Berita Sepeda motor

Jawaban AHM Terkait Knalpot Aftermarket Palsu di All New Honda PCX

Honda PCX dengan Knalpot Aftermarket (Foto: Carmudi)

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini, jagat media sosial dihebohkan dengan viralnya postingan dari Sphinx Motorsport. Distributor knalpot Akrapovic di Indonesia itu menyebut bila knalpot aftermarket yang digunakan saat launching Honda PCX beberapa waktu lalu bukan produk mereka.

Beredarnya informasi ini bahkan memunculkan isu bahwa PT Astra Honda Motor selaku produsen Honda PCX memasang barang tiruan untuk display karya modifikasi. Pihak AHM kemudian melakukan klarifikasi soal emblem yang terpasang di knalpot PCX versi modifikasi bila itu adalah sebuah kesalahan pemasangan emblem.

“Dalam pengerjaannya, terjadi kesalahan pemasangan emblem. Tim teknis kami memasang emblem Akrapovic yang seharusnya tidak dipasang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, terutama untuk Sphinx Motorsport sebagai distributor resmi Akrapovic,” ujar Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor.

Adapun kesalahan tidak hanya terdapat dalam emblem di knalpot. Papan spefikasi yang terpasang di samping display juga menyatakan bila knalpot itu produk Akrapovic. Dalam versi modifikasi tersebut, AHM mengklarifikasi bila Honda PCX memakai produk knalpot aftermarket buatan Yoshimura.

“Jadi memang speknya dibuat setelah motornya sudah difinishing yang pagi. Waktu buat di spek itu lihat visual di motornya, tulisannya tertanamnya akrapovic. jadi di spek stand itu memang kesalahan di emblem, akhirnya berpengaruh di spek stand,” ungkap PR Manager AHM, Rina Listiani saat dihubungi Carmudi.

Knalpot Aftermarket dan Aksesoris Asli di Honda PCX

Knalpot Aftermarket (Foto: Carmudi)

Setiap peluncuran produk terbaru, AHM biasanya ikut memajang produk yang sudah dimodifikasi. Motor biasanya didandani dengan produk aftermarket yang tersedia di Indonesia.

Dalam memasang display produk dengan aksesoris aftermarket, Rina juga menegaskan bila mereka memakai barang yang asli. Ini sekaligus membantah isu yang menyebut bila mereka memakai Yoshimura imitasi dalam display Honda PCX yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

“Salah pasang emblem sih, aslinya Yoshimura, rumah modif yang garap. Yang benar itu Yoshimura dan itu asli. Kita nggak pernah modif pakai yang KW atau palsu,” tambah Rina.

Namun, meskipun sanggahan sudah diberikan pihak AHM ada beberapa pendapat warganet yang sangsi dengan keaslian knalpot ini. Pertanyaan mendasar adalah kenapa emblem harus di pasang lagi atau salah pasang? Biasanya membeli produk baru, emblem sudah terpasang.

Ini menjadi pelajaran berharga bagi AHM kedepannya, terutama untuk produk baru yang dimodifikasi resmi pabrikan. Dimana biasanya menggunakan referensi produk after market. (dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts