HomeMobilJangan Terkecoh Harga, Ini Tipe Honda HR-V yang Layak Dibeli

Jangan Terkecoh Harga, Ini Tipe Honda HR-V yang Layak Dibeli

honda hr-v

JakartaHonda HR-V masuk ke dalam segmen crossover dan cukup laris di pasar Indonesia karena punya tampilan yang mewah dan elegan.

Selain itu, ukurannya yang kompak menjadi alasan lain mengapa banyak orang membeli Honda HR-V.

Buat yang belum tahu, nama HR-V sendiri merupakan kependekan dari Hi-rider Revolutionary Vehicle. Ada juga sebagian orang menyebutnya dengan sebutan Hip and Smart Runabout Vehicle.

Mobil ini sendiri dirilis sebagai jawaban atas permintaan untuk mobil dengan kemampuan mirip sebuah SUV.

Di Indonesia, ada 5 tipe yang ditawarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada HR-V ini. Dari semua tipe ini, ternyata ada satu tipe yang cukup kami rekomendasikan untuk dibeli.

Tipe Honda HR-V di Indonesia

Seperti yang dijelaskan di atas, ada 5 tipe yang ditawarkan oleh Honda pada HR-V ; 1.5 S MT, 1.5 S CVT, 1.5 E CVT, 1.5 E CVT Special edition, dan 1.8 Prestige.

Kelimanya juga memiliki perbedaan di bagian interior, eksterior dan juga harga. Tipe 1.8 Prestige menjadi tipe termahal dengan harga jual mencapai Rp415,7 jutaan.

honda hr-v
HR-V Menjadi Mobil Honda Paling Laris di Indonesia (Foto HPM)

Sedangkan tipe termurahnya, 1.5 S MT dijual dengan harga Rp297 jutaan.

Daftar Harga Honda HR-V 2020

Berikut ini daftar harga Honda HR-V periode Oktober 2020 (OTR Jakarta).

  1. HR-V 1.5 S MT: Rp297 jutaan
  2. HR-V 1.5 S CVT: Rp307 jutaan
  3. HR-V 1.5 E CVT: Rp331,2 jutaan
  4. HR-V 1.5 E CVT Special Edition: Rp348,3 jutaan
  5. HR-V 1.8 Prestige: Rp415,7 jutaan

Pilihan Warna

Warna yang tersedia cukup banyak untuk mobil 5 penumpang ini. Pilihan warna Honda HR-V antara lain Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl, dan Dark Olive Metallic.

Sementara untuk tipe 1.8 punya 2 warna tambahan, yakni White Orchid Pearl Two Tone dan Brownish Amethyst Metallic.

Rekomendasi Tipe Honda HR-V

Jika melihat harga Honda HR-V, sebenarnya memang mobil ini masuk kategori cukup mahal karena sudah di atas Rp250 juta.

honda hr-v

Apalagi harga Honda HR-V ini sudah mencapai lebih dari Rp300 jutaan dan yang tertinggi malah sudah mencapai Rp400 jutaan.

Jika boleh menyarankan, kami sangat merekomendasikan untuk membeli Honda HR-V tipe S CVT.

Nah, apa alasan kami rekomendasikan Honda HR-V tipe itu?

Harga

Sebagai pembeli mobil faktor harga jelas menjadi hal yang sangat menentukan. Tidak semua orang memiliki bajet yang sama dalam membeli mobil.

Harga Honda HR-V tipe S CVT ini hanya terpaut Rp3 jutaan dibanding tipe terbawahnya. Dengan perbedaan hanya Rp3 juta maka kamu sudah mendapatkan transmisi otomatis.

Tipe lain yang direkomendasikan untuk dibeli adalah tipe E CVT. Sayang, selisih harganya cukup tinggi, mencapai Rp25 jutaan dengan tipe S CVT. Tapi, apa perbedaan antara kedua tipe tersebut?

Perbedaan Honda HR-V S CVT dan E CVT

Perbedaan pertama adalah perbedaan fitur. Fitur S CVT cenderung lebih sedikit dibanding tipe E. Beberapa fitur yang tidak ada di tipe S adalah kamera mundur, tweeter speaker, one push ignition system, tombol audio steering, paddle shift, cruise control dan AC auto.

Lalu untuk head unit tipe S berukuran 6,2 inci sementara tipe E memakai 8 inci. Pada tipe S head unitnya belum bisa digunakan untuk smartphone connection atau mirroring. Sementara tipe E sudah bisa untuk mirroring.

Selain itu, perbedaan lain yang bisa ditemui adalah bahan pelapis jok. Jok tipe S CVT masih memakai model fabric. Sementara tipe E CVT sudah memakai semi kulit.

honda hr-v
Interior Honda HR-V banjir dengan fitur kekikinian. Foto/Carmudi.

Bagaimana dengan fitur keselamatan?

Keduanya punya fitur keselamatan yang sama. Baik tipe S dan tipe E sudah dibekali HSA, VSA, ESS, adaptive power steering, brake override system maupun ISOFIX & Theter.

Sementara itu perbedaan lain yang bisa dilihat antara kedua tipe tersebut ada di bagian fitur keamanan. Tipe S masih memakai model anak kunci, sementara tipe E sudah memakai smart key.

Lalu smart key pada tipe S belum dilengkapi dengan smart entry system. Sementara tipe E sudah dilengkapi dengan smart entry system.

Mesin Sama

Soal kapasitas mesin, kedua tipe tidak memiliki perbedaan. Keduanya memakai mesin 1.497 cc, 4 silinder, drive by wire.

Tenaga yang bisa dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 118 hp dengan torsi maksimal 145 Nm. Performanya pun bisa dibilang cukup untuk digunakan di jalanan perkotaan.

Selain mesin, suspensi yang dipakai di kedua tipe tersebut juga sama persis. Keduanya memakai suspensi MacPherson strut di depan dan H-Shape torsion beam di belakang.

mesin honda hr-v

Bahkan sistem pengeremannya pun juga sama, depan memakai ventilated disc dan belakang memakai solid disc. Selain itu, pelek dan ukuran ban yang dipakai juga sama.

Memakai pelek 17 inci dengan ban 215/55. Selebihnya, sama antara kedua tipe yang sudah dijelaskan. Nah, bagi kamu yang mau membeli Honda HR-V sebaiknya tentukan pilihan tipe dengan baik.

Tapi kalau bujet mencukupi, tidak ada masalah kalau membeli tipe teratas sekalipun.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Honda HR-V Terbaru Sedang Disiapkan, Kepergok Tengah Diuji Coba

Previous post
Suzuki Carry Futura, Pelopor Minibus Modern Serba Bisa dari Suzuki
Bakar Mercedes-AMG GT 63 S
Next post
Kelewat Sadis, Vlogger Asal Rusia Bakar Mercedes-AMG GT 63 S