Berita

Ini Tanggapan Komunitas Mobil Tua Terkait Pembatasan Usia Kendaraan di DKI Jakarta

Mobil FIAT Ilustrasi pemilik mobil berumur, photo: Rizen/Carmudi

Jakarta – Beberapa hari belakangan, DKI Jakarta diramaikan dengan berita polusi udara. Pasalnya, DKI Jakarta masuk ke dalam salah satu kota dengan polusi tertinggi di Dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mencoba memberikan solusi soal hal ini. Anies pun merilis Instruksi Gubernur DKI Jakarta No.66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Dalam instruksi tersebut, Anies mengatakan akan mencoba membatasi kendaraan yang akan melintas. Dalam instruksi tersebut, Anies akan melarang kendaraan dengan usia di atas 10 tahun untuk melintas di DKI Jakarta pada tahun 2025. Ini dilakukan agar dapat mengurangi polusi udara yang saat ini dinilai sudah membahayakan.

Toyota Celica, Ilustrasi pemilik mobil berumur, photo: Rizen/Carmudi

“Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025,” isi instruksi Gubernur. Para penggemar, pecinta dan pemakai mobil tua pun memberikan reaksi atas pernyataan ini. Helmi Sarosa salah satunya, pria pemilik garasi Kedai Built Up di kawasan Galaxy, Bekasi, Jawa Barat turut memberikan komentar.

“Melihat pembatasan usia kendaraan, saya pada dasarnya tetap menolak pembatasan. Jangan kambing hitamkan kami, karena kami hanya bagian kecil yang menyumbang polusi di DKI Jakarta,” buka Helmi kepada Carmudi, Senin (5/8).

Ia menilai jika para pecinta dan penikmat mobil berumur hanya dilakukan di akhir pekan. Bahkan, mobil berumur ini juga jarang dipakai untuk aktifitas sehari-hari.

Lebih Banyak Mobil Baru yang Mewarnai Jalanan

“Coba dilihat saja, ada berapa mobil tua yang dipakai untuk harian. Jumlahnya bisa 1 banding ratusan unit di jalan. Oleh karena itu, aturan tersebut kalau bisa ditinjau ulang atau dipertimbangkan kembali. Karena kami biasa keluar hanya di hari libur atau hari besar. Itu kami lakukan untuk sekadar memanaskan mobil dan kumpul bersama pecinta mobil berumur lainnya,” ujar Helmi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga diminta untuk menyiapkan skema berupa Peraturan Daerah tentang Pembatasan Usia Kendaraan di atas 10 tahun ada 2020 mendatang. Langkah Gubernur DKI Jakarta ini tak hanya menyasar kendaraan pribadi, namun kendaraan umum yang berusia lebih dari 10 tahun juga ikut diremajakan. Aturan pembatasan kendaraan ini ditargetkan akan dapat berjalan pada tahun 2025.

Selain mobil, kedepannya sepeda motor juga akan diberlakukan kebijakan ganjil-genap. Untuk sepeda motor, diakui masih dalam tahap kajian agar dapat terealisasi dengan baik.(dol)

Fiat Uno Turbo mk2

Ilustrasi pemilik mobil berumur, photo: Rizen/Carmudi

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts