Berita

Jajaran Mobil Baru yang Meluncur Maret—April 2022 di Indonesia

Jakarta –Mobil baru yang meluncur pada Maret—April 2022 di Indonesia cukup ramai dan menunjukkan bahwa industri otomotif di Tanah Air mulai menggeliat seiring dengan pelandaian kasus positif Covid-19.

Menurut catatan Camudi, ada lima model baru yang masuk kategori mobil penumpang meluncur di Indonesia pada Maret 2022. Sementara pada April 2022 terdapat tiga mobil baru ditambah dua model yang bermain di kelas kendaraan komersial.

Banyaknya mobil baru yang meluncur pada Maret—April 2022 menandakan industri otomotif mulai membaik pasca pandemi Covid-19. (Foto: HMID)

Semua mobil baru yang meluncur pada Maret—April 2022 datang dari beragam merek ternama seperti Hyundai, Lexus, Honda, Mazda, Toyota, Wuling, dan Morris Garage (MG).

Waktu peluncuran dari masing-masing model bervariasi, beberapa di antaranya dilakukan bersamaan dengan momen pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW) 2022 dan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

>>>>> Cek daftar harga mobil baru 2022

Untuk lebih jelasnya berikut daftar mobil baru yang meluncur di Indonesia pada Maret—April 2022:

All New Lexus NX

Lexus Indonesia meluncurkan All New NX pada 12 Maret bersamaan dengan perhelatan JAW 2022.

All New Lexus NX hadir dalam tiga pilihan varian yakni NX 250 Luxury, NX 350h Luxury, dan NX 350h F Sport. Harga dari masing-masing tipe saat diluncurkan Rp1,273 miliar, Rp1.339 miliar, dan Rp1.385 miliar on the roda (OTR) Jakarta.

Seluruh tipe All New NX datang dengan serangkaian perubahan di bagian eksterior, interior hingga mesin.

Kini ketiganya telah dibekali dengan Head-up Display (HUD), layar head unit berukuran 14 inci, speaker Mark Levinson, Lexus Safety System generasi ketiga dan lainnya.

Mobil Baru Maret-April 2022

Lexus NX 350h Luxury (Foto: Santo/Carmudi)

Meski secara tampilan dan fitur yang didapat oleh ketiganya sama, namun jika ditelisik lebih dekat lagi ada beberapa bagian yang memang sengaja dibuat beda. Salah satunya mesin.

NX 250 Luxury menggendong mesin bensin 2,5 liter inline 4 silinder, direct injection dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Tenaga puncaknya 204 hp dan torsi 234 Nm.

Sementara pada NX 350h Luxury, dan NX 350h F Sport yang merupakan versi hybrid juga dibekali mesin bensin yang sama, hanya saja diberi tambahan motor listrik.

Di atas kertas, tenaga yang dikeluarkan dari hasil kerja mesin bensin bersama motor listrik sebesar 240 hp dan torsi puncak 239 Nm.

Mesin All New Lexus NX (Foto: Santo/Carmudi)

All New Honda HR-V

Setelah lama dinanti-nanti oleh para penggemar mobil jenis SUV, akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan All New Honda HR-V pada 23 Maret 2022.

Generasi kedua dari HR-V ini tampil serba baru baik itu di bagian eksterior, interior, hingga fitur keselamatan.

Dari sektor eksterior, All New Honda HR-V tampil dengan desain baru yang membuatnya terlihat lebih stylish dan sporty. Hal ini didukung oleh penyematan gril baru, lampu utama dan kabut LED, serta pelek 18 inci dengan desain baru.

All New Honda HR-V tipe RS Turbo

Pemesanan All New Honda HR-V tipe RS Turbo harus menunggu imbas keterbatasan stok cip semikonduktor. (Foto: Carmudi/Dimas)

Sedangkan interiornya dilengkapi One Push Ignition System & Smart Entry System, Paddle Shift dan Auto A/C, layar Interactive TFT Meter berukuran 4,2 inci, head unit 8 inci, Air Diffusion Outlet dan masih banyak lagi.

Menariknya semua varian All New Honda HR-V dibekali teknologi keselamatan canggih, Honda Sensing. Di dalamnya terdapat enam fitur keselamatan aktif seperti, Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

All New Honda HR-V dipasarkan dalam empat pilihan varian, berikut daftar serta harga OTR Jakartanya :

  • All New HR-V 1.5L S CVT Rp362,9 Juta
  • All New HR-V 1.5L E CVT Rp382,9 Juta
  • All New HR-V 1.5L SE CVT Rp403,1 Juta
  • All New HR-V 1.5L Turbo RS Rp513,9 Juta.

Wuling New Cortez

Selang sehari setelah peluncuran All New Honda HR-V, pasar otomotif Indonesia kembali kedatangan mobil baru, kali ini dibawa oleh merek asal China yaitu Wuling Motors. Tepat pada 24 Maret, Wuling Motors meluncurkan New Cortez.

New Wuling Cortez

New Wuling Cortez. Foto: Carmudi/Dimas)

Terdapat sejumlah perbedaan yang mencolok antara Cortez model terbaru dengan yang sebelumnya. Kini New Cortez memiliki head unit berukuran 10.25 inci lengkap dengan fitur mirrorlink tanpa kabel, USB fast charging, hingga navigasi.

Menariknya, mobil keluarga ini juga sudah dilengkapi Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV) sama seperti yang terdapat pada Almaz RS.

Ada dua varian yang dijual, yaitu New Cortez CE dibanderol Rp273.8 juta dan New Cortez EX Rp310,65 juta OTR Jakarta. Perlu diketahui banderol tersebut merupakan harga spesial yang berlaku hingga akhir Mei.

head unit New Wuling Cortez

Head unit New Wuling Cortez kini menjadi semakin besar. Foto: Carmudi/Dimas)

MG 5 GT

Tepat di hari pembukaan IIMS Hybrid 2022 pada 31 Maret, MG Motor Indonesia meluncurkan produk terbarunya.

Jika sebelumnya MG menghadirkan mobil jenis SUV, kini merek mobil asal inggris tersebut mencoba peruntungan di segmen sedan dengan mendatangkan MG 5 GT.

Sebelum resmi dilepas ke pasar, MG telah dua kali memperkenalkannya ke publik. Pertama dilakukan pada saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, kedua di JAW 2022.

MG 5 GT dibekali dengan beragam fitur unggulan, seperti head unit 10 inci, electric sunroof, rem tangan elektrik, Cruise Control, dan sebagainya.

Mobil Baru Maret-April 2022

MG 5 GT resmi diluncurkan. (Foto: Carmudi/Nadya)

MG 5 GT punya tiga varian, harganya mulai dari Rp339 jutaan, berikut detailnya:

  • Activate Rp339,9 juta
  • Ignite Rp359,9 juta
  • Magnify Rp399,9 juta.

Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 sudah lebih dahulu diperkenalkan ke publik di ajang The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia pada Oktober 2021. Kemudian lima bulan setelahnya PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan mobil listrik terbarunya itu.

Seremoni peluncuran dilakukan pada 31 Maret bersamaan dengan IIMS Hybrid 2022.

Ioniq 5 merupakan mobil listrik ketiga Hyundai yang dipasarkan di Indonesia. Sebelumnya, jenama asal Korea Selatan itu sudah memasarkan Ioniq Electric dan Kona Electric pada November 2020.

Mobil Baru Maret-April 2022

Hyundai Ioniq 5

 

Berbeda dari dua mobil listrik Hyundai terdahulu, Ioniq 5 sudah dirakit lokal dan menjadikannya sebagai mobil listrik pertama buatan Indonesia.

Hyundai Ioniq 5 menawarkan sejumlah teknologi terdepan seperti Electric – Global Modular Platform (E-GMP), dan Vehicle-to-Load (V2L).

Dari sektor keamanan, crossover nihil emisi ini juga dilengkapi Hyundai SmartSense, sistem bantuan pengemudi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Ada juga tiga mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan gaya pengemudi. Ketiganya adalah mode Normal, Sport, dan Eco.

Berikut ini daftar varian beserta harga OTR Jakarta Hyundai Ioniq 5 yang baru saja diumumkan 22 April lalu.

  • Ioniq 5 Prime Standard Range Rp718 juta
  • Ioniq 5 Prime Long Range Rp759 juta
  • Ioniq 5 Signature Standard Range Rp779 juta
  • Ioniq 5 Signature Long Range Rp829 juta.

New Mazda CX-5

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan New Mazda CX-5 tepat pada 1 April.

SUV asal Jepang ini hadir dengan sentuhan baru pada gril, frame Signature Wing yang lebih tebal, lampu depan dan belakang.

