Home » Reviews » Intip Spesifikasi Lengkap Dua Motor Gede Honda Terbaru

Intip Spesifikasi Lengkap Dua Motor Gede Honda Terbaru

Honda melakukan peningkatan pada sisi spesifikasi dan fitur di motor CRF1100L dan Rebel

Jakarta – Demi membangkitkan kembali gairah model premium atau motor gede, PT Astra Honda Motor merilis dua motor gede terbaru untuk pasar Indonesia yaitu Honda Rebel dan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports. Kedua model ini memiliki karakter yang begitu kuat, spesifikasi  masing-masing untuk di medan on road dan motor off road dual purpose.

Kehadiran dua model dari lini bigbike Honda ini mewakili gaya hidup dan sekaligus mengekspresikan identitas individu pemiliknya. Dengan karakter yang kuat, Honda Rebel dan CRF1100L Africa Twin Adventure Sports menghadirkan kepuasan berkendara yang sempurna bagi penggunanya.

“Honda terus mengembangkan inovasi dalam menghadirkan sepeda motor yang dapat memberikan pengalaman terbaik dalam berkendara. Kami pun menyadari antusias tinggi terhadap sepeda motor yang mendukung karakter penggunanya yang memiliki jati diri dan gaya hidup berbeda,” ujar Toshiyuki Inuma, selaku President Director AHM saat peluncuran, Selasa (4/2).

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports ditujukan bagi pengendara yang menginginkan ketangguhan untuk menjelajah jarak jauh. Sementara itu, Honda Rebel sebagai motor kustom yang menjadi cerminan gaya hidup bikers perkotaan dengan karakter berani namun memiliki selera modern minimalis.

Melalui peluncuran dua model ini, Honda ingin menunjukkan perpaduan dari kegembiraan berkendara dengan kecanggihan teknologi.

“Melalui kehadiran dua model di jajaran bigbike Honda ini, kami ingin mengajak Anda semua merasakan perpaduan dari kegembiraan, kenyamanan, dan kecanggihan teknologi dalam menghadirkan kepuasan berkendara,” jelas Inuma.

Spesifikasi Honda Rebel, Motor Bergaya Low Rider

Honda Rebel kini tampil modern dengan pencahayaan full LED

Dua kata kunci saat pengembangan Honda Rebel yaitu sederhana dan mudah untuk dikreasikan sesuai keinginan pengendara. Honda Rebel kini tampil kian modern namun tetap sederhana tanpa neko-neko. Desain Rebel memiliki siluet yang rendah dan ramping.

Tangkinya dengan kapasitas 11,2 liter diposisikan mendongak serta setang kemudi lebar. Desainnya membuat pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor. Untuk mendukung tampilan low-rider, mala rangka tubular Honda Rebel yang menopang mesin pada tiga titik dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara.

Panjang trail diset pada 110mm dengan 28° rake; garpu offset suspensi dengan sudut 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1490mm, menghasilkan ketinggian sadel 690mm. Ini membuat posisi jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.

Upgrade Pada Motor Honda Rebel Terbaru

Headlamp Honda Rebel

Dengan desainnya yang minimalis, Rebel tetaplah memiliki teknologi terkini yang modern. Sistem penerangan LED disematkan pada lampu utama, lampu belakang, dan lampu sein yang berbentuk bulat.

Tampilan panel meter digital bergaya sederhana namun kini lebih informatif. Perubahan perpindahan gigi kini terbaca di panel meter yang memiliki tampilan LCD negatif dan backlight biru yang mencolok dan mudah dibaca.

Untuk spesifikasi mesin, terdapat penambahan fitur Assist/Slipper Clutch yang dapat mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi. Kali ini, Rebel juga tersedia dalam warna baru yang semakin ekspresif yakni Matte Jeans Blue Metallic.

“Honda Rebel dikembangkan dengan tujuan untuk membuka imajinasi kalangan muda melalaui cara yang berbeda dari motor cruiser lainnya. Kata kunci dari pengembangan Rebel yaitu Simple and Raw. Mesin Honda Rebel kini didukung dengan fitur slipper clutch yang memberi kenyamanan berkendara lebih baik,” tambah Thomas Wijaya, selaku Direktur Pemasaran AHM.

Honda Rebel punya kombinasi desain retro klasik modern

Honda Rebel hadir dengan 3 warna pilihan yakni Graphite black, Matte Armored Silver Metallic dan Matte Jeans Blue Metallic. Motor cruiser 500 cc ini dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 169.200.000,-

Honda Rebel mengusung mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder. Mesin tersebut diambil dari mesin Honda CBR500R yang punya karakter sporti.

Honda melakukan penyesuaian dengan kebutuhan berkendara di perkotaan. Mesinnya memiliki output torsi bottom-end yang padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 43,6Nm @ 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW @ 8.500rpm.

Honda Africa Twin Makin Gahar

Honda CRF1100L Africa Twin kini dibekali mesin berkapasitas lebih besar

Selain Rebel, AHM juga merilis generasi terbaru keluarga Africa Twin yaitu Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports. Motor petualang tersebut kini hadir dengan mesin baru yang semakin bertenaga, dan dilengkapi berbagai fitur canggih.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan warna Tricolor, kombinasi merah, putih, dan biru. Untuk tipe manual dipasarkan dengan harga Rp 559.900.000,- (on the road DKI Jakarta) dan tipe DCT dibanderol Rp 599.900.000,-.

Mesin baru pada CRF1100L berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 75 kW @7500 rpm dan torsi puncak 105 Nm @6000 rpm. Sementara untuk versi sebelumnya, didukung mesin 999,11 cc dengan tenaga ‘hanya’ 69,2 kW @75000rpm. Terdapat kenaikan di model terbaru sekitar 5,8 kW dari versi sebelumnya.

“Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports merupakan jawaban bagi petualang sejati yang gemar berkendara jarak jauh dengan melintasi kondisi jalan yang beragam. Motor ini memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh,” ujar Inuma.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dibekali sensor IMU yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan terkoneksi dengan ECU dan ABS. Selanjutnya, terdapat fitur cornering ABS berfungsi mencegah ban terkunci saat pengereman saat berbelok. CRF1100L juga memiliki rear lift control yang berfungsi mencegah ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih.

Spesifikasi Honda CRF1100L, Motor Petualang Kaya Fitur

Honda CRF1100L dimensinya melebar dari versi sebelumnya

Sebagai motor petualang, Honda membekali CRF1100L dengan fitur cornering light akan menyalakan lampu tambahan untuk membantu penerangan jalan sesuai dengan posisi kemiringan motor. Terakhir, fitur wheelie control untuk mencegah ban depan terangkat akibat hentakan tenaga yang berlebih.

“Model ini telah berevolusi secara keseluruhan dengan mesin baru yang membuatnya lebih tangguh. Beragam fitur baru yang canggih memberikan pengalaman luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukkan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh,” jelas Inuma.

Karakter sepeda motor ini memiliki tenaga yang kuat di semua putaran mesin. Dengan spesifikasi bobot sepeda motor yang kini lebih ringan 5 Kg dari model sebelumnya, membuat Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports semakin lincah dalam bertualang di medan on-road maupun off-road.

Motor sport adventurer ini pun mendukung pengendara dalam melakukan turing jarak jauh dari segi fitur. Full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi bluetooth. Banyak informasi yang dapat diatur sendiri oleh pengendara melalui layar speedometer tersebut.

Honda CRF1100L Africa Twin

Pada tipe DCT terdapat 2 mode, yaitu Mode D dan mode S memberikan tambahan performa sport. Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara.

Pada CRF1100L juga terdapat tombol ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan akselerasi spontan. Saat fitur ”G” ini dimatikan, distribusi tenaga akan lebih lembut.

CRF1100L juga telah dilengkapi pengaplikasian 4+2 riding mode. Pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalanan yang dihadapi yaitu mode tour, urban, gravel dan off-road. Sementara itu, untuk 2 riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana 

Previous post
Dua Pebalap MotoGP Honda Luncurkan Dua Motor Gede Terbaru
Next post
Setahun Berdirinya Komunitas AvanzaGue, Gelar Kopdar Akbar di Puncak