Home » Berita » Selain Jepang, Suzuki Jimny Juga Pecahkan Target Penjualan Tahunan di Negara Ini

Selain Jepang, Suzuki Jimny Juga Pecahkan Target Penjualan Tahunan di Negara Ini

Suzuki Jimny (Foto: Carscoops)

London – Baru meluncur beberapa bulan lalu, generasi baru Suzuki Jimny langsung menyedot perhatian di sejumlah negara. Hal itu tentunya membuat Suzuki sumringah. Namun dibalik itu ada masalah baru bagi Suzuki.

Suzuki harus secepat mungkin memperbanyak produksi Jimny terbaru, sebab pesanannya ‘meledak’. Jangan sampai konsumen kecewa karena terlalu lama menunggu mobil sampai ke garasi rumah.

Diberitakan Carscoops, berdasarkan data pemesanan yang tertera di situs resmi Suzuki Inggris, tercatat sebanyak 4.500 orang sudah mendaftar untuk membeli Jimny generasi terbaru.

Angka tersebut sangat fantastis karena melebihi volume penjualan tahunan atau meroket sekira 150 persen dibanding Jimny model terdahulu. Bos Suzuki Inggris, Dale Wyatt, tidak mengira bila sambutan Jimny terbaru sangat luar biasa.

Sebelumnya Dale memperkirakan Suzuki Jimny terbaru dapat terjual 1.100 unit pada tahun pertama, diikuti target penjualan 2.000 unit di tahun berikutnya. Tapi pada kenyataannya, target penjualan untuk dua tahun bahkan sudah terlewat jauh.

Selain Inggris, Jimny juga laris manis di tanah kelahirannya, Jepang. Seorang insider membeberkan bahwa sampai saat ini total konsumen yang sudah melakukan pemesanan Jimny terbaru sangat banyak, bahkan sudah melewati target penjualan tahunan.

Diberitakan Yahoo Jepang, pada saat peluncuran mobil Suzuki menetapkan target penjualan sebanyak 15.000 unit untuk tahun pertama penjualan di Negeri Sakura itu.

Namun pada kenyataannya total pesanan Suzuki Jimny terbaru telah melampaui target penjualan tahunan. Sumber yang sama menuturkan bahwa pesanan telah melewati angka 15.000 unit dalam 30 hari sejak peluncuran.

Tentunya pencapaian positif itu membuat Suzuki kaget. Sebab pasca kemunculan Jimny, Suzuki sama sekali tidak mengejar volume penjualan. Akibat terlalu menganggap remeh soal jumlah permintaan, maka Suzuki harus mengebut produksi Jimny terbaru.

Spesifikasi Suzuki Jimny

Di pasar Jepang Suzuki menawarkan dua varian yaitu Jimny dan Jimny Sierra. Dari keduanya, hanya Jimny Sierra yang disiapkan untuk pasar ekspor atau di luar Jepang.

Suzuki Jimny masuk dalam kategori kei car yang ditujukan untuk pasar di Jepang saja. Sedangkan varian Jimny Sierra adalah versi yang lebih besar, lebih kuat yang tidak dibatasi oleh aturan-aturan kei car.

Varian Jimny memiliki panjang 3.395 milimeter, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.725 mm. Sumber tenaganya adalah mesin bensin R06A 660cc tiga silinder yang menghasilkan tenaga 64 PS dan torsi 96 Nm. Sedangkan varian Jimny Sierra mempunyai panjang tubuh sekira 3.550 mm, lebar 1.645 mm dan 1.730 tinggi.

Interior Suzuki Jimny (Foto: Carscoops)

Khusus Jimny Sierra dibekali dengan mesin bensin empat silinder K15B 1.5 liter yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sekuat 102 PS dan torsi puncak 130 Nm. Pilihan transmisi untuk keduanya yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tersedia sistem penggerak empat roda (4WD) sebagai fitur standar.

Kedua model Jimny tersebut memiliki jarak sumbu roda yang sama yaitu sekitar 2.550 mm. Jimny menawarkan ground clearance 205 mm, sementara Jimny Sierra memiliki ground clearance yang sedikit lebih tinggi sekira 210 mm. (dna)

Tes Tabrak Suzuki Jimny Mengecewakan, Padahal Calon ‘World Car of The Year 2019’

Previous post
Setengah Penjualan Suzuki Disumbang Carry Pick Up dan Mega Carry
ganjil-genap
Next post
Dampak Aturan Ganjil-Genap Terhadap Penjualan Mobil Bekas dan Sepeda Motor Baru