Berita

Kaca Belakang Honda HR-V Terbaru Banyak Dilaporkan Pecah Mendadak

Washington — Sejumlah konsumen Honda HR-V 2023 di Amerika Serikat (AS) melaporkan kejadian kaca belakang mobilnya pecah secara mendadak.

Dirangkum dari CBS News, Senin (29/1/2024), setidaknya sudah ada 300 laporan dari pemilik mobil HR-V yang diajukan ke otoritas terkait, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Kaca Belakang Honda HR-V Banyak Dilaporkan Pecah Mendadak

Sejumlah konsumen Honda HR-V 2023 di Amerika Serikat (AS) melaporkan kejadian kaca belakang mobilnya pecah secara mendadak. (Foto: Motor Trend)

Untuk sementara ini, faktor penyebab pecahnya kaca belakang tersebut dinilai karena kesalahan pemasangan defroster.

Kesalahan tersebut mengakibatkan kaca belakang mengalami suhu panas berlebihan kemudian mengembang sampai pada akhirnya pecah.

Baca juga: Kerusakan Kaca Depan, Bisa Muncul Karena Masalah Sepele

Beberapa pemilik melaporkan kaca belakangnya pecah ketika mobil sedang diparkir. Namun, dikatakan ada juga pemilik yang mengalaminya ketika mobil sedang digunakan.

Pemilik yang mengalami kejadian ini secara langsung mengaku dibuat kaget dengan adanya suara keras yang muncul ketika kaca pecah.

Honda Belum Ambil Tindakan

Motor Trend dalam laporannya yang terbit pada 10 Januari 2024 menyebut bahwa pabrikan sudah mengetahui permasalahan ini, tapi belum mengambil tindakan recall atau semacam.

“Honda Amerika telah menerima sejumlah laporan tentang pecahnya kaca kaca belakang pada kendaraan Honda HR-V 2023 terkait dengan penggunaan defroster belakang,” tulis pabrikan.

“Investigasi kami mengungkapkan bahwa selama proses perakitan beberapa kendaraan, sealer yang digunakan untuk mengamankan kaca belakang mungkin bersentuhan dengan elemen pemanas defroster, yang menyebabkan titik panas dan melemahnya kaca seiring berjalannya waktu saat defroster digunakan,” lanjut Honda, dikutip dari sumber yang sama.

Honda HR-V 2023 untuk pasar Amerika Serikat

(Foto: Honda)

Menurut pemberitaan Motor Trend, Honda baru akan melakukan recall untuk masalah ini pada April atau bahkan bisa mundur ke Mei 2024.

Tak sedikit yang menganggap langkah Honda untuk melakukan recall memakan waktu yang terlalu lama mengingat isu ini sudah muncul ke permukaan sejak tahun lalu.

Untuk sementara waktu, pemilik HR-V di AS disarankan menghubungi customer service melalui nomor telepon tertentu guna mendapatkan informasi masalah ini.

Sebagai informasi, HR-V yang kini dipasarkan di AS merupakan generasi kedua yang resmi diluncurkan pada April 2022.

Baca juga: Adu Tampang Honda HR-V Terbaru Versi Amerika dan Indonesia, Pilih Mana?

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts