Home » Berita » Jangan Lupa, Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran

Jangan Lupa, Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran

Layanan Service Super Cepat (SSC) Daihatsu untuk perawatan mobil pasca mudik Lebaran

Jakarta – Pada hari raya Idul Fitri beberapa pekan lalu, masyarakat ibukota ramai-ramai melakukan mudik ke kampung halaman. Sebagian dari warga ibukota melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Usai digunakan menempuh perjalanan jarak jauh, Carmudian wajib melakukan perawatan mobil untuk menjaga kondisi supaya tetap prima.

Perawatan ini meliputi pengecekan beberapa komponen kendaraan. Perjalanan mudik lebaran tentunya lumayan menyiksa mobil dengan berbagai kondisi jalan. Bila melakukan penanganan khusus yang sulit dilakukan sendiri, Carmudian bisa melakukan penggantian komponen di bengkel resmi atau bengkel langganan.

“Pelanggan dapat menjaga kendaraan agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. Untuk itu, Anda dapat mempercayakan kendaraan ke bengkel resmi terdekat agar pengecekan kendaraan lebih maksimal karena ditangani oleh mekanik handal,” ucap Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melalui keterangan resminya.

Ada empat aspek pada kendaraan yang perlu diperiksa setelah dipakai mudik. Bagian-bagian ini perlu mendapat perhatian khusus karena bekerja ekstra keras. Berikut ini beberapa bagian yang perlu diperiksa:

Pemeriksaan Oli Mesin

Cairan ini seperti darah dalam tubuh manusia. Oli tidak hanya melumasi mesin tetapi juga membersihkan komponen logam dari kotoran dan sisa-sisa gesekan besi. Saat perjalanan mudik, mesin akan bekerja lebih lama dibanding hari biasa.

Bahkan, tingginya suhu mesin dalam waktu lama berpengaruh pada kekentalan oli. Kondisi ini juga bisa membuat volume oli berkurang akibat penguapan. Periksa sisa oli mesin dari dipstick, apabila hanya berkurang sedikit maka bisa ditambah lagi dengan oli baru sampai batas maksimal.

Namun apabila volume oli banyak berkurang, maka sebaiknya diganti sekalian karena sisa oli yang ada kualitas pelumasannya sudah jauh menurun. Waspadai juga adanya kebocoran akibat paking atau seal yang getas atau rusak akibat terkena suhu tinggi dalam waktu lama.

Untuk menghindari adanya kebocoran, periksa seluruh bagian mesin sampai ke kolong. Pastikan tidak ada rembesan atau tetesan oli dari bagian mesin.

Perawatan Kaki-kaki dan Rem Mobil

Pemeriksaan kaki-kaki dan rem pasca perjalanan jauh

Perjalanan antar kota biasanya melewati medan jalan yang bervariasi. Tak melulu mulus seperti ketika melewati jalan tol. Kadang, sering ditemui jalan berlubang atau bergelombang. Ini membuat bagian kaki-kaki ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan.

Perawatan mobil di bagian kaki-kaki termasuk penting karena berpengaruh pada kenyamanan dan pengendalian. Selagi sempat, periksa kondisi shockabsorber, lower-arm. Pastikan tidak ada tetesan oli akibat seal bocor. Jangan lupa periksa kembali keausan ban beserta tekanan angin.

Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman. Kerja rem semakin berat dan risiko aus semakin besar. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik dan volume minyak rem di atas batas minimum.

Apabila ketebalan kampas rem sudah mencapai batas minimumnya, sebaiknya ganti dengan yang baru. Saat pemeriksaan ini, jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.

Perawatan Interior dan AC Mobil

Usai melakukan perjalanan jauh, kabin bisa lebih kotor dari biasanya. Aroma tak sedap dari luar semakin sering masuk ke kabin mobil. Akibatnya, saringan udara bisa lebih cepat kotor dan kabin mobil semakin kurang nyaman.

Maka dari itu, perawatan interior mobil juga tak kalah penting. Bersihkan secara menyeluruh sisa makanan dan minuman dari kursi dan lantai. Setelah itu, jangan lupa bersihkan saringan udara AC agar kualitas udara kabin kembali bersih dan segar.

Previous post
Berita Sepekan Carmudi: Dari Nissan Juke Listrik, Hingga KemenPUPR Desain Parkir Tol Baru
MotoGP Catalunya
Next post
MotoGP Catalunya, Marquez Bilang Lorenzo Nggak Terkendali