BeritaMobil

Mengenal ‘Mobil Listrik Terindah’ Jaguar E-Type di Royal Wedding

royal wedding

Mobil Jaguar E-Type yang Dikendarai Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Jaguar Classics)

London – Pernikahan ‘Royal Wedding’ Pangeran Harry dan Meghan Markle yang dilangsungkan pada Sabtu (19/5) berlangsung meriah. Selebriti papan atas, hingga sejumlah tokoh terkenal dunia turut hadir dalam pernikahan anggota keluarga kerajaan Inggris itu.

Selain dihadiri oleh para tamu spesial, banyak keunikan yang ditemukan di Royal Wedding, sebut saja satu di antaranya mobil klasik.

Sebagaimana dilaporkan Carscoops, ketika akan menuju Windsor Castle tempat digelarnya pesta pernikahan, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengendarai mobil klasik Jaguar E-Type.

Keduanya terlihat bahagia dan sesekali menyapa mereka yang berdiri di pinggir jalan dari mobil beratap terbuka itu.

royal wedding

Baterai Mobil Jaguar E-Type yang Dikendarai Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Jaguar Classics)

Dilihat dari bentuk dan wujudnya, pasti banyak orang yang mengira mobil tersebut adalah Jaguar E-Type biasa keluaran 1960-an. Ternyata Jaguar E-Type lansiran 1968 itu telah dikonversi menjadi sebuah mobil listrik, hanya saja tetap mempertahankan citarasa klasik pada desain.

Berbekal motor listrik yang menggantikan unit mesin lawasnya, mobil sudah dipesan terlebih dahulu sebagai kendaraan kedua pasangan dari Windsor Castle menuju lokasi dilaksanakannya pesta pernikahan. Tidak dijelaskan secara rinci alasan dari pasangan itu memilih menggunakan mobil hasil racikan divisi Jaguar Classic itu sebagai bagian dari properti Royal Wedding.

Mobil bertubuh seksi ini dirancang berdasarkan Jaguar Series 1.5 Roadster keluaran 1968, dan disebut Jaguar E-Type Concept Zero ketika proyeknya rampung tahun lalu. Pengerjaannya dilakukan di Jaguar Land Rover Classic Works, di Coventry.

royal wedding

Tempat pengecasan daya Jaguar E-Type Concept Zero (Foto: Jaguar Classics)

Sumber tenaga mobil berasal dari motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sekuat 225 hp. Sedangkan daya listriknya diambil dari baterai lithium-ion 40 kWh. Baterainya diletakkan di bagian depan mobil, seperti lokasi mesin lawasnya.

Pengisian ulang baterai dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu antara 6 sampai 7 jam, tergantung pada sumber daya listrik.

Dengan tenaga lebih dari 200 hp, mobil listrik ini mampu melaju dari posisi diam sampai 100 km/per jam dalam waktu 5,5 detik. Angka tersebut kira-kira satu detik lebih cepat daripada Seri 1 E-Type. Selain sumber tenaga baru, Jaguar juga menurunkan bobot kendaraan hingga lebih ringan 46 kilogram daripada mobil aslinya.

Tidak Diproduksi Massal

Pada saat membangun mobilnya, tidak ada niatan Jaguar untuk memproduksi secara massal dan memasarkannya dalam jumlah banyak. Jaguar E-Type Concept Zero memang sengaja dibangun hanya untuk menunjukan heritage Jaguar klasik dengan sentuhan modern berupa motor listrik sebagai sumber tenaga.

royal wedding

Interior mobil Jaguar E-Type (Foto: Youtube)

“Concept Zero menggabungkan pengalaman dinamis E-Type yang terkenal dengan peningkatan kinerja melalui elektrifikasi. Kombinasi unik ini menciptakan sensasi berkendara yang menakjubkan,” kata direktur Jaguar Land Rover Classic, Tim Hannig.

Lampu depan mobil sudah berteknologi LED dengan tetap mempertahankan desain membulat. Kemudian tetap hadir sentuhan krom di bumper depan dan belakang. Velg-nya mengadopsi desain jari-jari sehingga menambah kental nuansa klasik pada mobil yang hanya mampu menampung dua penumpang itu.

royal wedding

Jaguar E-Type Zero (Foto: Carscoops)

Tidak seperti kebanyakan mobil konsep, Jaguar memilih memperkenalkan mobil bukan di pameran otomotif besar melainkan di acara yang digelar sendiri oleh perusahaan bertajuk Jaguar Land Rover Tech Fest, di London, tahun lalu.

Pendiri Ferrari, Enzo Ferrari, pernah menyebut Jaguar E-Type sebagai mobil terindah yang pernah dibuat. Jaguar lalu menggunakan kutipan Enzo, dengan menyebut E-Type Concept Zero sebagai mobil listrik terindah yang pernah ada. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts