Komersial

Isuzu Traga Blind Van Lahir Bukan untuk Bersaing dengan Gran Max

Jakarta – PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Isuzu di Indonesia merilis Traga Blind Van. Mobil tanpa kaca jendela belakang ini sengaja dihadirkan untuk memberikan tambahan pilihan bagi konsumen, khususnya para pengusaha di bidang pengiriman barang.

Belakangan ini aktivitas belanja online terus mengalami peningkatan, sehingga berimbas pada banyaknya barang yang harus dikirim ke alamat si pembeli.

Isuzu Traga Blind Van

Isuzu Indonesia luncurkan Traga Blind Van (Foto: IAMI)

Melihat fenomena tersebut, Isuzu Indonesia menyadari bahwa, untuk mempermudah proses pendistribusian barang dibutuhkan kendaraan yang tangguh dan ruang kargo luas. Maka dilahirkanlah Isuzu Traga Blind Van.

“Apa yang dilakukan Isuzu Indonesia untuk menjawab kebutuhan konsumen dan para pengusaha pengiriman barang. Isuzu Indonesia dengan bangga menghadirkan Traga Blind Van,” kata Arvin Sumbung Product Marketing CV & LCV Manager PT IAMI, saat acara peluncuran, Kamis (21/10/2021).

Sebenarnya jauh sebelum masuknya Traga Blind Van, sudah ada beberapa APM yang memasarkan mobil model serupa, sebut saja satu di antaranya Daihatsu Gran Max Blind Van.

Hanya saja, niat Isuzu menghadirkan model barunya itu bukan untuk bersiang dengan produk lainnya yang sejenis, melainkan memberi pilihan baru bagi konsumen.

“Adanya potensi market baru dan juga pola masyarakat yang beralih ke belanja online, kami melihat dengan kendaraan blind ban ini muatan bisa lebih banyak. Jadi perusahaan yang menjalankan pengiriman barang enggak perlu banyak armada, karena bisa bawa banyak barang dibandingkan dengan yang kelas lainnya. Jadi memang kami enggak langsung menargetkan untuk bersaing dengan Gran Max. Kami berusaha melihat potensi pasar yang ada,” terang Arvin.

Traga Blind Van

Bagian samping Traga (Foto: IAMI)

Pintu Model Swing

Beberapa mobil model blind van yang dipasarkan di Indonesia mengadopsi power sliding door (pintu geser) di sisi kanan ataupun kiri. Namun, Isuzu Indonesia lebih memilih untuk menggunakan pintu model swing pada Traga Blind Van.

Meski menggunakan pintu model tersebut, lebar bukaannya bisa mencapai 1 meter, sehingga tidak terlalu menyulitkan pengemudi untuk mengeluarkan atau memasukkan barang ke dalam kargo, terutama yang memiliki ukuran kecil.

Sedangkan barang berukuran besar bisa dimasukkan melalui pintu belakang mobil.

“Dengan pintu geser ukuran bukaannya itu tidak bisa mencapai 1 meter dan kami memang melihat ke beberapa kosumen yang membutuhkan blid van justru ingin yang bukaan pintunya lebar hingga 1 meter,” tutur Arvin.

Namun, tambah dia, tidak menutup kemungkinan ke depan akan ada produk baru yang sudah mengadopsi pintu geser.

Isuzu Traga Blind Van

Ruang Kargo Isuzu Traga (Foto: IAMI)

“Kami tetap studi juga, karena kami lihat di lapangan kebutuhannya seperti apa. Bahwa dengan pintu geser itu tidak memakan ruang, jadi lebih gampang kalau parkir tinggal geser, keluar masuk barang mudah. Kendalanya memang pintu geser bukaannya jadi lebih kecil,” pungkas dia.

Seperti diketahui, Isuzu Traga Blind Van memiliki dimensi panjang kargo 2,9 m, lebar 1,52 m dan tinggi 1,2 m. Ukuran ruang kargo tersebut diklaim terluas dikelasnya, dengan volume 5,2 m3 mampu mengangkut barang lebih banyak, sehingga lebih menguntungkan dan menghemat biaya operasional proses pengiriman.

Mobil ini dibekali mesin diesel 4JA1-L dengan kapasitas 2.500 cc yang terbukti memiliki tenaga besar, handal, namun irit bahan bakar.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts