HomeReviewsIntip Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza Veloz 2020

Intip Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza Veloz 2020

Toyota Avanza Veloz. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Toyota Avanza Veloz telah mendapatkan pembaruan pada 2019 lalu. Pihak Toyota kembali menghadirkan versi facelift dari generasi kedua mobil tersebut. Bagaimana spesifikasi Toyota Avanza Veloz ini?

Jika melihat web resmi Toyota, mobil ini telah ‘melepas’ nama Avanza dan menjadi varian sendiri. Kini, nama resminya adalah Toyota New Veloz. Meski demikian, nama Avanza masih tersemat pada mobil ini.

Jika melihat secara seksama, eksterior Toyota Avanza Veloz terbaru terlihat berbeda dengan eksterior Toyota Avanza baru. Bisa dibilang, Avanza terbaru memiliki desain yang lebih sederhana.

Mobil tersebut memiliki lubang gril bergaris yang berukuran cukup besar, sedangkan Avanza Veloz terbaru disematkan gril dengan banyak garis horizontal yang terkesan lebih mewah dan elegan.

Selain itu, pelek yang digunakan saat ini berukuran 14 dan 15 inci dengan desain satu warna, yaitu silver, sedangkan Avanza Veloz terbaru mengandalkan pelek berukuran 15 inci pada setiap variannya dengan warna two tone.

Carmudi rangkum spesifikasi lengkap Toyota Avanza Veloz terbaru sebagai berikut.

Spesifikasi Toyota Avanza Veloz 2020

Mesin

Toyota Avanza Veloz terbaru diklaim memiliki mesin yang handal dan mumpuni sebagai mobil MPV keluarga. Sama seperti Avanza terbaru, pihak Toyota telah membekali mobil ini dengan mesin jenis DOHC 4 silinder 16 valve yang memiliki dua tipe, yaitu 1.3L dan 1.5L.

Selain itu, mesin tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi Dual Variable Valve Timing with Intelligent (Dual VVT-i).

Pada Avanza Veloz terbaru varian 1.3, memiliki tenaga mesin sebesar 95,1 Hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 12,3 Nm pada 4.200 rpm, sedangkan varian 1.5 mempunyai tenaga mesin 102,5 Hp pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 13,9 Nm pada 6.000 rpm.

Agar membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan efisien, pihak Toyota turut membekali Avanza Veloz terbaru dengan teknologi EFI atau injeksi. Di sisi lain, mobil ini  sudah mengandalkan suspensi yang kokoh.

Pada bagian depan, menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut dengan Pegas Koil (MacPherson Strut with Coil Spring) dan bagian belakang mengandalkan suspensi 4 Link dengan Pegas Koi dan Lateral Rod (4 Link Lateral Rod with Coil Spring).

Secara keseluruhan, Toyota Avanza Veloz terbaru memiliki tenaga mesin yang besar, tetapi konsumsi bahan bakarnya tetap irit. Mobil ini cocok dipilih bagi yang menginginkan mobil MPV keluarga dengan performa kuat dan irit bahan bakar.

Eksterior

Toyota Avanza Veloz, Mobil 7 Penumpang Terlaris. (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota Avanza Veloz terbaru telah mendapatkan pembaruan sehingga tampilan mobil tersebut kini menjadi terlihat lebih elegan dan mewah.

Dari segi dimensi, Avanza Veloz terbaru memiliki ukuran panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, serta ground clearance (jarak bodi mobil bagian bawah dengan tanah) setinggi 200 mm. Selain itu, mobil ini juga memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 45 liter.

Pada bagian depan, terdapat dua layer bold strap yang didesain seperti menyambung dengan gril berkelir krom hitam. Bagian wajah Avanza Veloz terbaru pun menjadi terlihat lebih mewah dan berkelas.

Di sisi lain, terdapat headlamp dengan teknologi LED yang dapat memberikan penerangan terang. Namun, fog lamp atau lampu kabut, sein, serta lampu senja mobil ini masih menggunakan halogen biasa.

Pada bagian samping, tidak ada perubahan yang signifikan dibandingkan model sebelumnya. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya pun masih sama.

Perbedaannya adalah Avanza Veloz terbaru sudah menggunakan desain side skirt baru dengan krom dan pelek two tone yang memiliki bilah kecil.

Bilah tersebut berfungsi untuk membuang angin yang berlebihan di balik pelek mobil, sehingga aerodinamikanya jadi lebih baik. Spion mobil ini juga sudah menggunakan spion yang didesain lebih aerodinamis.

Sama seperti bagian samping, bagian belakang Avanza Veloz terbaru hanya mengalami sedikit pembaruan. Terdapat tambahan pemanis pada pintu bagasi, yaitu reflektor berdesain mirip dengan headlamp depan yang memiliki dua layer.

Selain itu, terdapat juga spoiler yang memberikan kesan tegas pada tampilan belakang Toyota Avanza Veloz terbaru ini.

Interior

Interior Toyota Avanza Veloz. (Foto: Toyota)

Interior Toyota Avanza Veloz terbaru menjadi bagian yang menarik untuk dibahas. Pada bagian dasbor, desainnya masih sama dengan model sebelumnya.

