Berita Mobil Produk Sepeda motor

Jaguar Milik Koruptor Tak Laku Dilelang, Ini Masalahnya

Jakarta – Masih membahas tentang mobil para koruptor yang usai di lelang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin, dari 19 mobil dan 1 sepeda motor ternyata hanya satu mobil yang tidak laku.

Ini adalah mobil Jaguar XJL 3.0L buatan tahun 2013 warna hitam metalik, dengan harga pembuka lelang Rp 1,41 miliar. Mobil dengan nomor polisi B 123 RX terdaftar pada lot 6 adalah milik Mohamad Sanusi anggota DPRD Jakarta Fraksi Gerindra yang terjerat kasus suap proyek raperda reklamasi.

Sebenarnya dalam laporan daftar peserta lelang ada peminatnya meskipun jumlahnya hanya dua orang, hal ini dikatakan salah satu petugas lelang yang enggan disebutkan namanya.

“Sekarang kita masuk lot 6. Ini nih yang paling ditunggu-tunggu, mobil Jaguar. Ayo ada berapa orang, ada dua ya? Oh, ternyata tidak ada,” ujar pemandu lelang di ruang Cenderawasih (22/9).

Ya, dari 900 peserta lelang tidak ada satu pun yang mengajukan penawaran. Hingga akhirnya pemandu lelang melewati dan kembali melanjutkan dengan penawaran unit lain.

Menurut beberapa tanggapan peserta lelang, harga yang dipatok untuk sebuah Jaguar JLX lansiran 2013 terebut terlalu mahal.

Salah satunya Rony AF Kalesaran salah satu peserta lelang, mobil Jaguar tidak ada peminatnya karena harga pembuka yang ditawarkan harganya terlalu mahal. Ditambah mobil ini tidak mempunyai BPKB.

“Kita ikut lelang dan menentukan jenis mobil apa yang kita dapat tergantung kemampuan ekonomi juga mas, saya tidak mampu membeli Jaguar,” ujar Rony.

Dilelang Lagi Harga Turun

Jaksa eksekusi KPK Rusdi Amin mengatakan sebenarnya sudah ada peserta lelang yang terdaftar.  Sebagai peminat mobil koruptor tersebut, hanya saja, orangnya tidak hadir .

“Peminatnya sebenarnya ada dua orang kalau tidak salah, tapi mereka tidak hadir, jadinya tidak laku tadi,” ujar Rusdi.

Setelah ini, mobil tersebut akan kembali dilelang, akan tetap belum jelas kapan waktunya dia tidak menjelaskan secara rinci.

“Hari ini belum laku, lain kali kita lelang lagi, mungkin saja yang peminatnya tadi ikut lagi pada saat itu,” kata Rusdi.

Pastinya harga Jaguar tersebut akan lebih murah pada sesi lelang berikutnya. Karena setiap penaksiran nilai harga dasar barang lelang bertahan enam bulan, dan harga Jaguar bertahan hingga Oktober 2017.

Sebagai informasi mobil Jaguar XJL 3.0L buatan tahun 2013 menggunakan mesin Type 3.0L V6. Yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 238 PS dan maksimal torsi 293 Nm. Dibekali dengan transmisi 6-Speed Automatic dengan performa akselerasi 0-100 km/h dan top speed 250 km/h.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts