Berita

Kabar Terbaru Soal Toyota Fortuner Hybrid, Meluncur 2023

Bangkok – Wacana kehadiran Toyota Fortuner hybrid kembali mencuat. Ada perubahan jadwal peluncuran dan teknologi yang digunakan.

Tahun lalu sempat beredar kabar bahwa Toyota tengah mengembangkan mesin diesel baru tipe GD Hybrid yang diduga kuat untuk Fortuner terbaru. Diperkirakan mobil jenis SUV tersebut akan meluncur 2022.

Namun, berdasarkan kabar terbaru yang Carmudi kutip dari Headlightmag, Jumat (27/5/2022), tampaknya ada perubahan terkait proyek teknologi hybrid untuk Fortuner, termasuk jadwal peluncurannya.

Toyota Fortuner Hybrid

Toyota Fortuner

Salah seorang sumber yang ditemui oleh media otomotif asal Thailand itu menyebut, Fortuner terbaru tidak menggendong teknologi full hybrid melainkan ditenagai oleh mild hybrid turbo diesel.

Teknologi mild hybrid turbo diesel seperti dilaporkan media tersebut, akan dikolaborasikan dengan mesin 1GD-FTV 2.8-liter turbocharger. Kemudian dipasangkan dengan alternator khusus, kemungkinan besar adalah integrated starter generator (ISG) seperti yang ditemukan pada model mild hybrid, Geely Okavango dan Suzuki.

Pemasangan teknologi mild hybrid pada Fortuner memungkinan mobil dapat mengumpulkan energi kinetik saat pengereman. Hal ini dapat memberikan tambahan torsi saat akselerasi awal, serta mengurangi konsumsi bahan bakar melalui sistem start/stop otomatis.

Disebutkan pula, nantinya Fortuner terbaru dibangun di atas platform TNGA- F. Peluncurannya sendiri diperkirakan terjadi pada 2023 di Thailand.

Jika memang benar Toyota Fortuner mendapat teknologi mild hybrid, maka akan menjadikannya sebagai model SUV pertama di keluarga Toyota yang menggunakan teknologi tersebut.

Sebelumnya dikabarkan pula, Fortuner model terbaru mendapatkan sejumlah fitur terkini, seperti Electric Power Steering (ESP), head unit layar sentuh berukuran besar, Vehicle Stability Control (VSC), sunroof, dan sebagainya.

PPnBM Mobil 2.500 cc

Toyota Fortuner (Foto: TAM)

GD Hybrid Masih Misteri

Di sisi lain mesin diesel tipe GD Hybrid masih menjadi misteri. Kendati demikian dapat dipastikan bahwa jenama asal Jepang itu sampai saat ini masih terus mengembangkannya.

Pengembangan mesin diesel GD Hybrid merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Sebab, sekarang ini Toyota hanya punya mesin bensin berteknologi hybird. Adapun model mobil yang menggunakannya, Toyota Prius, Alphard, Camry, CH-R, dan lainnya.

Informasi detail soal GD Hybrid kemungkinan besar akan terkuak tahun depan.

>>>> Cari deretan mobil baru maupun bekas di seluruh Indonesia dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts