Home » Reviews » Ini Deretan Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta

Ini Deretan Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta

mobil bekas di bawah rp100 juta di carsentro
Deretan Mobil Bekas. Foto/Carmudi

Mobil bekas kini menjadi pilihan favorit bagi kalangan masyarakat yang ingin membeli kendaraan, namun memiliki dana yang terbatas. Saat ini, sudah banyak mobil bekas yang dijual dengan harga cukup terjangkau, bahkan di bawah Rp100 juta.

Tahun-tahun sebelumnya, beberapa tipe mobil Low Cost Green Car (LCGC) dibanderol di bawah harga Rp100 juta, seperti Toyota Agya dan Honda Brio. Namun sekarang, kedua mobil tersebut dijual dengan harga di atas Rp100 juta. Harga mobil semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi, dan minat masyarakat untuk membeli mobil.

Mobil bekas di bawah Rp100 juta sudah cukup banyak dijual di Indonesia. Termasuk dari vendor ternama, seperti Honda, Suzuki, Toyota, Kia, Nissan, Isuzu, dan merek mobil ternama lainnya. Selain harganya yang lebih murah, mobil bekas memiliki fitur-fitur yang tidak jauh berbeda kualitasnya seperti mobil baru.

Ditambah, pembiayaan kredit mobil bekas lebih mudah dilakukan. Sudah banyak perusahaan start-up yang menyediakan fasilitas bayar cicilan dengan mudah, termasuk cicilan mobil bekas.

Namun, memilih mobil bekas tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan ketelitian saat melihat kondisi mobil, dan mengetahui mesin mobil bekas yang bagus dan tidak bagus.

Hal ini disebabkan karena kelayakan setiap mobil bekas tidak sepenuhnya berkualitas. Jadi, bagi yang ingin membeli mobil bekas, sebaiknya mengetahui mobil bekas yang bagus itu seperti apa. Jangan sampai membeli mobil bekas di bawah Rp100 juta, tapi ternyata mobil tersebut tidak memiliki kondisi yang bagus.

Sekarang ini, banyak showroom mobil bekas berbuat nakal dengan tidak memberitahukan kondisi mobil bekas yang mereka jual secara jujur. Hal ini perlu diwaspadai jika Carmudian membeli mobil bekas di daerah yang rawan banjir.

Untuk memilih mobil bekas di bawah Rp100 juta, hal yang perlu dilakukan adalah melihat tahun mobil, buku servis, kaki-kaki mobil, serta kondisi mesin mobil.

Selain itu, harus mengecek juga apakah pajak mobil bekas yang dibeli masih jalan atau tidak, serta BPKB dan STNKnya sesuai atau tidak. Harga mobil bekas di bawah Rp100 juta termasuk pasar mobil bekas yang paling besar.

Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta

Carmudi rangkum beberapa mobil bekas yang dijual di bawah Rp100 juta sebagai berikut.

1. Daihatsu Ayla

2. Datsun Go+

3. Suzuki Carry Futura

4. Daihatsu Hi-Max

5. Toyota Avanza

6. Honda Civic

 

Rincian Detail Harga dan Spesiifkasi Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta

Datsun Go+.

Harga mobil bekas Datsun Go+ adalah sekitar Rp80 jutaan. Datsun ini termasuk mobil yang sangat laris di Indonesia karena harganya yang sangat terjangkau. Kapasitas mesinnya juga lebih besar dibandingkan Ayla.

Datsun Go+ memiliki mesin berkapasitas 1.198 cc yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 69 PS, dan torsinya mencapai 104 nme. Mobil ini tidak memiliki fitur Power Steering, hanya memiliki beberapa fitur seperti Alarm dan Immobilizer.

Namun, Datsun ini dilengkapi fitur keselamatan, seperti fitur Drive Airbag. Disematkan juga sabuk pengaman pada tiga baris kursi mobil murah di bawah Rp100 juta ini. Datsun Go+ memiliki tujuh tempat duduk sehingga cocok sebagai mobil keluarga. Selain itu, mobil ini memiliki ruang bagasi yang sangat luas, dan bisa menampung muatan barang hingga 347 Liter.

daihatsu himax mobil bekas di bawah rp100 juta

Buat Carmudian yang mau buka usaha. Ada model Daihatsu yang memiliki harga di bawah Rp100 juta, yaitu Hi-Max. Harga mobil bekas Hi-Max berkisar Rp80 jutaan untuk varian terendahnya.

Mobil ini belum dilengkapi fitur Power Steering. Seperti mobil-mobil di bawah harga Rp100 juta lainnya, mobil ini minim fitur. Namun, Hi-Max cocok sebagai mobil pick-up untuk kebutuhan usaha atau bisnis.

Daihatsu Hi-Max bisa juga menjadi mobil alternatif selain Suzuki Carry Futura CH yang sama-sama dibanderol di bawah Rp100 juta.

Untuk mesinnya, Daihatsu Hi-Max memiliki mesin 1KR-DE DOHC berkapasitas 998cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 57 PS pada 5.000 rpm. Sedangkan, torsinya sebesar 8.7 kgm pada 4.000 rpm.

Performanya sangat standar, namun mobil ini sudah memiliki sistem pembakaran Fuel Injection yang membuat pemakaian bahan bakar semakin irit. Tersedia tangki bahan bakar yang bisa menampung BBM hingga 38 liter. Untuk bagian kaki-kaki, Hi-Max menggunakan suspensi depan MacPherson Strut, dan suspensi belakang Rigid-axle.

Toyota Avanza. (Foto: TAM)

Meskipun disebut sebagai mobil sejuta umat, Toyota Avanza merupakan mobil yang banyak dicari masyarakat di Tanah Air hingga saat ini. Keunggulan dari Avanza adalah hemat bahan bakar.

Mobil Avanza bekas dijual seharga Rp75 jutaan untuk tipe G keluaran tahun 2004 dengan transmisi manual. Sedangkan, untuk tipe E dan S produksi tahun 2005, harganya berkisar antara Rp80 jutaan - Rp100 jutaan.

honda civic, mobil bekas di bawah rp100 juta

Honda dikenal sebagai produsen mobil yang memiliki desain-desain stylish dan elegan untuk tipe sedan. Jika Carmudian ingin memiliki mobil yang tampak mewah dengan harga murah, pilihan ada pada Honda Civic ES VTi/VTi S keluaran tahun 2000-an.

Selain desainnya yang menarik, sedan dengan ruang bagasi yang luas ini juga memiliki transmisi matic yang responsif untuk ukuran mobil keluaran awal tahun 2000. Tenaga yang dihasilkan pun cukup kuat, yaitu 130 hp, atau setara dengan 6500 rpm. Mobil Civic bekas bisa Carmudian beli mulai seharga Rp90 jutaan.

Suzuki Carry Futura.

Suzuki memiliki mobil murah di bawah Rp100 juta, yaitu Suzuki Futura, atau orang kenal dengan Suzuki Carry. Tipe termurah dari mobil ini adalah Futura Chasis (CH), dimana mobil bekasnya dijual dengan harga berkisar Rp80 jutaan.

Di Indonesia, Suzuki Carry banyak dipakai sebagai mobil pick-up. Untuk mesinnya, mobil ini memiliki mesin 1.493 cc dengan keluaran tenaga sebesar 78 PS, dan torsi mencapai 120 nm.

Untuk dimensinya sendiri, Carry Futura memiliki ukuran panjang 3.720 mm, lebar 1580 mm, dan ketinggian 1.825 mm. Sedangkan, jarak terendah ke tanah berukuran 195 mm, dan sistem transmisi manual 5 percepatan. Untuk bagian kaki-kaki, Carry ini memiliki suspensi depan MacPherson Strut, dan suspensi belakang Multi-link.

Fitur yang dimiliki tergolong minim, dan tidak terdapat fitur Power Steering. Suzuki Carry Futura hanya memiliki tiga tempat duduk, dan bagian belakang sebagai tempat muatan barang.

Previous post
Sah, Jalur Ganjil-Genap Semakin Diperluas Khusus Untuk Mobil
Next post
Ingat, Mobil LCGC Bukan untuk Jarak Jauh