Modifikasi

Jenis Sarung Jok Mobil Beragam, Kenali Dulu Biar Enggak Asal Pasang

jenis sarung jok mobil

Memilih bahan kulit sintetis untuk jok mobil (Foto: MBtech)

Jakarta – Jenis sarung jok mobil sebenarnya ada banyak. Biasanya para pemilik mobil baru mengganti atau memasangnya supaya jok bawaan tidak cepat rusak.

Cara ini jadi cara yang paling mudah dalam menjaga kondisi jok mobil bawaan pabrik. Tapi bagi mereka yang apik, biasanya mereka akan malas memasangkan cover jok mobil secara permanen atau semi permanen.

Alasannya tak lain karena pemasangan sarung jok mobil ini bisa mengurangi nilai estetika dan kenyamanan berkendara.Sarung jok mobil yang didapatkan dari diler biasanya cukup jelek dan kurang nyaman diduduki.

Nah, sebelum mengganti atau memasangnya kenali dulu jenis sarung jok mobil yang ada di pasaran. Tidak sedikit yang bingung menentukan pilihan saat ke bengkel interior karena banyaknya jenis.

jok mobil

Jok mobil berbahan kulit (Fransiscus Rosano/Carmudi)

Bukan hanya jenis, harga sarung jok mobil juga bervariasi sesuai dengan kualitas bahan yang digunakan.

Lalu, ada jenis sarung jok mobil apa saja? Biar kamu tidak bingung, coba simak dulu beberapa macamnya, nih.

Model Sarung Jok Mobil

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk melapisi jok. Perlu diketahui, ada dua macam metode yang ditawarkan; permanen dan semi permanen.

Untuk permanen, jok bawaan aslinya akan dilepas dan diganti dengan bahan yang telah ditentukan. Cara ini dinilai jadi cara terakhir ketika mengganti sarung jok mobil.

Pecinta mobil sejati biasanya sangat menghindari metode ini. Selain merusak keaslian mobil, jenis bahan yang dipilih dan pemasangan metode permanen belum tentu masuk di selera semua orang.

jenis sarung jok mobil

Jenis sarung jok mobil metode permanen.

Sedangkan untuk semi permanen, biasanya hanya menggunakan bungkus yang bisa dibuka kapan saja. Jadi, bahan jok aslinya tidak dilepas, melainkan hanya dilapisi saja dengan bahan yang dipilih.

Cara ini jadi cara yang paling banyak dan paling sering dilakukan. Tujuannya supaya jok bawaan mobil tetap terjaga dan tidak rusak. Kalau bosan, pemilik mobil tinggal melepasnya saja, deh.

Jenis-jenis Sarung Jok Mobil

Ada beberapa bahan yang bisa dipilih sebelum mengganti bahan jok mobil. Biasanya bahan jok ini terdiri dari 5 macam.

  • Kulit asli
  • Kulit sintetis premium
  • Kulit sintetis
  • Semi kulit
  • Kain atau fabric

Kelima bahan tersebut jelas punya harga yang berbeda-beda. Namun yang paling banyak diburu orang adalah model kulit semi sintetis.

Harganya yang cukup murah dibanding bahan lainnya jadi alasan utama. Selain itu bahan kulit sintetis juga dinilai tidak membutuhkan perawatan.

Kalau kotor, hanya cukup dilap dengan kain basah pun sudah bisa. Berbeda dengan bahan lain, terutama bahan kulit yang perawatannya harus memakai lotion agar tidak pecah-pecah.

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987

Jok depan bawaan Honda Accord Cielo. (Foto: Rizen/Carmudi)

Lalu, ada juga beberapa orang yang mengganti bahan kulit dengan fabric karena merasa tidak cocok dengan material kulit asli maupun kulit sintetis.

Tapi hal ini sangat jarang ditemui. Biasanya orang mengganti atau melapisi jok dengan bahan kulit asli maupun kulit sintetis karena dinilai mampu menambahkan kesan mewah atau premium.

Kisaran Harga Sarung Jok Mobil

Soal harga, berbagai jenis sarung jok mobil jelas berbeda-beda. Termahal biasanya adalah material dengan kulit asli.

Salah satu material kulit asli yang harganya sangat mahal adalah bahan kulit Nappa Leather. Bahan ini biasa dipakai pada mobil Eropa atau mobil premium di atas Rp600 jutaan.

Untuk mengganti jok aslinya dengan bahan kulit Nappa harganya bisa sangat mahal. Berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Beberapa orang ada yang tidak cocok dengan bahan jok jenis kulit atau sintetis. (Foto: MMKSI)

Lalu untuk mengganti dengan bahan kulit sintetis biasanya berkisar Rp3 jutaan sampai belasan juta rupiah.

Pastinya tergantung dengan merek yang dipilih juga ya. Setiap merek pasti punya klasifikasi yang berbeda-beda dan range harga yang juga pasti berbeda.

Misalnya dari merek A ada bahan kulit sintetis kualitas 1 sampai dengan 3. Begitu juga dengan merek lainnya.

Tips Sebelum Mengganti Sarung Jok Mobil

Sebelum mengganti jok kulit, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal. Apa saja, sih? Ini dia.

  • Pikirkan matang-matang sebelum menyesal di kemudian hari
  • Jika sudah matang, tentukan pola yang diinginkan
  • Pilih material yang diinginkan sesuai bujet
  • Perhatikan hasil pengerjaan bengkel tersebut
  • Pastikan pilih bengkel interior dengan pengerjaan yang rapi dan berkualitas

Pemilihan Warna

Pada saat ingin mengganti bahan jok kulit usahakan jangan memilih warna-warna terang atau cerah. Misalnya untuk mobil keluarga dipasangkan dengan warna yang kalem seperti beige, coklat, hitam, atau abu-abu.

Penggunaan warna-warna yang terang atau cerah berpotensi mobil menjadi sulit untuk dijual kembali. Belum tentu semua orang suka dengan selera warna yang kamu pilih.

Jika memilih warna-warna yang gelap, orang masih bisa memaklumi warna tersebut. Karena warna interior yang gelap masih bisa diterima oleh hampir semua orang.

jenis sarung jok mobil

Memilih bahan kulit sintetis untuk jok mobil (Foto: MBtech)

Berbeda jika Toyota Avanza dipasangkan interior berwarna merah, kuning, biru, atau malah pink. Walaupun memakai bahan kulit asli terbaik sekalipun, belum tentu orang suka dengan warna dan modelnya.

Sehingga saat ingin dijual kembali akan jadi lebih sulit hanya karena warna interiornya terang kayak pelangi.

Nah, makanya coba dipikirkan matang-matang dulu.

Merawat Interior Mobil

Jika sudah diganti dengan bahan kulit asli maupun sintetis, ada baiknya kamu melakukan perawatan.

Interior mobil yang bersih mencerminkan pribadi orang tersebut. Begitupun sebaliknya, jika orang tersebut jorok biasanya interior mobilnya juga akan terlihat kotor dan kurang sedap dipandang.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam menjaga kulit interior pada mobil. Cara yang paling mudah adalah dengan memarkirkan mobil di tempat yang tidak terpapar matahari langsung atau sering.

Jika harus keluar, usahakan cari tempat parkir mobil yang tertutup dari paparan sinar matahari. Perlu diketahui, sinar matahari menjadi salah satu musuh utama interior mobil karena bisa merusak.

Ciri-ciri kalau mobil itu sering terjemur di bawah sinar matahari adalah jok kulitnya retak-retak. Bahkan tanda lainnya adalah timbul bau yang kurang sedap.

Cara membersihkan jok kain.

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya. Rajin membersihkan interior satu bulan sekali atau 2 minggu sekali sangat dianjurkan.

Membersihkannya pun bisa dengan lotion khusus bahan kulit, hand body atau baby oil. Cairan-cairan ini bisa ditemui dengan mudah di berbagai warung, mini market, maupun toko online.

Sebelum mengganti jok kulit bawaan, ada baiknya kamu mencari informasi lebih banyak tentang jenis jok mobil yang bakal dipilih.

Karena hasil pemasangan jok kulit mobil sangat berpengaruh dari selera dan pengerjaan bengkel. Bengkel dengan pengerjaan yang berkualitas biasanya harganya sedikit lebih mahal karena lebih rapi.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Jangan Sering Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit Sintetis dengan Minyak Kayu Putih

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts