Home » Mobil » Ini Skema One Way Saat di Ruas Tol Jakarta-Cikampek Selama Arus Mudik-Balik

Ini Skema One Way Saat di Ruas Tol Jakarta-Cikampek Selama Arus Mudik-Balik

One Way mengurai kemacetan tol Jakarta-Cikampek pasca pembongkaran GT Cikarang Utama

Jakarta – Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memprediksi puncak arus mudik jatuh pada tanggal 31 Mei 2019 (H-5) Lebaran. Diperkirakan, sejumlah 77 ribu kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Angka ini naik sebesar 181% dibandingkan lalu lintas harian. Adanya kebijakan one way yang dipersiapkan diprediksi semakin menambah volume kendaraan yang lewat tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga memperkirakan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 90 ribu. Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyiapkan sejumlah strategi untuk menciptakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman. Ini dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas saat dibongkarnya GT Cikarang Utama yang tidak lagi digunakan.

Selain pemindahan gerbang tol, Jasa Marga bekerja sama dengan pihak kepolisian juga akan menerapkan sistem one way atau contra flow secara terjadwal. Pembayaran tol kini dilakukan di GT Cikampek Utama (Km 70) dan GT Kalihurip Utama (Km 67).

“Tersambungnya Jalan Tol Trans Jawa yang menyebabkan arus lalu lintas pada periode mudik dan balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek diprediksi meningkat hingga 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, relokasi GT Cikarang Utama harus dilakukan sebelum arus mudik dan balik Lebaran 2019 karena tidak memadainya lagi kapasitas transaksi dan adanya pembangunan pier Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated,” ucap General Manager Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R. Lukman melalui keterangan resminya.

Rekayasa One Way di Tol Jakarta Cikampek

Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Secara teknis, one way akan diberlakukan dengan menerapkan contraflow terlebih dahulu. Jadwal one way telah dipersiapkan oleh Jasa Marga dan Kepolisian yang diterapkan mulai KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d KM 263 Brebes Barat pada pukul 09.00 — 21.00 WIB. Sementara untuk contraflow akan diberlakukan pada Km 29 s.d Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kemudian pada arus balik, one way diterapkan mulai KM 263 Brebes s.d KM 69 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 14.00 — 22.00 WIB. Setelah itu, dilanjutkan dengan contraflow akan diberlakukan pada Km 61 s.d Km 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga uga meningkatkan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/Tempat Istirahat (TI) atau rest area di ruas Jakarta-Cikampek. Total rest area di Jalan Tol Jakarta Cikampek adalah 21 Rest Area. Ini terbagi sebanyak 11 lokasi di arah meninggalkan Jakarta dan 10 lokasi di arah menuju Jakarta.

“Relokasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama (Km 70) dan GT Kalihurip Utama (Km 67) berdampak pada perubahan sistem transaksi dan pentarifan Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta penerapan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow secara terjadwal,” tutur Raddy.

Previous post
Honda CRV 2019, Pilihan SUV Kelas Atas Indonesia
Mercedes-Benz E300 SportStyle Avantgarde Line
Next post
Mercedes-Benz Indonesia Lengkapi Varian E-Class Facelift, Harga Lebih Murah!