Home » Berita » Kabar Baik! Distribusi Mobil Baru Daihatsu ke Diler Meningkat Tajam

Kabar Baik! Distribusi Mobil Baru Daihatsu ke Diler Meningkat Tajam

PT Astra Daihatsu Motor mulai fokus pada distribusi mobil baru dari pabrik ke diler.
PT Astra Daihatsu Motor mulai fokus pada distribusi mobil baru dari pabrik ke diler. (Foto: Daihatsu)

Jakarta – Minat beli masyarakat terhadap mobil baru mulai mengalami peningkatan. Hal itu terlihat sejak Juni 2020, di mana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai ditiadakan, sehingga perekonomian kembali bergerak. Masyarakat yang sempat menunda membeli mobil baru pada bulan-bulan sebelumnya sekarang bisa melancarkan niatnya tersebut, tak heran jika stok mobil baru di diler mulai menipis.

Sebagai upaya mengatasi kekurangan stok mobil baru di diler, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia mulai fokus distribusi mobil baru dari pabrik ke diler. Sebelumnya Daihatsu mengedepankan produksi mobil untuk keperluan ekspor.

Berdasarkan catatan penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) kendaraan Daihatsu pada Juli 2020 ada sekira 1.553 mobil yang didistribusikan ke diler. Angka tersebut naik hampir lima kali lipat dibanding capaian bulan sebelumnya sebesar 331 unit.

Kenaikan angka wholesales dibarengi juga dengan meningkatnya penjualan retail (pengiriman dari diler ke konsumen). Pada Juli 2020 tercatat sebanyak 5.890 mobil baru Daihatsu yang laris terjual. Angka ini naik 6% jika dibandingkan Juni 2020 sebesar 5.558 unit.

Bila dilihat dari laporan penjualan secara Year To Date (YTD) atau Januari sampai Juli, market share Daihatsu juga mengalami peningkatan. Dari sisi wholesales naik sebesar 0,4% menjadi 17,9%. Sedangkan retail sales naik 1% menjadi 18,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Kami berharap, tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, dalam keterangan resminya, Rabu (12/8/2020).

Sementara itu terkait total penjualan mobil baru dari semua merek yang ada di Tanah Air, ikut mengalami lonjakan pada Juli. Secara nasional, capaian wholesales ada di kisaran 25 ribu unit atau naik 2 kali lipat dibanding Juni 2020. Sedangkan pada retail sales, pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, naik sekitar 19% dibanding Juni 2020.

Penjualan Masih Didominasi oleh Daihatsu Sigra

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Penjualan retail mobil Daihatsu masih didominasi Sigra. (Foto: istimewa)

Capaian positif Daihatsu pada Juli berimbas pada meningkatnya total jumlah model mobil yang terjual di periode Januari -Juli. Sepanjang tujuh bulan di tahun ini penjualan retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Sigra dengan pencapaian sebesar 16.631 unit, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 12.651 unit, dan Terios 8.938 unit.

Model Daihatsu lainnya yang turut memberikan kontribusi terhadap total penjualan Daihatsu yaitu Ayla sebanyak 7.493 unit, Xenia 6.334 unit, Gran Max (MB) 5.666 unit, sedangkan Luxio dan Sirion totalnya 1.754 unit.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Masalah Klasik di Honda Mobilio, Suka Bikin Risih

Previous post
Sekilas Sama, Simak Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga
Next post
Jangan Kebawa Nafsu, Ini Cara Bijak Beli Mobil Melalui Lelang