Perbedaannya terletak pada bagian instrumen di bagian tengah yang kini sudah menggunakan desain baru dan memberikan kemudahan bagi pengguna mobil untuk mengatur AC (Air Conditioner) karena sudah menggunakan sistem digital. Namun sayangnya, belum dilengkapi dengan fitur auto climate control.

Tidak ketinggalan, terdapat head unit dengan touch screen atau layar sentuh yang dibekali berbagai fitur hiburan dalam memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan para penumpang agar tidak bosan selama perjalanan.

Selain itu, terdapat juga rear seat entertainment system yang disematkan di bawah AC double blower. Fitur tersebut berfungsi untuk memberikan hiburan bagi penumpang yang duduk di baris kedua.

Menariknya, terdapat slot card holder untuk menyimpan e-toll card dan kartu lainnya. Di sisi lain, Avanza Veloz terbaru disematkan 2 power slot dengan kapasitas sebesar 12V/120W yang letaknya mudah dijangkau pada kursi baris pertama dan kedua.

Sayangnya, kursi baris pertama dan kedua belum disematkan USB port dan hanya kursi baris ketiga yang memiliki fitur tersebut. Untuk menggunakan USB port, baris pertama dan kedua mobil ini harus menambahkan adaptor.

Avanza Veloz terbaru masih memiliki desain laci tempat penyimpanan yang sama dengan model sebelumnya.

Turut disematkan cup holder untuk menaruh minuman sebanyak 16 buah dan dua laci penyimpanan tertutup di dasbor bagian depan dan dibalik armrest.

Fitur

Selain memiliki eksterior dan interior yang terkesan mewah, Toyota Avanza Veloz terbaru juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang cukup lengkap dan canggih.

Fitur andalan Avanza Veloz terbaru adalah tombol start-stop engine dan keyless entry. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna mobil ini cukup mengantongi kunci pintar. Membuka pintu cukup menekan tombol kecil di gagang pintu mobil.

Selain itu, pengguna mobil juga hanya perlu menginjak pedal rem sambil menekan tombol start-stop engine untuk menyalakan mesin mobilnya.

Fitur andalan lainnya adalah head unit-nya.  Pada Veloz terbaru sudah menggunakan premium touch screen (layar sentuh) yang berukuran 6,5 inci.

Terdapat USB untuk memutar musik kesukaan serta DVD yang dapat memainkan film. Ini memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan para penumpang selama berkendara.

Terdapat juga bluetooth dan speaker sebanyak 6 buah. Namun, kualitas suaranya dinilai rata-rata dan dentuman bas serta kualitas suara vokalnya biasa saja.

Kenyamanan Kabin

Jika ingin meningkatkan kualitas suara dari speaker Avanza Veloz terbaru, maka pengguna mobil ini perlu menambahkan power amplifier dan melakukan upgrade speaker serta tweeter.

Meskipun demikian, kualitas peredam Avanza Veloz terbaru ini sudah baik sehingga tidak perlu menambahkannya lagi.

Di sisi lain, untuk memberikan kenyamanan secara maksimal, mobil tersebut sudah disematkan pengaturan AC digital seperti milik Toyota Rush terbaru.

Ditambah, letak tombolnya juga mudah dijangkau dengan tangan. Selain itu, terdapat Multi Information Display (MID) yang dapat menampilkan berbagai informasi, seperti konsumsi BBM rata-rata, jarak tempuh, kondisi bahan bakar, dan lainnya.

Pada kursi baris kedua Avanza Veloz terbaru, sudah dilengkapi dengan fitur One Touch Tumble. Fitur tersebut berfungsi untuk memberi kemudahan dalam mengatur posisi kursi duduk.

Selain itu, pihak Toyota juga menyematkan seat belt dengan fitur Pretensioner and Force Limiter pada mobil ini. Fitur tersebut dapat melindungi pengemudi serta para penumpang mobil dari cidera fatal jika terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Tidak hanya itu saja, terdapat juga fitur SRS Airbags atau kantong udara sebagai fitur keselamatan wajib pada setiap mobil untuk memberikan perlindungan secara maksimal jika terjadi tabrakan besar.

Tidak ketinggalan, Avanza Veloz terbaru telah dilengkapi dengan fitur ISOFIX fitting yang berfungsi untuk memasang kursi bayi secara mudah.

Dengan adanya fitur tersebut, kursinya bisa terpasang dengan kuat dan aman dalam melindungi penumpang bayi selama perjalanan.

Harga Toyota Avanza Veloz 2020

Toyota Veloz
Toyota pajang Veloz. (Foto: Istimewa)

Carmudi rangkum harga Toyota Avanza Veloz terbaru sebagai berikut.

  • Veloz 1.3 M/T Rp224,75 juta
  • Veloz 1.3 A/T Rp236,55 juta
  • Veloz 1.5 M/T Rp236,75 juta
  • Veloz 1.5 A/T Rp248,55 juta

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Toyota Corolla Cross
Previous post
Mengupas Lengkap Toyota Corolla Cross
Next post
4 Aspek Agar Freelancer Mudah Mengajukan Kredit Sepeda Motor atau Mobil