Berita

Kabar Baik, Suzuki Jimny Tiga Pintu Mulai Dirakit di India

Suzuki Jimny tiga pintu

Suzuki Jimny tiga pintu mulai dirakit di India (Foto: Indianautosblog)

Mumbai – Maruti Suzuki selaku Agen Pemegang Merek (APM) resmi Suzuki di India akhirnya mulai merakit Jimny tiga pintu di fasilitas pabrik mereka di Gurugram.

Maruti Suzuki telah merakit 50 unit Jimny yang didatangkan langsung dari Jepang dalam bentuk terurai atau CKD (completely knock down).

Diberitakan Indianautosblog, Senin (21/12/2020), India akan menjadi basis produksi Suzuki Jimny tiga pintu setelah Jepang. Nantinya Jimny buatan India di ekspor ke berbagai negara.

Sementara untuk pasar India sendiri Jimny diluncurkan tahun depan. Berdasarkan rumor yang beredar, Jimny di India akan mengadopsi lima pintu bukan tiga pintu.

Salah seorang pejabat Maruti Suzuki mengatakan bahwa Jimny tiga pintu tidak dilirik di India. Oleh karena itu pihaknya memilih memasarkan Jimny lima pintu, meskipun nantinya akan ada biaya produksi dan waktu tambahan yang diperlukan untuk merekayasa ulang SUV mini tersebut.

Maruti Suzuki Jimny memiliki konstruksi body-on-frame yang mirip dengan Gypsy dan Mahindra Thar. Mobil ini didukung oleh mesin bensin K15B yang sama seperti beberapa mobil Suzuki lainnya seperti Vitara Brezza dan Ciaz.

Namun, mesin 1.5L yang terpasang di Jimny mampu mengeluarkan tenaga 105 hp. Tenaga disalurkan ke roda belakang atau keempat roda.

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny bakal diproduksi di India (Foto: Carmudi)

Suzuki Indonesia Menghentikan Sementara Pemesanan Jimny

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) APM mobil Suzuki di Indonesia resmi meluncurkan Jimny tiga pintu pada Juli 2019 bersamaan dengan perhelatan GIIAS 2019 di Tangerang.

Tetapi sayangnya, selang beberapa bulan setelah diluncurkan, SIS terpaksa menghentikan sementara keran pemesanan Suzuki Jimny.

Hal ini dikarenakan jumlah konsumen yang melakukan pemesanan membludak. Apalagi masa tunggu (indent) mobil ke tangan konsumen terbilang sangat lama.

“Alhamdulillah, inden Jimny panjang. Jadi sebetulnya pada September 2019 kami sudah menutup keran pemesanan untuk tambahan inden lagi. Sampai sekarang kami belum buka keran pemesanan lagi,” kata Donny Saputra, Marketing Director 4W PT SIS belum lama ini.

Donny menambahkan, lama inden mencapai lima tahun lebih.

“Diler-diler Suzuki yang besar yang lokasinya berada di Kelapa Gading, Pondok Indah, dan lainnya indennya lebih lama bila dibanding dengan diler-diler yang ada di kota-kota kecil,” tambahnya.

Suzuki Jimny terjual

Suzuki Jimny ludes terjual di Meksiko hanya dalam 3 hari (Foto: Carmudi)

Seperti diketahui, Suzuki Jimny lima pintu dibekali dengan konfigurasi penggerak 4×4 dengan mode 2H, 4H dan 4L. Fitur Hill Hold Control, Hill Descent Control serta 3 Link Rigid Axle menjadi fitur andalannya. Ground clearance-nya pun cukup tinggi, mencapai 210 mm dengan radius putar 4,9 meter.

Harga Suzuki Jimny Desember 2020 (OTR Jakarta):

  • Jimny MT (Single Tone) Rp382,5 juta
  • Jimny AT (Single Tone) Rp395 juta
  • Jimny MT (Two Tone) Rp385,5 juta
  • Jimny AT (Two Tone) Rp398 juta

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Simak Perbedaan Suzuki Katana dan Jimny, Berikut Tips Membelinya

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts