Komersial

Isuzu Indonesia Tambah Negara Tujuan Ekspor Traga

Jakarta – Isuzu Traga yang diproduksi di pabrik Isuzu Karawang Plant di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat tidak cuma diperuntukkan bagi pasar domestik saja, melainkan juga untuk pasar ekspor.

Pikap baru andalan Isuzu tersebut debut dunia di Indonesia pada April 2018. Kehadirannya menambah sengit persiangan di segmen kendaraan komersial ringan, sekaligus memperbanyak pilihan bagi kosumen yang umumnya datang dari para pebisnis.

Isuzu Traga

Isuzu Traga yang diekspor sudah Euro4 (Foto: IAMI)

Sejak awal kemunculan di Indonesia, Isuzu Traga langsung mendapat sambutan positif dari konsumen. Tak heran bila kendaraan tersebut kini menjadi salah satu penyumbang angka penjualan terbesar bagi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Menariknya, tak sampai dua tahun setelah diluncurkan, IAMI mulai ekspor Isuzu Traga ke luar negeri. Adapun negara tujuan ekspor perdana Traga adalah Filipina. Pengiriman unit dilakukan pada Desember 2019.

Tak sampai di situ, IAMI akan terus mengembangkan pasar dan memperluas negara tujuan ekspor.

“Memang tergantung situasi negara. Ke depan kami akan tambah ke negara lain,” ungkap Attias Asril selaku Marketing Division Head PT IAMI saat bincang virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Selasa (24/8/2021).

Attias menambahkan, negara tujuan ekspor baru untuk Isuzu Traga sudah dibidik, yaitu Myanmar dan Laos.

Ekspor Isuzu Traga

Traga menjadi mobil komersial Isuzu yang diekspor ke Filipina. (Foto: Carmudi/Rizen)

“Ekspor Isuzu Traga mulai masuk ke negara ASEAN lalu ke Amerika Tengah. Rencana sebenarnya tahun ini cuma masih dalam proses menuju realisasi ekspor,” sambung pria yang akrab disapa Aat itu.

Belum Berencana Menyegarkan Isuzu Traga

Kendati mendapat respons positif dari konsumen di dalam negeri, IAMI tak ingin buru-buru melakukan penyegaran pada Traga. Sebab, mobil dengan bak terbuka itu tergolong masih sangat ‘belia’.

“Traga masih baru, meluncur 2018. Kalau penambahan tipe baru untuk Traga mungkin belum ya,” tutur Aat.

Akan tetapi, sebagai upaya untuk menjaring lebih banyak lagi pembeli, IAMI berencana akan menambah jenis-jenis Traga, misalnya menjadikannya sebagai mobil boks, blind van, dan sebagainya.

“Basisnya tetap dari Traga yang sekarang. Kita lihat perkembangan pasar seperti apa, karena jelang pemberlakuan standar emisi Euro4. Rasanya penambahan jenis sesuai dengan kebutuhan pasar itu yang utama,” pungkas dia.

Isuzu Traga

Kabin isuzu Traga (Foto: Isuzu)

Diketahui, Traga dibekali mesin Diesel Direct Injection berkapasitas 2.499cc dengan tenaga yang sanggup dikeluarkan sebesar 80 hp pada putaran 3.500 rpm dan torsi 191,2 Nm pada 1.800 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5 percepatan.

Demi memberikan rasa nyaman kepada pengemudi dan penumpang, kabin Traga dibuat lebih lega dan modern. Menariknya, mobil ini juga sudah dilengkapi perangkat hiburan berupa head unit single DIN.

Untuk unit baru, Isuzu Traga Pick Up saat ini dibanderol Rp213,8 juta.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts