BeritaSumber informasiTips dan Trik

Jalur Alternatif Hindari Macet Proyek Underpass Mampang dan Matraman

Jakarta – Untuk menghindari jalur macet terkait proyek pembangunan underpass Kuningan – Mampang dan simpang Matraman sebaiknya pengguna jalan melalui jalur lain. Kawasan ini memang banyak yang mengatakan jalur “kusut” banyak yang berebut ingin cepat melintas meskipun ada petugas dari kepolisian.

Apalagi saat jam-jam sibuk kerja, saat pagi dan sore hari kemacetan semakin parah. Bahkan imbas kemacetan bisa sampai 2 km lebih. Dalam pantauan Carmudi Indonesia semakin sore kendaraan makin merayap perlahan terjebak kemacetan di sekitar lokasi proyek underpass.

Bahkan jalur busway ditutup dan dialihkan kejalur lambat, ini semakin padat. Meskipun pihak pelaksana proyek menambahkan pengerasan jalan di badan jalan terasa masih kurang luas.Panjang underpass Mampang kurang lebih 800 meter dan lebar 20 meter (empat lajur), sementara untuk underpass Matraman memiliki panjang 650 meter dan lebar jalan 7 meter.

Sebagai informasi, kedua proyek ini memakan waktu kurang lebih satu tahun diperkirakan akhir tahun 2017 proyek ini rampung. Ini artinya pengguna jalan harus bersabar untuk menghadapi hal ini. Upaya membatasi kendaraan yang melintas di perempatan Kuningan – Mampang, Pemerintah Provinsi DKI mengimbau agar warga memilih melintas di jalan lain.

Baca juga: Hindari Jalur “Neraka” Proyek Underpass Hingga Akhir Tahun

Berikut jalur alternatif underpass Mampang

– Pengendara dari arah Ragunan yang akan menuju Blok M, disarankan melalui Jalan Mampang Prapatan VII, Jalan Bangka dan seterusnya.
– Sedangkan pengendara dari arah Ragunan yang akan menuju Pancoran disarankan untuk melalui jalan Duren Tiga, Pasar Minggu dan seterusnya.
– Pengendara dari arah Blok M yang hendak menuju Semanggi bisa melewati jalan Kuningan Barat, Gatot Subroto, dan seterusnya. Akan tetapi pengendara diminta tetap menyesuaikan imbauan pengaturan ganjil genap.
– Pengendara dari arah Menteng yang hendak menuju Ragunan diarahkan melewati Taman Patra Terusan, Jalan Gatot Subroto, dan seterusnya.
– Untuk mengurangi kepadatan di simpang Mampang kendaraan dari arah Menteng atau Kuningan yang akan belok kanan menuju Blok-M dialihkan belok kiri ke Jalan Tendean. Lalu putar balik di depan Gedung Trans TV untuk kemudian melintas di flyover Mampang dan seterusnya.
– Pengendara dari arah Ragunan yang akan belok kanan ke arah Pancoran dialihkan belok kiri di Jalan Tendean, kemudian berputar melintas di flyover Mampang.

Jalur Alternatif Underpass Matraman

– Pengendara dari arah Pasar Senen menuju arah timur bisa berbelok melewati jalan Letjen Suprapto untuk menghindari proyek underpass. Atau bisa juga lewat jalan Percetakan Negara, Rawasari, atau bisa menghindar belok kiri di Senen, lalu Letjen Suprapto.
– Pengendara dari arah Manggarai, bisa mengambil jalur menuju Stasiun Manggarai dan keluar di lampu merah Jalan Slamet Riyadi, Jakarta Timur.
– Pengendara yang hendak menuju Cempaka Putih bisa melewati jalan proklamasi, melalui RSCM dan jalan percetakan Negara.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts