Event Komunitas

Jambore Komunitas Toyota Ke-11, Satukan Berbagai Komunitas di Bawah Bendera TOC

Jambore Komunitas Toyota Ke-11 Diselenggarakan di JIExpo Kemayoran (Foto:Carmudi)

Jakarta – Peran komunitas mobil begitu penting bagi agen pemegang merek. Guna mempererat silaturahmi antara APM dan komunitas, PT Toyota Astra Motor kembali menyelenggarakan jambore nasional.

Kopdar akbar ke-11 ini mengambil tema Solidariland dengan melebur seluruh anggota komunitas Toyota menjadi satu bendera yaitu Toyota Owners Club.

Sebanyak 1.500 peserta dari 18 TOC di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) hadir memeriahkan Toyota Jamboree 2018. Perhelatan rutin ini sudah digelar PT Toyota-Astra Motor sejak 2008 kali ini digelar di Hall B1 & B2, JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara.

“Kita ingin community jadi partner yang penting saling kenal satu sama lain, jadi temanya Solidariland land. Tujuannya untuk menyatukan komunitas-komunitas yang ada di bawah Toyota,” ujar Henry Tanoto selaku Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor.

Acara ini mengundang sejumlah 18 komunitas di bawah naungan langsung PT TAM. Total, Jambore Toyota Owners Club ini diikuti oleh sekitar 1.500 anggota dengan 300 mobil.

Untuk makin memeriahkan acara Toyota Jambore 2018 TAM menghadirkan Racing Simulator, 3600 Photo Booth, Hybrid Corner, TTI Coaching-Clinic. Toyota juga menyiapkan aktivitas after sales dengan mendatangkan Toyota Mobile Service (TMS) guna memberikan layanan bagi anggota TOC.

“Ini juga merupakan sarana menjalin hubungan baik dengan komunitas. Sekaligus untuk menyampaikan pesan bahwa Toyota senantiasa peduli untuk tetap menjaga nilai-nilai kekeluargaan dan keselamatan berkendara. Mereka banyak memberikan feedback yang baik kepada kita. Apresiasi kita kepada mereka secara tak langsung mensosialisasikan kegiatan mereka,” tambah Henry.

Kampanye Positif Komunitas Toyota

Kegiatan Toyota Jamboree 2018 bertujuan untuk mengajak komunitas jadi role model positif di jalan raya. Rouli Sijabat selaku Public Relation Manager PT TAM, menyebut bila komunitas di bawah TOC menjadi positive agent of change ke masyarakat.

“Solidariland tempat untuk meningkatkan solidaritas antar pemilik Toyota. Toyota menghimbau komunitas di bawah TOC menjadi positive agent of change, yang harus dikeluarkan ke seluruh member ke seluruh indonesia,” jelas Rouli.

Komunitas Toyota harus jadi role model di masyarakat (Foto: Carmudi)

Soal perilaku negatif oknum anggota yang masih melekat di beberapa komunitas, Rouli menyebut bila komunitas yang bersangkutan mendapat suatu catatan khusus dari TAM. Komunitas itu, menurut Rouli harus bertanggung jawab atas ulah anggotanya yang melakukan pelanggaran.

“Jika ada member yg kurang baik muncul di sosial medja, jadi catatan di kita untuk review terhadap komunitasnya. Biasanya mereka datang sendiri ke TAM (untuk klarifikasi). kasus Fortuner di Anyer beberapa waktu lalu contohnya, pengurus komunitas membuat rencana penanggulangannya,” tuturnya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts