Tips dan Trik

Jangan Asal Putar Gas, Ini Panduan Belajar Naik Sepeda Motor Matik

Belajar naik sepeda motor matik bisa dibilang lebih mudah ketimbang sepeda motor manual, karena pengendara tidak direpotkan dengan menekan tuas kopling atau mengganti gigi untuk menambah kecepatan. Bila menggunakan sepeda motor matik, cukup putar handle gas, maka kendaraan bisa langsung jalan.

Sepeda motor matik merupakan salah satu tipe kendaraan bermotor yang paling populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, sejak kemunculannya pamor sepeda motor manual mulai meredup.

Belajar sepeda motor matik

Belajar naik sepeda motor matik bagi pemula (Foto: YIMM)

Tingginya tingkat ketertarikan masyarakat terhadap sepeda motor matik dilandasi oleh berbagai faktor, satu di antaranya mudah untuk dikendarai, karena cukup dengan memutar handle gas saja.

Meski terbilang mudah, tapi ada beberapa batasan yang perlu diketahui oleh pengendara sepeda motor matik, terlebih bagi anda yang benar-benar baru atau pertama kali mengendarai sepeda motor tanpa gigi itu.

Sebab, jika salah atau asal memutar handle gas saja, bisa-bisa sepeda motor loncat dan dapat mencederai pengendara.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk belajar naik sepeda motor matik terlebih dahulu sebelum membawanya ke jalan raya.

Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat mengendarai sepeda motor matik, berikut ini panduan singkat belajar naik sepeda motor matik yang bisa Carmudian terapkan.

Warna Baru Mio S 2019 (Foto: YIMM)

Kenali Fungsi Perangkat Sepeda Motor Matik

Sebelum mesin dinyalakan, sebaiknya Carmudian mengetahui terlebih dahulu letak dan fungsi dari setiap perangkat yang ada di sepeda motor. Ini penting supaya tidak kagok ketika kendaraan sudah mulai berjalan.

Umumnya, sepeda motor matik memiliki tuas rem depan diposisi kanan dan rem belakang di posisi kiri. Tombol klakson, lampu sein, dan lampu utama biasanya berada di sebelah kiri. Sedangkan tombol starter untuk menghidupkan mesin sepeda motor posisinya di kanan.

Menghidupkan Mesin Sepeda Motor Matik

Untuk menghidupkan mesin sepeda motor matik, tekan tombol starter bersamaan dengan menekan tuas rem. Jika sudah menyala, lepas tuas rem secara perlahan dan pastikan jari-jari tangan menggenggam kuat handle gas.

Berkendara Sepada Motor Jarak Jauh

Usai berkendara sepeda motor jarak jauh sebaiknya langsung lakukan perawatan (Foto: YIMM)

Sebelum menyalakan mesin, jangan lupa melipat standar atau penyangga body sepeda motor bagian samping. Umumnya, mesin sepeda motor matik tidak akan menyala jika standar belum dilipat.

Kenali Karakter Sepeda Motor

Setelah mesin menyala, putar handle gas secara perlahan dan rasakan gerakan di roda. Biasanya sepeda motor matik akan berjalan agak lambat ketika handle baru diputar.

Kemudian coba lakukan pengereman secara halus agar lebih aman dan tenaga motor tidak mudah drop.

Gunakan kedua rem secara bersamaan agar dapat mengurangi kecepatan secara maksimal terutama saat melewati jalan menurun.

Berkendara Sepeda Motor

Menghindari Potensi Bahaya Saat Berkendara sepeda motor di Musim Hujan (Foto: YIMM)

Kemudian jaga putaran mesin terutama saat hendak mendahului dan melewati jalan menanjak.

Sebagai tambahan, selama belajar, disarankan mengajak teman yang sudah mengerti atau terbiasa menggunakan sepeda motor matik.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *