Berita

Kabar Gembira, Citroen sudah Mengapalkan E-C3 Menuju Indonesia

New Delhi – Mobil listrik Citroen E-C3 buatan India mulai dikirim ke Indonesia melalui jalur laut.

Diberitakan Indianautosblog, baru-baru ini, Citroen melepas sebanyak 500 unit pertama E-C3 menuju Indonesia.

Pelepasan ekspor E-C3 yang dilakukan Citroen dari India tidak hanya menunjukkan kehebatan manufaktur dan engineering perusahaan tersebut, tapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap ekosistem manufaktur kendaraan listrik yang berkelanjutan dan kompetitif secara global.

Citroen E-C3 Indonesia

Ekspor Mobil Listrik Citroen E-C3 dari India ke Indonesia (Foto: Indianautosbog)

Baca Juga: Punya Keunikan Tersendiri, Citroen E-C3 Siap Bersaing dengan Mobil Listrik China

Inisiatif ini selaras dengan ambisi global Citroen dalam mempromosikan mobilitas yang bersih, aman, dan terjangkau di seluruh dunia.

“Saat kami merayakan pengiriman unit pertama ke Indonesia saya senang melihat bahwa Stellantis (perusahaan yang menaungi merek Citroen) menargetkan negara-negara ASEAN untuk mengekspor kendaraan listrik “Make in India”,” ungkap Lise Talbot Barre, Konsul Jenderal Prancis di Pondicherry dan Chennai.

Selain mobil listrik E-C3, Citroen juga mengekspor versi bensin ke pasar ASEAN dan Afrika.

Dengan dilepasnya ekspor perdana E-C3, itu artinya dalam waktu dekat konsumen di Indonesia akan menerima unit yang sudah dipesannya sejak beberapa bulan lalu.

Citroen E-C3 sendiri telah meluncur di Tanah Air pada Agustus lalu bersamaan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Citroen E-C3 Indonesia

Tampilan Citroen E-C3. (Foto: Carmudi)

Pada kesempatan yang sama PT Indomobil National Distributor (IND) distributor resmi merek Citroen telah membuka keran pemesanan.

Tan Kim Piauw, Chief Executive Officer IND pada akhir Januari lalu mengaku bahwa pengiriman E-C3 ke tangan konsumen akan memakan waktu lama dan hal tersebut telah dikomunikasikan ke konsumen yang melakukan pemesanan.

Baca Juga: Citroen Ungkap Alasan E-C3 Lama Sampai ke Tangan Konsumen

Lamanya pengiriman karena Citroen tengah menunggu detail aturan insentif kendaraan listrik dari pemerintah.

“Kami sudah kasih tahu konsumen kenapa kami lama (pengiriman) karena kami ikut program pemerintah. Dan untuk ikut program pemerintah kami harus menunggu persetujuan. Setelah itu, baru kami bisa memasukkan (Citroen E-C3) ke Indonesia,” ungkap Tan Kim Piauw.

Mobil listrik kedua Citroen untuk pasar Indonesia ini sudah direncanakan akan dirakit secara lokal mulai semester kedua tahun ini menggunakan skema Completely Knocked Down (CKD). E-C3 akan dirakit di fasilitas produksi milik Indomobil Group.

Konsumen Citroen E-C3

Interior Citroen E-C3 (Foto: Santo/Carmudi)

Hatchback listrik ini ditawarkan dalam dua varian dengan harga Rp377 juta dan Rp387 juta. Harga tersebut sudah mengikuti program insentif untuk kendaraan listrik murni dari pemerintah.

Seperti diketahui, E-C3 dibekali baterai jenis Lithium Ion berkapasitas 29,2 KWh dengan daya jelajah maksimal 320 km.

Baca Juga: Citroen E-C3 Mau Dirakit Lokal, Harga Berpotensi Turun

Sumber utama penggerak roda pakai motor listrik (Permanent Magnet Synchronous Motor). Tenaga yang dikeluarkan mencapai 56 hp dan torsi puncak 143 Nm.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts