Berita

Kabar Terbaru Pembangunan Pabrik Mobil Hyundai di Bekasi

Jakarta – Pembangunan pabrik mobil Hyundai di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat masih terus berjalan. Pembangunan pabrik sudah dimulai sejak Desember 2019 dan diperkirakan selesai pada akhir 2021.

Saat ini pembangunan pabrik mobil Hyundai milik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) sudah mendekati tahap penyelesaian. Diharapkan penyelesaian pembangunan akan sesuai target semula.

pembangunan pabrik mobil Hyundai

Bahlil Lahadalia, Ketua BKPM memantau pembangunan pabrik mobil Hyundai (Foto: Hyundai)

“Jadi kalau misalkan nanti teman-teman media sempat main di daerah Kota Deltamas, Bekasi, gedung-gedung kami sudah berdiri dan besar sekali. Jadi proses pembangunan sudah berjalan sekira 90%,” ungkap Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru-baru ini.

Walaupun di tengah situasi yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19, pembangunan pabrik mobil Hyundai berjalan terus dengan protokol kesehatan yang ketat. Maka tak heran, pembangunan pabrik Hyundai bisa rampung dalam waktu cepat dan segera memproduksi mobil.

“Dalam kondisi pandemi kami tetap on track. Jadi kami harapkan nanti di akhir tahun ini pabrik sudah bisa produksi mobil buatan lokal Indonesia untuk pertama kalinya,” tutur Makmur.

Pembangunan pabrik mobil Hyundai

Hyundai Produksi Mobil Listrik pada 2022 (Foto: HMMI)

Mobil Hyundai yang Akan Diproduksi di Indonesia

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari HMMI maupun HMID terkait mobil jenis apa yang akan diproduksi terlebih dahulu di sana.

Menurut informasi dari salah salah seorang narasumber yang diwawancarai media otomotif asal Filipina, Autoindustriya memberitahu bahwa ada dua model pertama yang diproduksi.

Sedan kecil empat pintu yang akan dipasangkan dengan hatchback lima pintu. Sejauh ini belum diketahui nama dari kedua model mobil itu. Diperkirakan sedan Hyundai mulai diproduksi pada kuartal ketiga 2022, sedangkan hatchback di kuartal keempat 2022.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo membubuhkan tanda tangan di kap mobil listrik Hyundai Kona (Foto: BPMI Setpres)

Model ketiga, adalah Low MPV dengan tujuh tempat duduk. Kemungkinan besar Low MPV Hyundai mulai diproduksi pada kuartal kedua 2022.

Produk Hyundai lain, yaitu Creta, pada kuartal keempat 2021. Mobil ini nantinya tidak hanya diproduksi untuk keperluan pasar domestik saja tapi juga ekspor. Salah satu negara yang diperkirakan akan menerima Hyudai Creta buatan Indonesia adalah Filipina

Seperti diketahui, Hyundai Motor Company (HMC) berkomitmen akan melebarkan sayap di Indonesia dengan mengucurkan investasi sebesar USD 1,55 miliar hingga 2030. Investasi tersebut akan dicairkan secara bertahap.

Produksi Mobil Listrik di Indonesia, Hyundai Diminta Pakai Bahan Baterai Lokal (Foto: Hyundai)

Nantinya mobil Hyundai hasil produksi lokal Indonesia akan didistribusikan ke pasar domestik dan ekspor ke kawasan ASEAN seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts