Home » Berita » Kalah Pamor dari HR-V, Honda Putuskan Stop Jualan Jazz

Kalah Pamor dari HR-V, Honda Putuskan Stop Jualan Jazz

Honda Jazz atau Honda Fit (Foto: Caranddriver)

Washington – Honda Fit atau di beberapa negara dikenal juga sebagai Honda Jazz model 2020 baru saja diperkenalkan di Jepang. Meski begitu tidak membuat Honda Amerika Serikat tertarik untuk memasarkannya. Perusahaan justru telah memutuskan bahwa penjualan Honda Jazz dihentikan karena kurang bergairah.

Dengan diambilnya keputusan tersebut maka Honda Amerika Serikat akan berhenti memproduksi Jazz di Meksiko. Selanjutnya perusahaan akan fokus meningkatkan produksi Honda HR-V.

Honda Jazz pertama kali masuk ke pasar Amerika pada 2007. Kedatangannya mendapat sambutan positif dari konsumen, bahkan Jazz telah menerima beragam penghargaan dari beberapa kategori. Seiring berjalannya waktu minat masyarakat terhadap Honda Jazz mulai mengalami penurunan.

Berdasarkan data penjualan milik Honda Amerika Serikat, sejauh ini pada 2020 penjualan Jazz menurun 19 persen di angka 13.887 unit. Sedangkan pada 2019, Jazz hanya terjual sebanyak 35.414 unit. Bila dibandingkan dengan HR-V perbedaannya sangat jauh, tahun lalu HR-V terjual 99.104 unit sehingga dapat diasumsikan bahwa jualan HR-V lebih menguntungkan bagi Honda ketimbang Jazz.

Saat ini stok Honda Jazz masih tersedia di diler-diler resmi Honda di sana dan diprediksi akan habis dalam waktu dekat. Demikian seperti dilansir dari Caranddriver, Selasa, (21/7/2020).

New Honda Jazz
New Honda Jazz yang telah mengalami penyegaran. (Foto: Carmudi Indonesia).

Honda Jazz Masih Eksis di Indonesia

Berbeda dengan Honda Amerika Serikat, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia sampai sekarang masih memasarkan Jazz. Mobil hatchback generasi ketiga ini terakhir kali mendapat penyegaran pada 2017.

Sampai saat ini belum ada niatan HPM untuk membawa masuk Jazz model 2020. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, beberapa waktu lalu sempat mengaku bahwa pihaknya belum mempunyai keputusan apakah Jazz terbaru dibawa ke Indonesia atau tidak. Dirinya beralasan masih mencari varian yang cocok untuk dipasarkan di Indonesia.

HPM menawarkan dua varian yaitu Jazz standar dan Jazz RS. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 1,5L SOHC i-VTEC 4 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 hp pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology diterapkan untuk menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan tetap hemat bahan bakar di putaran tinggi.

Daftar Harga Honda Jazz – Juli 2020 (OTR Jakarta)

Jazz MTRp250,2 juta
Jazz CVTRp260,5 juta
Jazz RS MTRp282,3 juta
Jazz RS CVTRp292,5 juta

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bakal Masuk Indonesia, Penjualan Hyundai Kona Electric Sudah Lebih 100 Ribu Unit

Previous post
Fakta Menarik Hasil Uji Performa BBM D-100 Menggunakan Innova Diesel
Next post
2000GT, Mobil Legendaris Hasil Kerja Sama Toyota dan Yamaha