Home » Berita » Ini Tarif Tol Jakarta-Cikampek Terbaru Setelah GT Cikarang Utama Dihapus

Ini Tarif Tol Jakarta-Cikampek Terbaru Setelah GT Cikarang Utama Dihapus

Tarif Tol Jakarta Cikampek Berubah Setelah GT Cikarang Utama Dihapus. Foto/Ist

Jakarta – Terhitung sejak Kamis (23/05) pukul 00.00 WIB kemarin, Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama yang berada di KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek tidak ada transaksi lagi. Transaksi pembayaran di GT Cikarang Utama dipindahkan ke GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama. Perpindahan ini menyebabkan berubahnya tarif tol Jakarta-Cikampek.

PT Jasa Marga selaku pengelola menerapkan pembagian 4 (empat) wilayah pentarifan merata yaitu Jakarta IC – Ramp Pondok Gede Barat/Pondok Gede Timur, Jakarta IC – Cikarang Barat, Jakarta IC – Karawang Timur, dan Jakarta IC – Cikampek. Pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek jarak jauh cukup melakukan satu kali transaksi pada GT Cikampek Utama di KM 70 untuk pengemudi dari/menuju Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Sementara itu, pengguna jalan dari/menuju selatan (Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi) melakukan transaksi pembayaran tol pada GT Kalihurip Utama di KM 67. Kebijakan ini mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 481/KPTS/M/2019 Tanggal 15 Mei 2019 Perihal Penetapan Tarif dan Perubahan Sistem Pengumpulan Tol.

Melalui keterangan resmi yang Carmudi terima, PT Jasa Marga membagi empat tarif sesuai dengan wilayah atau parsial. Berikut ini tarif tol Jakarta-Cikampek setelah pemindahan GT Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama:

Wilayah 1 dengan tarif Rp. 1.500,- (Jakarta IC – Pondok Gede Barat/Timur);
Wilayah 2 dengan tarif Rp. 4.500,- (Jakarta IC – Cikarang Barat);
Wilayah 3 dengan tarif Rp. 12.000,- (Jakarta IC – Karawang Timur);
Wilayah 4 dengan tarif Rp. 15.000,- (Jakarta IC-Cikampek)

Perpindahan Transaksi Gerbang Tol Utama Bukanlah yang Pertama

Jalan Tol
Regulasi baru tentang aturan melintas di jalan Tol. Foto/Istimewa.

Ini bukan kali pertama Jasa Marga melakukan perubahan sistem transaksi jalan tol dengan menghilangkan GT Barrier (Utama). Di beberapa ruas jalan tol milik Jasa Marga yang berpotensi menyebabkan antrean, telah dilakukan perpindahan atau penghapusan.

Contoh penghapusan GT Barrier yang pernah dilakukan adalah pada Gerbang Tol Karang Tengah di ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Gerbang Tol Cibubur Utama dan Gerbang Tol Cimanggis Utama di Jalan Tol Jagorawi. Dihapuskannya GT Cikarang Utama diharapkan membuat berkurangnya frekuensi berhenti kendaraan untuk melakukan transaksi yang semula 2 kali untuk jarak jauh menjadi 1 kali untuk seluruh asal tujuan.

Posko Mudik
Previous post
Mudik Lebaran 2019, Ratusan Towing dan Posko Siaga Disiapkan Suzuki
Next post
Indonesia Modification Expo Tahun Ini Akan Lebih "Gila"

1 Comment

  1. agus
    Mei 25, 2019 at 10:21 am

    kok mahal ya kalau masuk dari karawang keluar cikampek kok sama dari jkt ….