Home » Tips dan Trik » Jangan Kebawa Nafsu, Ini Cara Bijak Beli Mobil Melalui Lelang

Jangan Kebawa Nafsu, Ini Cara Bijak Beli Mobil Melalui Lelang

Balai lelang Auksi (Foto: Auksi)

Jakarta – Beli mobil bekas dengan mengikuti lelang di balai lelang menjadi salah satu alternatif yang cukup menarik. Sebagian orang berpendapat jika beruntung maka konsumen akan mendapatkan mobil dengan harga terjangkau bahkan jauh di bawah harga pasaran.

Ada beragam mobil yang ditawarkan oleh balai lelang, tipe dan tahun pembuatannya pun bermacam-macam. Umumnya konsumen yang ikut lelang ingin mendapatkan mobil dengan harga miring walaupun kondisi mobil seadanya.

Biasanya fenomena yang sering sekali terjadi saat lelang mobil diadakan, banyak konsumen yang terbawa nafsu karena terlalu semangat melakukan tawaran terhadap kendaraan yang sudah menjadi incarannya. Akibatnya harga mobil yang didapat bisa saja lebih tinggi dari pasaran.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini pemaparan singkat mengenai tips beli mobil melalui lelang sebagaimana disampaikan oleh Bady Qadarsyah, Head of Operation PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (balai lelang Auksi).

1. Ketahui unit yang akan dibeli

Sebelum mengikuti lelang mobil sebaiknya konsumen terlebih dahulu menetapkan mobil jenis apa dan tipe yang ingin dibeli. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya perubahan pilihan ketika berhadapan dengan begitu banyaknya mobil yang akan di lelang.

“Jadi kita sudah harus tahu apa yang mau kita beli dan mantabkan hati supaya enggak berubah-ubah. Karenan biasanya di balai lelang itu jumlah unit mobil yang dilelang banyak sekali lebih dari 50 unit. Kalau konsumen enggak mantapkan hati bisa saja berpaling ke model lain dan tidak fokus. Jadi memang harus yakin dahulu dengan mobil, tipe dan tahun,” ungkap Bady saat Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (12/8/2020).

2. Harga pasaran

Apabila sudah menentukan mobil yang ingin dibeli, tidak ada salahnya Anda mengecek harga pasaran baik itu lewat website jual beli mobil, maupun pedangan mobil bekas. Tujuannya supaya Anda bisa memberikan batasan harga ketika terjadi tawar menawar dengan konsumen lain.

“Harus tahu harga pasaran di luar, agar itu bisa menjadi patokan dilelang. Karena di balai lelang itu terutama di Indonesia kebanyakan masih menggunakan cara konvensional. Dengan begitu sangat memengaruhi emosi dan psikologis konsumen. Kadang-kadang jadi suka terbawa nafsu, jadi akhirnya harganya bisa jauh dari yang kita batasi,” terang Bady.

3. Pilih balai lelang dengan kredibilitas yang baik

Menurut Bady saat ini ada banyak sekali balai lelang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tapi tidak semuanya resmi. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk membeli mobil melalui jalur lelang sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mana balai lelang resmi dan non resmi.

“Karena banyak sekali pihak terutama di internet yang mengaku-ngaku balai lelang. Jadi kita harus benar-benar cari balai lelang yang besar, memiliki krebidilitas atau badan hukum. Satu lagi, balai lelang yang resmi pasti punya pool atau garasi besar untuk meyimpan unit lelang,” terang dia.

Balai lelang Auksi (Foto: Auksi)

4. Pilih dan lakukan pengecekan, jangan fokus terhadap satu mobil

Tidak hanya menentukan mobil dan tipe yang diinginkan, Anda juga perlu mengecek secara langsung fisik mobil. Sebab di balai lelang kondisi mobil apa adanya. Pengecekan dimaksudkan supaya Anda tidak kecewa apabila mobil berhasil didapat.

“Jadi betul-betul butuh ketelitian dari para konsumen, ketika kita tidak teliti jadilah kesalahan. Ketika tidak yakin lebih baik jangan menawar, tapi kalau kita sudah yakin silahkan lakukan penawaran. Kalau tidak mengatahui objek yang dilelang ada baiknya cari pendamping atau teman yang mengerti objek yang akan dilelang,” imbuh Bady.

5. Pahami tata cara lelang dan minta penjelasan dari panitia lelang

Ketika mengikuti lelang, Anda akan diwajibkan mengeluarkan uang tunai sebesar Rp5 juta. Uang tersebut akan dijadikan deposit sebagai tanda Anda merupakan peserta lelang. Satu deposit bisa dipakai untuk melakukan penawaran berkali-kali, asalkan Anda belum berhasil mendapatkan mobil.

Apabila mobil yang ditawar berhasil Anda dapatkan maka deposit tidak bisa digunakan lagi untuk menawar mobil berikutnya. Artinya Anda harus kembali mengeluarkan uang Rp5 juta.

Apabila sampai akhir acara lelang Anda tidak berhasil mendapatkan mobil, maka uang deposit akan dikembalikan sepenuhnya oleh perusahaan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: 

Mumpung Ada Diskon, Segera Servis Mobil ke Bengkel Resmi Mazda

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Previous post
Kabar Baik! Distribusi Mobil Baru Daihatsu ke Diler Meningkat Tajam
Next post
Tilang Elektronik untuk Sepeda Motor di Depok Mulai Berlaku