Berita Mobil Sumber informasi

Kalahkan Mercedes Benz, Toyota Kembali Jadi Merek Mobil Paling Berharga di Dunia

Airbag

Logo Toyota (Foto/Ilustrasi)

Jakarta – BrandZ kembali mengeluarkan daftar 100 merek paling berharga di dunia. Segala merek mulai dari makanan, minuman, bank, hingga mobil tidak luput dari penilaian BrandZ. Merujuk pada daftar yang dikeluarkannya, dari 100 merek yang ada peringkat pertama ditempati oleh Amazon, lalu diikuti Apple, dan di posisi ketiga ada Google.

Lantas bagaimana dengan merek mobil? Hanya ada tiga merek mobil yang masuk dalam 100 merek paling berharga di dunia. Adapun merek mobil yang paling awal bertengger di daftar 100 merek paling berharga di dunia adalah Toyota. Melihat dari keseluruhan daftar merek, pabrikan otomotif asal Jepang itu berada di posisi 41. Nilai merek Toyota di tahun ini sebesar USD29,151 miliar. Namun sayang meski berada di posisi puncak di antara merek mobil lainnya, nilai merek Toyota mengalami penurunan sekira 3 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Sementara merek mobil berikutnya yang masuk dalam daftar 100 merek paling berharga di dunia adalah Mercedes Benz. Merek yang berada di posisi 54 ini nasibnya sama seperti Toyota, di mana Mercedes Benz juga mengalami penurunan nilai merek. Penurunnya sekira 9 persen dibanding 2018. Pabrikan asal Jerman itu sekarang hanya bernilai USD23,355 miliar.

Tepat dibawah Mercedes Benz ada BMW. Perusahaan yang berbasis di Munich ini unggul tipis dibanding Mercedes Benz dengan nilai merek sebesar USD23,326 miliar atau turun 9 persen dari 2018.

Sementara itu, merek mobil lainnya yaitu Honda mempunyai nilai merek USD11,749 miliar, Ford (USD11,211 miliar), Nissan (USD10.554), Tesla (USD9.285 miliar), Audi (USD8.556 miliar), Volkswagen (USD6.707 miliar), Porsche dengan nilai USD5,817 miliar. Tapi sayangnya ketujuh merek mobil tersebut tidak masuk dalam daftar 100 merek paling berharga di dunia.

Bila dibandingkan dengan merek non-otomotif lain dalam daftar 100 merek paling berharga di dunia, hanya Toyota, Mercedes Benz, dan BMW yang ada, sedangkan merek mobil lain tidak masuk.

Proses Penilaian

Proses penilaian BrandZ melibatkan penghitungan dan penggabungan dua elemen penting, yaitu nilai finansial dan kontribusi merek. Penilaian ditentukan oleh proporsi nilai total dolar dari perusahaan induk, lalu mempertimbangkan kinerja terbaru dan yang diproyeksikan.u

daftar 100 merek paling berharga di dunia (Foto: Paultan)

daftar 100 merek paling berharga di dunia (Foto: Paultan)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts