Komersial

Kabar Terbaru Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter untuk Pasar Indonesia

Jakarta – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) akan mengenalkan kembali truk listrik eCanter di pasar Indonesia. Demi mencapai hal tersebut pihaknya telah menyiapkan beragam strategi di tahun ini.

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter sempat dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) pada Maret 2020. Kehadirannnya ingin menunjukkan kesiapan Mitsubishi Fuso dalam menyambut era elektrifikasi khususnya di Indonesia.

Saat ini truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter memang belum resmi dipasarkan di Tanah Air. Tetapi, pada tahun ini KTB akan melakukan berbagai aktivitas bahkan sampai membentuk departemen khusus kendaraan listrik untuk melakukan riset mendalam soal kemungkinan eCanter bisa dipasarkan di dalam negeri.

Truk Listrik eCanter

Mitsubishi Fuso eCanter (Foto: Santo/Carmudi)

“Per satu Desember yang lalu KTB sudah membentuk satu departemen khusus untuk mempelajari kendaran listrik di Indonesia. Di tahun 2022 ini kami berencana untuk melakukan aktivitas yang lebih konkrit untuk mempelajari kemungkinan kendaraan listrik di pasar Indonesia,” tutur Bayu Aprizal Selaku General Manager Of Product Strategy PT KTB dalam konferensi pers virtual, Rabu (26/1/2022).

Bayu menambahkan, adapun aktivitas yang akan dilakukan yaitu proof of concept (PoC). Di mana KTB akan menjalin kerjasama dengan beberapa operator logistik di Indonesia untuk mempromosikan kendaraan listrik dari Mitsubishi Fuso.

“Di samping itu juga ada beberapa aktivitas promosi maupun sosialisasi yang akan kami lakukan untuk mensosialisasikan teknologi yang akan kami bawa dari Mitsubishi Fuso. Untuk itu kami harapkan dengan aktivitas-aktivitas tersebut kami bisa mendapatkan informasi yang cukup untuk mengembangkan atau mempelajari kemungkinan produk kendaraan listik untuk pasar Indonesia,” sambung dia.

Mitsubishi Fuso eCanter Sudah Dijual di Beberapa Negara

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter memulai debutnya di Jepang pada 2017. Truk tersebut telah dijual di beberapa negara, di antaranya Jepang, Amerika, hingga Australia.

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter di GIICOMVEC 2020 (Foto: Santo/Carmudi)

Sejauh ini belum diketahui pasti kapan eCanter akan dijual di Indonesia.

“Untuk membawa produk tersebut pada dasarnya tergantung pada konsumen. Tetapi, kita melihat bahwa Indonesia juga mempunyai potensi terkait dengan kendaraan listrik di masa depan,” terang Bayu.

Selain dari sisi konsumen, lanjut Bayu, perlu juga mengetahui seperti apa strategi pemerintah ke depannya dalam menghadapi era kendaraan nol emisi.

“Kami juga harus mengecek strategi pemerintah maupun infrastrutur, untuk itu kenapa kami di tahun ini berencana untuk melakukan aktivitas PoC untuk mengetahui atau mempelajari secara jelas mengenai kebutuhan konsumen terkait dengan kendaraan listrik,” pungkas dia.

Seperti diketahui, eCanter memiliki sumber tenaga yang berasal dari 6 modul baterai bertegangan tinggi (high voltage battery) dengan daya 420 Volt dan 13,8 kWh. Sedangkan tegangan rendah (voltage battery) 12 volt.

Baterai tersebut berfungsi untuk menggerakkan motor listrik. Adapun maksimal tenaga yang dikeluarkan motor listrik sebesar 180 hp dan torsi puncak 390 Nm.

Truk listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 100 km dalam kondisi baterai terisi penuh dan muatan sekira 75 persen.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts