Home » Berita » Jadi Varian Tertinggi, Kia Seltos Gravity Tampil Beda

Jadi Varian Tertinggi, Kia Seltos Gravity Tampil Beda

Kia Seltos Gravity
Kia Seltos Gravity (Foto: Indianautosblog)

SeoulKia Seltos mendapat sambutan positif dari konsumen di Korea Selatan (Korsel). Memanfaatkan momentum tersebut, baru-baru ini Kia meluncurkan varian tertinggi dengan nama Seltos Gravity. Varian baru ini mendapatkan sejumlah pembaruan kosmetik baik di eksterior maupun interior. Pembaruan dilakukan untuk membedakan Seltos Gravity dengan varian yang ada di bawahnya.

Dimulai dari bagian eksterior, pabrikan mobil asal Korsel itu mengubah sedikit desain gril. Kini hadir dengan balutan krom, namun tetap mengusung bahasa desain Kia, ‘Tiger Nose’. Ini membuatnya tampak lebih premium daripada model lain.

Perubahan lain pada varian Kia Seltos Gravity termasuk pelek 18 inci two tone dengan desain baru, lapisan perak untuk kaca spion luar, dan rear skid plate baru. Sisanya termasuk desain samping atap, kap, dan pintu belakang mobil tetap sama seperti varian lain.

Masuk ke bagian interior,Kia Seltos Gravity mendapatkan sentuhan warna abu-abu di beberapa titik termasuk seperti dasbor, jok, dan dinding pintu. Sedangkan fitur yang disematkan tidak berbeda dari varian di bawahnya, seperti head unit layar sentuh 10 inci, jok depan berventilasi, sunroof satu, sistem audio Bose, dan UVO car connectivity.

interior Kia Seltos Gravity
Interior Kia Seltos Gravity (Foto: Timesnownews)

Fitur keselamatan standar mulai dari airbags, electronic stability control, hill hold control, vehicle stability management, dan lain-lain masih dipertahankan. Namun, khusus Seltos Gravity terdapat tambahan fitur seperti forward collision prevention assistance, lane maintenance assistance, lane departure prevention assistance, dan navigation based smart cruise control system.

Meski terdapat sedikit penyegaran pada bagian eksterior dan interior, mesin Seltos Gravity tidak mengalami perubahan. Kia Seltos di pasar Korsel digerakkan oleh mesin bensin 1.6 liter turbocharged dan diesel 1,6 liter turbocharged. Mesin bensin mampu mengeluarkan tenaga 174,5 hp dan torsi puncak 265 Nm, sementara mesin diesel menghasilkan tenaga 134 hp dengan torsi 320 Nm. Kedua mesin digabungkan dengan transmisi otomatis dual-clutch tujuh kecepatan. Demikian seperti dilansir dari Timesnownews, Selasa (7/7/2020).

Varian tertinggi mengusung desain gril baru. (Foto: Timesnownews)

Kia Seltos di Indonesia

Melihat kesuksesan Kia Seltos di Korsel dan India, PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia ikut mendatangkan Sport Utility Vehicle (SUV) ini di Indonesia. Pesaing Honda HR-V itu hadir di Indonesia awal 2020.

Kia Seltos dibawa dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari pabrik Kia di India. Beda dari Korsel, Seltos di Indonesia dibekali dengan mesin bensin 1,4 liter (1.353 cc) turbocharger.

Kia Seltos untuk Indonesia Impor dari India (Foto: Santo/Carmudi)

Tenaga yang dihasilkan mencapai 138 hp (140 PS) di putaran mesin 6.000 Rpm dengan torsi maksimal 242 Nm di rentang 1.500-3.200 Rpm. Seluruh daya yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-percepatan.

Ada enam pilihan warna menarik yang ditawarkan, yaitu Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Kia Seltos ditawarkan dalam tiga varian yaitu Seltos E dibanderol Rp295 juta, Seltos EX Rp320 juta, dan varian tertinggi EX+ Rp355 juta (OTR Jakarta).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas 

Baca Juga:

Fokus Abadi Mobil, Perintis Diler Mobil Bekas di Carsentro Sidoarjo

Previous post
Ketahui Kelemahan Sedan Timor, Mobil Kontroversial yang Bandel
SPBU
Next post
Pertamina Kasih Diskon Rp1.200 Khusus Pembelian Bensin Pertalite