Mobil

Ini Rasanya Blusukan Bersama Toyota Kijang Innova Venturer

Jakarta – Sejak awal diperkenalkan Toyota Kijang Innova Venturer dibekali gen petualang. Pabrikan mendandani eksterior mobil ini mirip sebuah crossover atau Sport Utility Vehicle (SUV).

Innova Venturer Off Road

Toyota Kijang Innova Venturer off road (Foto: Carmudi)

Hal tersebut utamanya dapat dilihat dari penggunaan body kit yang memiliki penampilan lebih tegas. Di samping itu Venturer juga menggunakan diameter roda relatif besar, yakni 17 inci.

Dengan konsep seperti itu sepertinya mobil ini juga berusaha menyasar konsumen yang memiliki ketertarikan pada alam bebas. Mereka yang tak keberatan menuju suatu tempat dengan medan jalan non aspal.

Karena itu Carmudi coba membawanya ke kawasan hutan CIFOR, Bogor. Sekadar untuk mendapatkan impresi berkendara di luar zona nyaman mobil ini yaitu jalanan aspal mulus.

Medan jalan yang dilewati kali ini justru sebagian berupa gravel dan aspal rusak.

Dalam hal ini, penggunaan ban dengan diameter besar sangat membantu mempertahankan rasa nyaman.

Toyota Kijang Innova Venturer off road

Toyota Kijang Innova Venturer off road (Foto: Carmudi)

Sudah bukan rahasia lagi, makin besar diameter roda maka akan terasa lebih mulus ketika melewati lubang-lubang di jalan. Ayunan yang terasa di dalam kabin ketika keluar masuk lubang pun jadi tidak terlalu parah.

Tentu ceritanya akan berbeda jika mobil menggunakan roda lebih kecil, misalnya 14 inci atau 15 inci.

Kemudian jika bicara ground clearance, sebenarnya Venturer tergolong standar dengan ukuran 178 mm. Sebagai perbandingan, Avanza atau Veloz saja memiliki ground clearance 200 mm.

Tapi selama melewati rute yang telah dipilih, mobil sama sekali tidak mengalami mentok atau semacamnya.

Awas Ban Selip!

Untuk performa mesin tidak ada masalah sama sekali di medan seperti ini yang justru kerap memaksa berkendara dengan kecepatan rendah.

Lagi pula Venturer yang digunakan merupakan versi diesel. Itu artinya mobil ini menggendong mesin yang sama dengan Fortuner, yakni 2GD FTV berkapasitas 2.393 cc.

Harga Toyota Innova

(Foto: Carmudi)

Mesin tersebut memiliki torsi yang melimpah dengan figur 359,9 Nm. Namun karena itu pula pengendara mesin pintar-pintar mencari grip.

Pasalnya jika kebablasan injak pedal gas maka roda justru bisa selip di permukaan jalan yang licin, misalnya tanah basah.

Seandainya saja ada fitur traction control seperti di Fortuner pasti akan menambah lengkap tema crossover atau SUV mobil ini.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts