HomeBeritaJangan Heran, Sekarang Wajah Mitsubishi Delica Terbaru Mirip Xpander

Jangan Heran, Sekarang Wajah Mitsubishi Delica Terbaru Mirip Xpander

Mitsubishi Delica (Foto: Indianautosblog)

Tokyo – Aroma kedatangan Mitsubishi Delica terbaru memang sudah tercium sejak beberapa bulan lalu, ketika pabrikan berlambang tiga berlian itu kedapatan tengah mengujinya. Seiring berjalannya waktu, akhirnya wajah baru dari Delica tersebar di dunia maya.

Bahkan media otomotif lokal di Jepang berhasil mendapatkan foto Mitsubishi Delica terbaru yang tengah digendong truck. Kemungkinan besar Mitsubishi mulai mendistribusikannya ke dealer.

Lewat foto tersebut tampak jelas wajah Mitsubishi Delica terbaru berubah total dari sebelumnya. Jika diperhatikan secara sekilas, wajahnya mirip dengan Mitsubishi Xpander, apalagi pada desain lampu dan bumper. Hal itu wajar mengingat saat ini Mitsubishi tengah menerapkan bahasa desain Dynamic Shield untuk setiap model baru yang akan keluar.

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) ini sudah menggunakan lampu senja LED, lampu kabut di sisi-sisi dudukan pelat mobil. Kemudian fasia depan berbentuk X dengan kisi-kisi grille yang menonjol dan posisi lampu depan baru memberikan gaya yang sangat agresif pada MPV kotak satu ini. Pada bagian samping Mitsubishi juga telah mendesain ulang bentuknya termasuk rangka kaca mobil.

Generasi terbaru Mitsubishi Delica akan menggunakan mesin baru yang dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Untuk diketahui model sebelumnya Delica dibekali mesin diesel 4N14 berkapasitas 2,2 litre, mesin bensin 4B12 2,4 litre, dan 4J11 2.0-litre. Kemungkinan besar Mitsubishi Delica terbaru mulai dijual di Jepang bulan depan. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog.

Mitsubishi Delica Sudah Tidak Dijual di Indonesia

Mitsubishi Delica dibawa masuk ke Indonesia oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Umurnya di Indonesia terbilang sangat singkat. MMKSI mulai memasarkannya secara resmi pada 2014, lalu menambah varian baru di tahun berikutnya.

Namun karena respons masyarakat Indonesia terhadap Delica kurang bagus maka perusahaan memutuskan untuk berhenti mengimpornya dari Jepang sejak awal 2018.

“Delica sudah enggak jualan. Karena ada faktor dari prinsipal juga, di mana memang produk itu sebetulnya untuk domestik Jepang, jadi satu dan lain hal juga memang kalau dari market size-nya tidak terlalu besar di Indonesia,” ujar Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro belum lama ini.

Bila seandainya Delica terbaru sudah meluncur di Jepang, Irwan belum bisa memastikan pihaknya bakal menghidupkan kembali Delica dengan membawa masuk model terbaru ke Indonesia. “Kita lihat saja nanti,” katanya singkat.

Baca juga: Terungkap, Ternyata Ini Alasan Mitsubishi Berhenti Jual Delica di Indonesia

Berdasarkan data penjualan wholesales (pabrik ke dealer) yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat pesaing Toyota Vellfire, Nissan Serena, dan Honda Odysssey itu hanya mengirim sebanyak 171 unit ke dealer pada 2017. Angka tersebut turun drastis dibanding 2016 sebesar 312 unit.

POS 2015
Mitsubishi Delica (Foto: Carmudi)

Selama semester satu (Januari-Juni) 2018, total Mitsubishi Delica yang dikirim ke dealer sebanyak 28 unit. Pengiriman tertinggi terjadi pada Januari yaitu sebesar 25 unit. Walaupun sudah berhenti menjual Mitsubishi Delica, tapi website resmi MMKSI masih memajangnya. Di situ tertera Mitsubishi Delica tersedia dalam dua varian yaitu Royal seharga Rp457 juta, dan Royal Rp457 juta.(dol)

Hyundai i10
Previous post
Generasi Hyundai i10, Transformasi City Car Jadi Mobil Beraura Crossover
Next post
Industri Otomotif di Indonesia Berkembang Pesat, Ini Buktinya