Berita

Jumlah Populasi Mitsubishi Xpander di Indonesia Mendekati 200 Ribu Unit

Jakarta – Populasi Mitsubishi Xpander di Indonesia mendekati 200 ribu unit terhitung sejak diluncurkan pada pertengahan 2017 sampai Mei 2021. Pencapaian tersebut dapat dikatakan sangat baik mengingat pertarungan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) sangat ketat.

Pasar mobil jenis Low MPV tumbuh subur di Indonesia, tak heran bila PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tertarik untuk ikut bermain di segmen tersebut dengan menghadirkan Xpander.

Populasi Mitsubishi Xpander

Populasi Mitsubishi Xpander hingga Mei 2021 mendekati 200 ribu unit (Foto: MMKSI)

Tak lama setelah diluncurkan, Mitsubishi Xpander mampu menjadi salah satu mobil terbaik di segmen low MPV. Bahkan, mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang itu berhasil menorehkan angka penjualan yang positif tiap bulannya.

“Sejak pertama kali diluncurkan model Xpander telah mendapatkan respons positif dari masyarakat Indonesia, Populasi Mitsubishi Xpander saat ini sejak peluncuran pada 2017 lebih dari 193.000 unit telah terjual sampai Mei kemarin,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Kamis (10/6/2021).

Kesuksesan Mitsubishi Xpander tak lepas dari kesesuaian desain hingga fitur yang ditawarkan dengan keinginan masyarakat. Oleh karena itu, MMKSI terus melakukan pembaruan terhadap Xpander supaya semakin dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini semakin beragam.

“Berbagai model dan varian baru juga telah beberapa kali kami perkenalkan dalam kurun waktu 3,5 tahun ini. Seperti, Xpander Limited Edition pada tahun 2019, Xpander Cross di akhir 2019, Xpander facelift model di tahun 2020. Serta Xpander edisi spesial di penghujung 2021 dan kini MMKSI kembali meluncurkan edisi spesial varian baru dari Xpander,” terang Irwan.

Adapun edisi spesial yang baru saja diluncurkan adalah Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

Populasi Mitsubishi Xpander

Tiga tahun lebih di Indonesia populasi Mitsubishi Xpander mencapai 193 ribu unit (Foto: Santo/Carmudi)

Beda dari edisi spesial sebelumnya, di mana Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition tidak dijual dalam jumlah terbatas. MMKSI menargetkan hingga akhir 2021, kedua model tersebut terjual sebanyak 4 ribu unit.

Sebagai pembeda dari edisi spesial sebelumnya, MMKSI membenamkan beberapa aksesori dan fitur terbaru. Salah satu fitur yang paling diunggulkan, yaitu sistem audio Rockford Fosgate.

Kondisi Pasar Low MPV

Imbas pandemi Covid-19 membuat laju industri otomotif mengalami perlambatan di tahun lalu. Sebab, daya beli masyarakat terhadap mobil baru menurun.

“Kondisi pasar otomotif pada 2020 sangat sulit bagi penjualan otomotif di Indonesia khususnya segmen small (low) MPV yang memang merupakan segmentasi pasar terbesar di Indonesia. Di mana segmen small MPV ini mengalami penurunan sebesar 43% pada 2020 ketimbang 2019,” papar Irwan.

Memasuki 2021, lanjut Irwan, kondisi pasar otomotif di Indonesia mulai memperlihatkan pertumbuhan. Terlebih ketika kebijakan insentif pajak atau diskon PPnBM untuk mobil baru di bawah 1.500 cc resmi diberlakukan pada awal Maret 2021.

Mitsubishi Xpander Edisi Spesial

Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition (Foto: MMKSI)

“Seiring juga mulai pulihnya ekonomi, serta juga aktivitas new normal dan juga berjalannya program vaksinasi dari pemerintah, secara perlahan segmen Low MPV tumbuh kembali. Di mana sampai dengan April setidaknya segmen ini tumbuh 14%. Sementara pangsa pasar dari Xpander juga berada di posisi yang kuat, yaitu 31%,’ sambungnya.

Perolehan pangsa pasar yang kuat ditunjang juga oleh program insentif PPnBM. Permintaan Mitsubishi Xpander sejak awal Maret mengalami peningkatan yang sangat drastis.

“Penjualan retail Xpander khususnya periode Maret sampai Mei meningkat dua kali lipat ketimbang sebelum pemberlakuan PPnBM. Melihat kondisi permintaan dan kondisi pasar yang semakin baik ini kami yakin potensi pasar otomotif ke depannya akan terus positif hingga akhir 2021,” pungkasnya.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *