HomeBeritaJatah Suzuki Jimny untuk Satu Tahun Telah Habis Terpesan

Jatah Suzuki Jimny untuk Satu Tahun Telah Habis Terpesan

Suzuki Jimny Sierra (Foto: Indianautosblog)

Tokyo – Suzuki Jimny terbaru melakukan debut dunia di Jepang pada Juli 2018. Siapa sangka kemunculannya membuat Suzuki Motor Corporation kewalahan. Pasalnya animo masyarakat Jepang terhadap mobil legendaris Suzuki itu sangat tinggi sekali.

Salah seoarang sumber yang dekat dengan perusahaan membeberkan bahwa sampai saat ini total konsumen yang sudah melakukan pemesanan Jimny terbaru sangat banyak, bahkan sudah melewati target.

Diberitakan Yahoo Jepang dikutip ulang oleh Indianautosblog, pada saat peluncuran mobil, Suzuki menetapkan target penjualan sebanyak 15.000 unit Jimny terbaru untuk tahun pertama penjualan di Jepang.

Namun pada kenyataannya total pesanan Suzuki Jimny dan Jimny Sierra 2018 telah melampaui target penjualan tahunan. Menurut sumber yang sama menuturkan pesanan telah melewati angka 15.000 unit dalam 30 hari sejak peluncuran.

Tentunya pencapaian positif itu membuat Suzuki kaget, sebab pasca kemunculan Jimny, Suzuki sama sekali tidak mengejar volume penjualan. Akibat terlalu menganggap remeh jumlah permintaan, maka Suzuki harus mengebut produksi Jimny terbaru.

Selain itu yang tidak kalah mirisnya adalah pelanggan yang sudah memesan kendaraan dan calon pelanggan harus rela menunggu lama untuk mendapatkan kunci dan mobil mereka.

Suzuki Jimny Diproduksi Lokal di Jepang

Generasi ke empat dari Suzuki Jimny akan diproduksi di pabrik Kosai, Berbeda dari model sebelumnya yang dibangun di pabrik Iwata. Suzuki sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan produksi, tetapi pelaksanaannya baru akan dilakukan tahun depan.

Jika peningkatan produksi dilakukan saat ini juga, ada kemungkinan bisa membuat pengeluaran perusahaan bertambah. Suzuki memprediksi permintaan tinggi hanya terjadi ketika mobil baru diluncurkan, tetapi lama kelamaan pelanggan yang melakukan pemesanan berangsur-angsur akan mengalami penurunan. Hal itu dilakukan Suzuki untuk mengantisipasi menumpuknya stok Jimny di dealer resmi.

Suzuki Jimny Sierra
Suzuki Jimny Sierra (Google)

Suzuki Jimny 2018 masuk dalam kategori kei car yang ditujukan untuk pasar di Jepang saja. Sedangkan Suzuki Jimny Sierra 2018 adalah versi yang lebih besar, lebih kuat, yang tidak dibatasi oleh aturan-aturan kei car.

Suzuki Jimny 2018 memiliki panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.725 mm. Sumber tenaganya berasar dari mesin bensin R06A 0,66 liter tiga silinder yang menghasilkan 64 PS dan 96 Nm torsi. Sedangkan Suzuki Jimny Sierra 2018 mempunyai panjang tubuh sekira 3.550 mm, lebar 1.645 mm dan 1.730 tinggi.

Khusus Jimny Sierra dibekali dengan mesin bensin empat silinder K15B 1.5 liter yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sekuat 102 PS dan torsi puncak 130 Nm. Pilihan transmisi untuk keduanya yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan otomatis. Tersedia sistem penggerak empat roda (4WD) sebagai fitur standar.

Kedua model Jimny tersebut memiliki wheelbase 2.550 mm. Jimny menawarkan 205 mm ground clearance, sementara Jimny Sierra memiliki ground clearance yang sedikit lebih tinggi sekira 210 mm.

Pernah Dipamerkan di Indonesia

Awal Agustus bersamaan dengan pameran otomotif GIIAS 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan Suzuki Jimny Sierra. Kehadirannya mampu menyedor perhatian pengunjung GIIAS waktu itu. Suzuki hanya ingin tes pasar dan melihat animo konsumen seandainya SUV ini kembali ke Indonesia.

Mobil Suzuki
Penggemar jip penasaran dengan harga Suzuki Jimny di GIIAS 2018 (Foto: Carmudi)

“Saat ini kami masih mempertimbangkan peluncurannya di Indonesia. Melalui display ini kami ingin mendengar pendapat dari bapak-ibu sekalian,” ujar Seiji Itayama, President Director PT SIS, disela acara perkenalan Suzuki Jimny Sierra di arena GIIAS.(dol)

Honda Sonic 150R
Previous post
Masalah yang Kerap Ada di Honda Sonic, Ini Solusinya
V-Belt
Next post
Penjualan Sepeda Motor Matik Meningkat, Kualitas Komponen V-Belt Diperbaiki