Tak cuma itu, New Mazda CX-5 juga dilengkapi wireless charging, hands-free power liftgate, drive mode selection indicator untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengendara.

Mobil Baru Maret-April 2022

New Mazda CX-5

Bicara soal fitur keselamatan canggih, Mazda menyematkan i-Activsense yang didalamnya terdapat Mazda Radar Cruise Control (MRCC, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist, dan Cruising and Traffic Support.

New Mazda CX-5 punya dua pilihan varian yaitu CX-5 Elite dibanderol Rp597,7 juta dan CX-5 Kuro Rp607,7 juta OTR Jakarta.

Toyota New Hiace dan New Dyna

Setelah puasa mendatangkan mobil baru di Maret, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menggebrak pasar otomotif Tanah Air dengan menghadirkan dua produk andalannya yang bermain di segmen kendaraan komersial.

Kedua produk yang dimaksud adalah New Hiace dan New Dyna. Peluncuran keduanya dilakukan tanpa seremonial pada 7 April.

Toyota New Hiace tampil dengan eksterior dan interior baru. Dimulai dari bagian eksterior, kini New Hiace mendapat New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, New Parking Sensor serta pilihan warna Silver Metallic dan White.

Sedangkan interiornya terdapat tambahan fitur USB Charging sebanyak 4 ports, dan Display Audio AVX 7 Inch.

Berikut harga OTR Jakarta New Hiace seperti yang tercantum di website resmi Toyota Indoensia.

  • New Hiace Commuter Rp539,2 juta
  • New Hiace Premio Rp621,7 juta.

Beralih ke New Dyna, truk satu ini hadir dengan mesin lebih bertenaga, dipadu tampilan luar dan dalam yang lebih segar.

Di sektor dapur pacu, Toyota menyematkan mesin diesel baru N04C-W 4.000 cc yang sudah standar Euro4.

Sedangkan penyegaran di bagian eksterior meliputi desain baru pada bumper, gril, lampu utama, lampu kabut, dudukan spion samping sewarna bodi, dan logo Toyota tampil lebih besar.

Interiornya mendapat beberapa sentuhan ringan seperti blower AC ditambah boost ventilator, center cluster dan mobile stand dengan desain baru, serta seat cover berwarna dark brown.

Toyota New Dyna tersedia dalam tiga pilihan varian, berikut daftar beserta harganya.

  • 115ST 4×2 5MT Rp354,6 juta
  • 136HT HI-Gear 4×2 6MT Rp433,3 juta
  • 136HT HI-Gear 4×2 6MT (PTO) Rp437,3 juta.

Honda City Hatchback RS Honda Sensing dan New Brio RS Urbanite Edition

Menutup bulan keempat di tahun ini, HPM kembali mendatangkan mobil baru, bukan cuma satu melainkan dua model sekaligus.

Tepat pada 20 April, HPM meluncurkan varian terbaru dari Honda City Hatchback RS dan New Brio RS Urbanite Edition.

Mobil Baru Maret-April 2022

Honda City Hatchback RS dengan Honda Sensing

City Hatchback RS varian baru kini sudah dibekali teknologi keselamatan canggih bernama Honda Sensing. Fitur yang terdapat di dalamnya meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) serta Auto-High Beam.

Honda City Hatchback RS dengan Honda Sensing dibanderol Rp362,6 juta OTR Jakarta.

New Honda Brio RS Urbanite Edition mendapat penyegaran pada tampilan luarnya yang kini mendapat New Tailgate Wing Spoiler, New Matte Black Alloy Wheels Design, dan Emblem Urbanite di bagian belakang.

Melengkapi penyegaran tersebut, HPM menambahkan dua pilihan warna baru yaitu Tafetta White Two Tone dan Crystal Black Pearl.

Mobil Baru Maret—April 2022, New Honda Brio RS Urbanite Edition

New Honda Brio RS Urbanite Edition datang dalam dua varian. Perbedaan varian hanya terletak pada sistem transmisinya saja.

Khusus Brio RS Urbanite Edition dengan transmisi manual dijual seharga Rp225,9 juta, sedangkan yang bertransmisi otomatis jenis CVT Rp235,9 juta OTR Jakarta.

>>>> Cari deretan mobil baru maupun bekas di seluruh Indonesia dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Santo Sirait
Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts