Berita

Jokowi Lepas Toyota Fortuner “Made in Indonesia” Tembus Pasar Australia

Karawang — Produk otomotif buatan Indonesia menjangkau makin banyak negara. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kini melakukan ekspor Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Fortuner ke pasar Australia.

Seremoni pelepasan perdana unitnya dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (15/2/2022) di Karawang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut sekaligus menandai pencapaian produksi ekspor 2 juta unit Toyota.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di seremoni ekspor perdana Toyota Fortuner ke Australia di Karawang, Jawa Barat. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

 

“Pada pagi hari ini saya luncurkan pelepasan ekspor ke-2 juta unit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan ekspor perdana Fortuner ke Australia,” kata Presiden Joko Widodo, disaksikan melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah Toyota yang berhasil membuka pasar baru di tengah situasi pandemi Covid-19.

>>>>> Cari mobil Toyota Fortuner terbaik di sini!

Pencapaian dalam hal ekspor ini juga dinilai sebagai cerminan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam negeri untuk membuat produk otomotif yang berkualitas.

“Ini membuktikan SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik dalam memproduksi mobil. Sangat teliti, sangat cermat, sangat hati-hati karena ini menyangkut keselamatan orang,” ujar Presiden Joko Widodo.

Meski demikian, pabrikan diminta mencermati ketatnya kompetisi yang ada di pasar negara lain.

Ekspor Mobil Toyota

(Foto: PT TMMIN)

“Hati-hati, produk ekspor itu akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Jadi bukan hanya sendirian di pasar, tapi bersaing. Dan konsumen akan memilih, kalau produk kita memiliki kualitas, memiliki kualifikasi yang baik untuk dipakai,” kata Presiden Joko Widodo.

Toyota Kuasai Sekitar 40 Persen Ekspor Otomotif

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan ekspor produk otomotif buatan Indonesia saat ini sudah menembus lebih dari 80 negara.

“Dengan kinerja ekspor tahun 2021 sebesar 294 ribu unit kendaraan CBU dengan nilai sebesar 52,9 triliun (Rupiah). Sedangkan untuk CKD, 91 ribu set dengan nilai sebesar 1,31 triliun. Menariknya lagi, ekspor untuk komponen itu sebesar 85 juta pieces dengan nilai rupiahnya 29,13 triliun,” kata Menteri Agus.

Secara khusus, masih menurutnya, ekspor TMMIN telah menyentuh angka 119 ribu unit pada 2021. Itu artinya sekitar 40 persen dari total ekspor otomotif Indonesia ke luar negeri.

>>>>> Cari mobil Toyota Fortuner terbaik di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts