Berita

Isuzu Resmikan Part Depo, Permudah Konsumen Mendapatkan Spare Part

GIIAS, Tangerang — Isuzu meresmikan Part Depo. Kehadirannya bisa memenuhi kebutuhan konsumen terhadap spart part secara lebih cepat.

Memanfaatkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) agen pemegang merek kendaraan Isuzu di Tanah Air menggelar seremoni peresmian Part Depo yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

Makassar sengaja di pilih menjadi lokasi Part Depo, karena pertumbuhan kendaraan komersial di sana cukup pesat selain itu diposisikan supaya bisa meng-cover kebutuhan spart part bagi pengguna kendaraan Isuzu terutama di Indonesia Bagian Timur (IBT).

Isuzu Part Depo

Jajaran manajemen PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) (Foto: Santo/Carmudi)

“Kita semua tahu jarak dari Jakarta atau pusat itu ke cukup jauh, oleh sebab itu, untuk memahami kebutuhan konsumen, Isuzu mendirikan satu Part Depo untuk dapat meng-cover konsumen-konsumen yang berlokasi di Indonesia Bagian Timur,” tutur Budhi Prasetyo, Aftersales Business, Inventory & Logistic, di sela-sela peresmian, Rabu (17/8/2022).

Keberadaan Part Depo di Makassar ini membuat masa tunggu konsumen akan spare part yang tengah dibutuhkan untuk kendaraannya dapat menjadi lebih singkat. Jika sebelumnya pengguna kendaraan Isuzu bisa menunggu hingga tiga minggu, kini terpangkas menjadi kurang dua minggu.

“Sebagai gambaran waktu tempuh yang dibutuhkan konsumen di Pulau Jawa saat ini adalah 1 sampai 2 hari, untuk Sumatra sekira 3 sampai 8 hari. Sementara IBT itu membutuhkan waktu tunggu sekitar 7 sampai 21 hari mengingat jaraknya yang jauh,” terang Budhi.

“Dengan hadirnya Part Depo di Makassar masa tunggu konsumen akan terpangkas 92 persen untuk spare part yang tersebar reguler dan 50 persen untuk spare part yang bersifat emergency. Sehingga setelah adanya Part Depo ini Isuzu partner di area ini hanya perlu menunggu 1 sampai 12 hari saja, tergantung area dan jenis spare part-nya,” sambung dia.

Spare Part Isuzu (Foto: Santo/Carmudi)

Aspek kecepatan pengiriman spare part pun sudah dipersiapkan oleh Isuzu dengan baik, di mana pihaknya telah bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik, JNE.

Sekadar informasi Part Depo merupakan lokasi penyimpanan spare part yang nantinya akan didistribusikan kepada konsumen melalui perantaraan diler, bengkel dan part shop. Keberadaannya untuk memberikan kepastian waktu mendapatkan sekaligus menjamin ketersediaan spart part.

Selain Part Depo, Isuzu juga memiliki 12 Mini Depo. Mini depo fungsinya untuk mem-back up apabila ada item-item yang tidak tersedia di diler. Adapun lokasinya tersebar di berbagai wilayah seperti Medan, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, Lampung, Palembang, Manado, Bali dan Semarang.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/