Tips dan Trik

Jangan Asal Pasang, Aksesori Bisa Menurunkan Performa Mobil

Memasang aksesori di mobil merupakan salah satu cara untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik dan beda dari yang lain. Namun, perlu diketahui memasang aksesori tidak boleh sembarangan, jika salah penggunaan dan penempatan bisa menyebabkan performa mobil menurun.

Apabila Carmudian ingin memasang aksesori di mobil, disarankan untuk membelinya yang asli atau OEM (Original Equpment Manufacturer) yang sesuai dengan standar pabrikan.

Aksesori Mobil

Spoiler atap mobil Suzuki Ertiga (Foto: Suzuki)

“Penggunaan aksesori harus mempertimbangkan faktor keamanan. Oleh karena itu, pilihan yang paling baik adalah dengan menggunakan aksesori resmi dari pabrikan,” ungkap Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), dalam keterangan reseminya, Senin (14/6/2021).

Christiana menambahkan, setidaknya ada lima pilihan aksesori asli yang direkomendasikan untuk bisa dipasang ke mobil supaya dapat meningkatkan penampilan, tanpa mengorbankan performa kendaraan. Berikut ini daftarnya.

Spoiler

Spoiler umumnya dipasang di bagian belakang mobil. Tujuannya untuk menambah estetika mobil agar terlihat lebih sporty.

Selain bisa mempercantik tampilan, spoiler juga memiliki fungsi sebagai penambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi.

Pemasangan spoiler yang benar dapat mengurangi potensi limbung dan menjaga agar mobil lebih terkendali.

Door Visor

Door visor merupakan aksesori tambahan yang cukup penting pada mobil. Kegunaannya sebagai talang air yang dapat menghindari air hujan masuk ke kabin saat kaca dibuka sedikit.

Aksesori mobil

Tampilan grill depan dengan warna hitam dan logo S. Foto/Carmudi Indonesia.

Gril

Gril memiliki rongga yang berfungsi untuk menyalurkan udara ke mesin supaya temperaturnya tetap stabil.

Selain itu, gril pada mobil juga dapat meningkatkan aerodinamika, sehingga memiliki performa yang konsisten.

Lampu Kabut

Fog lamp atau lampu kabut memiliki fungsi membantu pandangan pengemudi ketika tengah berkendara dalam kondisi hujan lebat.

Fog lamp dirancang untuk dapat mengimbangi kemampuan headlamp saat kondisi jarak pandang pengemudi terbatas.

Parking Sensor

Parking sensor mempermudah pengemudi saat hendak memarkirkan kendaraan, terutama di area sempit. Parking sensor akan mengeluarkan bunyi bila ujung mobil mendekati sebuah objek.

Pastikan komponen ini selalu bersih dan terbebas dari debu atau kotoran supaya sensor dapat berfungsi dengan baik.

Mobil Suzuki Terbaru 2021 Indonesia - Karimun Wagon R 50th

Foto: Suzuki

Pemasangan aksesori yang sesuai keinginan dan fungsi dapat dilakukan sendiri dan di bengkel resmi. Namun, lebih disarankan pemasangan dilakukan bengkel resmi untuk menghindarkan kesalahan instalasi, khususnya kelistrikan dan mesin.

“Penggunaan aksesori tambahan yang tepat dapat memperindah tampilan mobil. Namun, sebaiknya tetap gunakan aksesori dan komponen original yang kami sediakan melalui SGA agar terjaga keamanan dan kenyamanannya. Suzuki Indonesia juga sudah menghadirkan aplikasi khusus untuk mempermudah pelanggan belanja suku cadang dan aksesori resmi,” tutup Christiana Yuwantie.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts