Home » Mobil » Intip Spesifikasi Toyota Corolla Cross

Intip Spesifikasi Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Jakarta – Beberapa hari ke depan, PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan sebuah mobil baru. Mobil tersebut merupakan Toyota Corolla Cross, yang bermain di segmen SUV. Lantas, bagaimana spesifikasi Toyota Corolla Cross yang ada di Indonesia?

Toyota Corolla Cross dirancang sebagai tipe baru SUV yang menggabungkan kekokohan dan utilitas yang diharapkan dapat menjawab keinginan para pelanggan. Penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) memungkinkan Corolla Cross memiliki kinerja berkualitas, perjalanan menjadi nyaman, dan ketenangan.

Mobil ini pertama kali debut di Thailand pada 9 Juli 2020 lalu. Besar kemungkinan spesifikasinya tak akan berubah banyak antara versi Thailand dan Indonesia. Di Thailand, mobil ini dibanderol 959 ribu Baht, atau setara dengan Rp453 jutaan.

Secara dimensi, Toyota Corolla Cross memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Wheelbase-nya mencapai 2.640 mm dengan ground clearance mencapai 161 mm, serta radius putar sebesar 5,2 meter.

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Varian yang ditawarkan di Thailand terdiri dari 4 macam. Mulai dari 1.8 Sport, Hybrid Smart, Hybrid Premium, dan Hybrid Premium Safety. Soal mesin, Toyota Corolla Cross ini memakai mesin berkode 2ZR-FXE.

Spesifikasi Mesin Toyota Corolla Cross

Soal spesifikasi mesin, Toyota Corolla Cross memiliki kapasitas 1.798 cc, 4 silinder segaris, DOHC. Tenaga tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 98 ps atau setara dengan 96,6 hp @5.200 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 14,5 Nm pada 3.600 rpm.

Transmisi yang digunakan pada Corolla Cross memakai E-CVT with Shift Lock untuk 3 varian hybrid. Sedangkan untuk varian 1.8 Sport memakai transmisi CVT-i 7 percepatan dengan sequential shift dan shift lock. Motor listrik yang ditanamkan memiliki kapasitas yang sama.

Tenaga listrik ini dihasilkan dari motor generator synchronous motor dengan magnet permanent. Motor generator ini memiliki voltase 600 volt, dengan maksimal power yang bisa dihasilkan 53 ps atau setara dengan 52,2 hp. Torsi yang dihasilkan dari motor listrik tersebut mencapai 163 Nm.

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Kapasitas bahan bakar maksimalnya mencapai 36 liter untuk varian Hybrid. Sedangkan untuk varian 1.8 Sport, kapasitas tangkinya jauh lebih besar mencapai 47 liter. Konsumsi BBM versi hybrid tentunya akan lebih baik berkat bantuan motor listrik yang ada.

Konsumsi bahan bakar rata-rata mesin hybrid ini hanya 23,3 kilometer per liter dengan emisi karbon dioksida 98 gram per kilometer. Di sisi lain, untuk mesin bensin, konsumsi bahan bakar rata-rata adalah 15,4 kilometer per liter, dengan emisi karbon dioksida 150 gram per kilometer.

Mobil ini memiliki suspensi yang telah dikembangkan sehingga meningkatkan keseimbangan saat berkendara di jalan lurus dan menikung. Dengan begitu penumpang akan menikmati perjalanan dengan rasa nyaman.

Suspensi dan Kaki-kaki Toyota Corolla Cross

Untuk bagian kaki-kaki, keempat varian ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk tipe 1.8 Sport memakai pelek 17 inci dengan ban 215/60. Suspensi yang digunakan memakai MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam with Stabilizer di bagian belakang.

Untuk tipe Hybrid Smart memakai ukuran pelek dan ban yang sama dengan 1.8 Sport. Suspensinya pun sama antara keempat varian. Lalu model Hybrid Premium memakai ban 18 inci dengan ban 225/50. Dan varian tertinggi Hybrid Premium Safety memakai pelek 18 inci dengan ban 225/50. Semua model Corolla Cross yang ditawarkan sudah memakai rem cakram dengan ventilated disc.

Punya Fitur Mumpuni

Tidak cuma nyaman, Corolla Cross juga menawarkan perlindungan bagi penumpang dan pengemudi. Fitur keselamatan yang ada di mobil SUV tersebut telah dikembangkan dari Corolla sedan yang sudah lebih dulu eksis.

Toyota menyematkan paket fitur keselamatan, Toyota Safety Sense. Di antaranya Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitor, dan 7 airbag.

Interior Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Perjalanan semakin menyenangkan dengan penyematan head unit layar sentuh berdimensi 9 inci. Head unit ini kompatibel dengan Apple CarPlay bersama T-Connect. Bagi yang penasaran, kamu bisa menunggu peluncurannya pada Kamis (6/8/2020) besok.

Hmmm, bagaimana spesifikasi Toyota Corolla Cross yang ada di Indonesia ini ya. Rasanya sih tak akan jauh berbeda dengan spesifikasi Toyota Corolla Cross yang ada di Thailand.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Selain Thailand dan Indonesia, Toyota Corolla Cross Juga Dijual di Filipina

Previous post
Industri Otomotif Mulai Bergairah, Stok Mobil Baru Daihatsu Menipis
Next post
Honda Odyssey Dapat Penyegaran dan Punya Fitur-Fitur Baru