Berita

Jeep Wrangler Tiruan Buatan China Resmi Diluncurkan

Jeep Wrangler Tiruan diberi nama BJ40 Plus

Jeep Wrangler Tiruan diberi nama BJ40 Plus (Foto: Rushlene)

IslamabadJeep Wrangler tiruan buatan China resmi diluncurkan di Pakistan. Ini bukan kali pertama pabrikan otomotif asal China meniru desain bahkan fitur dari salah satu mobil ternama yang sudah dipasarkan. Beberapa pabrikan otomotif di sana memang gemar meniru dan menjualnya dengan harga jauh lebih murah dari mobil aslinya.

Diberitakan Rushlane, Jeep Wrangler tiruan itu merupakan hasil racikan BAIC dengan nama BJ40 Plus.

Secara keseluruhan, eksterior BJ40 Plus dan Wrangler sangat mirip sekali, terutama di bagian samping dan belakang. Begitu juga dengan tampilan bagian kabin juga tampaknya sangat terinspirasi dari konsep minimalis namun mewah milik mobil asal Amerika Serikat tersebut.

Meski tiruan, ada beberapa bagian yang sengaja dibuat beda dari Jeep Wrangler. Bagian depan mobil misalnya, bukan logo Jeep yang terpampang di kap mesin melainkan nama perusahaan pembuat BJ40 Plus.

Gril dan desain bumpernya juga tampil berbeda, bahkan tidak enak dipandang karena terkesan terlalu dipaksakan desainnya.

Fitur dan Mesin BAIC BJ40 Plus

Jeep Wrangler Tiruan diberi nama BJ40 Plus

Jeep Wrangler Tiruan diberi nama BJ40 Plus (Foto: Youtube/PakWheels)

Sama seperti Jeep Wrangler yang asli, BJ40 hadir dengan dua pilihan varian atap yaitu soft top dan hard top.

Wrangler tiruan versi hard top dapat dilepas dengan mudah, sehingga dapat digunakan sebagai tambahan ruang bagasi mobil terutama untuk barang yang berukuran besar dan tinggi. Bisa juga dimanfaatkan untuk memperluas pandangan ke arah luar mobil.

Tak cuma atap saja, pintu BAIC BJ40 Plus juga bisa dilepas, namun tidak diketahui butuh berapa lama untuk memasangnya kembali.

Kabinnya tampak mewah karena telah dibekali dengan berbagai fitur kenyamanan. BAIC BJ40 Plus dilengkapi dengan sistem hiburan berupa head unit layar sentuh mengambang, cluster instrumen serba digital, dan speaker berkualitas.

Interior BJ40 Plus

Interior BJ40 Plus (Foto: Youtube/PakWheels)

Fitur lainnya yang tidak kalah menggoda yaitu tombol start-stop untuk menghidupkan mesin, rem parkir elektrik, dan banyak lagi.

Menariknya, lingkaran ventilasi udara (kisi-kisi AC) menyertakan logo BAIC dalam desainnya.

Bicara soal mesin jelas sangat berbeda dengan Wrangler, BAIC menawarkan BJ40 Plus dalam dua pilihan.

Pilihan pertama mesin bensin 2.0 liter turbocharged yang dikawinkan dengan transmisi otomatis. Pilihan kedua mesin diesel 2.0 liter turbocharged dengan transmisi manual 6 percepatan.

Menambah kesan tangguh, Jeep Wrangler tiruan ini sudah dibumbui oleh sistem penggerak 4×4. Dengan begitu kendaraan berukuran cukup besar ini mampu diandalkan di berbagai permukaan jalan baik itu on-road maupun off-road.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Honda CR-V PHEV Resmi Diperkenalkan, Dijual Mulai Tahun Depan

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts