Fransiscus Rosano)

 

Toyota Pretty
Previous post
Toyota Pretty Tampil Makin Menawan di GIIAS 2017
Suzuki Baleno hatcback
Next post
Bocoran Suzuki Baleno Hatchback Makin Banyak