Ini Mobil Baru Tahun 2017 yang Paling Memuaskan
Singapura – Dari hasil studi terkait kepuasan konsumen terhadap mobil baru tahun 2017 yang dilakukan JD Power, beberapa merek mobil dari masing-masing segmen pun muncul. Perusahaan riset dan penelitian asal California, AS tersebut melalui Initial Quality Study (IQS).
Adapun dari hasil riset tersebut memunculkan merek dan model mobil yang dinilai dapat memuaskan pemilik mobil baru tahun 2017 kemarin. Di segmen Entry Compact diisi oleh Daihatsu Ayla dengan torehan poin 87.
Sedangkan pada segmen Entry SUV peringkat tertinggi diperoleh Honda HR-V dengan poin 77. Tidak ketinggalan, pemain lama Mitsubishi Pajero Sport dan Suzuki Ertiga dinilai berhasil memuaskan konsumen masing-masing di segmen SUV dengan 51 poin dan Entry MPV dengan 71 poin.
Tingkat masalah yang ditemukan JD Power dicatat dengan satuan poin rata-rata permasalahan yang dialami per 100 kendaraan; PP100 (problem per 100 vehicle). Semakin rendah poinnya maka semakin baik kualitasnya.
Studi mengenai kualitas awal di Indonesia (Indonesia Initial Quality Study) tahun 2017 ini didasarkan pada evaluasi dari 2.664 pemilik kendaraan yang membeli kendaraan baru antara bulan September 2016 hingga Agustus 2017.
Jumlah tersebut mencakup sembilan merek dan 51 model mobil penumpang dan kendaraan utilitas. Studi ini dilaksanakan dari Maret sampai dengan Oktober 2017 kemarin dan baru dirilis akhir Januari 2018 ini.
Rapor Merah Mobil Baru Tahun 2017
Secara keseluruhan, dibandingkan tahun 2016 permasalahan yang ditemukan pada mobil baru bertambah. Hal tersebut lantaran meningkatnya penggunaan kendaraan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa di tahun 2017 para pemilik kendaraan berada di dalam mobil lebih lama sehingga tersadar akan banyaknya masalah pada mobil tersebut.
“Sama seperti beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan dalam penggunaan kendaraan baru terutama mengingat kondisi berkendara di Indonesia, dan ini menyebabkan pemilik kendaraan banyak yang menghabiskan waktu mereka di kendaraannya,” ungkap Kaustav Roy, Direktur J.D. Power Singapura.
Dari data yang dihimpun, initial quality pada tahun 2017 menjadi 109 PP100. Hasil ini dinilai jauh lebih buruk dibandingkan tahun 2016 yang hanya 70 PP100. Peningkatan ini dipengaruhi terutama oleh banyaknya jumlah permasalahan yang diukur dalam empat kategori berikut: mesin dan transmisi (+8 PP100); audio, hiburan atau navigasi (+8 PP100); interior kendaraan (+7 PP100); dan pengalaman berkendara (+6 PP100).(dol)