Berita Mobil Sumber informasi Tips dan Trik

Jangan Salah, Mobil Terendam Banjir Asuransinya Beda

Penulis: Dony Lesmana

Jakarta – Musim hujan diikuti dengan musim banjir, biasanya seperti itu yang terjadi di kota-kota besar, apalagi drainasenya yang buruk. Nah, bagi pemilik kendaraan khususnya mobil harus waspada. Sudahkah mobil Anda diasuransikan?

Biasanya ada beberapa para pemegang polis asuransi yang lupa, kalau mobil mereka belum diberikan perluasan jaminan (extended cover). Seperti bencana banjir atau angin puting beliung, terorisme atau lainnya. Jadi ketika mereka akan mengajukan klaim bisa saja ditolak, ini sering kali terjadi.

“Karena dalam ketentuan polis mereka tidak ada perlindungan ketika terjadi banjir, ya otomatis di tolak dong,” ujar Manager Communication and Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto, Selasa (10/10).

Saat memasuki musim hujan awal tahun Iwan menambahkan para pemilik mobil yang sudah mengasuransikan mobilnya dianjurkan untuk memeriksa kembali jenis perlindungannya.

Lihat Kembali Perlindungan yang Diberikan

Bagi pemilik mobil yang sudah atau baru akan mengasuransikan mobilnya, ada baiknya tahu beberapa hal-hal penting mengenai asuransi.

Iwan menuturkan, pemilik mobil yang akan membeli asuransi atau sudah memiliki asuransi namun ingin melakukan perluasan jaminan, cek kembali atau tentukan dahulu jenis perluasan jaminan. Apa yang akan di-cover asuransi pada mobil, apakah comprehensive atau total loss only.

Jangan lupa perhatikan perluasan jaminan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi. Apakah sudah termasuk kerugian akibat banjir, tsunami, angin topan, tanah longsor, kerugian akibat huru-hara, tanggung jawab hukum pihak ke-3 atau kerugian yang lain.

“Apakah asuransi akan meng-coverkerugian-kerugian tersebut? Perluasan jaminan ini bisa diminta dan tanyakan kepada petugas asuransi saat membeli polis,” tambah Iwan.

Sebaiknya para pemilik mobil memahami bentuk perlindungan dari asuransi mobil mereka. Serta  juga mengerti tentang apa saja yang menjadi kewajiban dan manfaat yang akan mereka dapatkan.

Anda tidak perlu khawatir lagi ketika menghadapi kondisi darurat seperti banjir yang dapat tiba kapan saja.

Editor: Dony Lesmana

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/